Inilah Cara Mengedit Text Di PDF Praktis Dan Gampang

jejakblog – Cara mengedit text di PDF sangatlah penting, mengingat PDF adalah salah satu penyimpanan file yang tergolong bagus. Dengan menjadikan file dalam bentuk PDF maka isi dari dokumen tersebut juga akan sulit untuk di copy. Jika ingi mengupload tugas tesis atau skripsi, dengan menjadikan file dalam PDF dapat dijadikan solusi.

Namun terkadang itu menjadikan sulit jika kita butuh referensi ternyata referensi yang dicari dalam bentuk PDF. Saat kita menemukan bahan yang lengkap namun dalam bentuk PDF, maka sebagian orang merasa sudah mentok alias jalan buntu. Padahal file tersebut bisa diedit textnya, tentunya dengan suatu alat bantu baik aplikasi atau yang lainnya.

Nah bagi Anda yang belum tahu cara mengedit text di PDF, bisa coba mempelajari penjelasan-penjelasan di bawah ini. Nah oleh karenanya Anda harus tahu car mengeditnya. Yuk kita simak langkah yang harus dilakukan di bawah ini agar bisa mengedit file PDF.

Bagaimana Cara Mengedit Text Di PDF?

Bagaimana cara mengedit text di PDF, apa yang bisa dilakukan agar text yang terdapat pada dokumen PDF dapat di edit isinya. Anda bisa memilih menggunakan beberapa cara di bawah ini, baik dengan online maupun offline keduanya mempunyai kelebihan masing-masing. Simak penjelasan singkatnya di bawah ya.

Cara Mengedit Text Di PDF Secara Online

Cara mengedit teks di PDF online  adalah cara yang gampang, asal tersambung ke jaringan internet. Jadi Anda tidak usah memasang aplikasi, tinggal masuk pada website www.sejda PDF Editor saja. Caranya yaitu dengan mengupload file yang bentuknya PDF tersebut, pastikan dokumen tersebut muncul ya.

Pilihlah pengeditan jenis apa yang diinginkan melalui toolbars yang terletak di atas. Kemudian Anda bisa mengarahkan kursor pada teks yang mau diedit. Pilih tombol “Text’ pada pilihan toolbar lalu arahkan kursor pada teks yang mau di edit. Jika sudah selesai tekan tombol “Save”, untuk melihat hasil editan, maka Anda harus mendownload file yang sudah diedit tadi.

Baca Juga:  7 Trik Mudah Cepat Cara Memasang Iklan di Google

Selain menggunakan Sejda ada juga cara mengedit text di PDF  dengan website lain yang bisa dipakai. Untuk mengedit PDF secara online bisa dengan memakai PDFescape dan Smallpdf. Pada PDFescape sangat bagus untuk dipakai untk mengedit file yang sudah terbentuk. Enakya lagi, layanan ini free meski ketika Anda menggunakannya akan ada iklan yang muncul.

Cara mengedit text di PDF juga bisa memakai website Smallpdf yang bisa dijadikan pilihan. Namun jika ingin menggunakan web tersebut harus mengubah file PDF menjadi format “docx atau doc”. Selain Smallpdf, ada juga website yang bisa dipakai yaitu pdfonline.com, freepdfconvert.com, ilovepdf.com atau pdf2doc.com. Gunakan microsoft word minimal 2013, hal ini bertujuan menjadikan hasil editan tetap rapi.

Cara mengedit teks PDF secara online juga bisa dilakukan dengan Adobe Reader. Cara mengedit teks di PDF Adobe Reader merupakan cara yang sangat gampang. Meski ini ini merupakan versi gratis, namun dapat dipakai untuk mengedit PDF, ganti warna pada teks underline ataupun coret teks. Jika ingin menggunakan cara ini, maka Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu pada PlayStore.

Jika sudah terpasang, Anda bisa membuka file yang akan diedit lalu klik kanan pada file tersebut. Pilih “Open With >Adobe  hingga file terbuka pilihlah pilihan “Tools Edit PDF”. Nanti akan muncul toolbar yang bisa Anda pilih untuk mengedit teks. Mulai dari memberi underline pada teks, coretan, dan juga highlight.

Jika belum puas menggunakan versi gratis, Anda memakai cara mengedit text di PDF  secara berbayar yaitu dengan Adobe Acrobat Pro. Jika menggunakan yang berbayar Anda bisa melakukan pengeditan dengan bebas dan menjadikannya bentuk word. Adobe Acrobat Pro sangat cocok dipakai kalangan yang menginginkan cara cepat ketika mengedit teks.

Baca Juga:  6 Aplikasi Pemutar Musik Offline Tanpa Wifi atau Data

Cara edit online bisa dilakukan dengan cara mengedit teks di pdf di hp. Asal smartphone tersebut support dan mempunyai jaringan internet. Jadi tidak harus membawa laptop Anda kemana saja, cukup dengan smartphone tetap bisa mengedit teks. Tentunya akan lebih gampang Anda memasang keyboard portable pada smartphone agar menulis juga menjadi lebih nyaman.

Cara Mengedit Text Di PDF Dengan Offline Dengan Menggunakan Aplikasi Pembantu

Anda juga bisa memakai aplikasi sebagai cara mengedit text di PDF offline. Aplikasi yang bisa dipakai untuk mengedit bisa dengan Mac. Mac merupakan aplikasi yang sangat mudah dipakai, Anda tinggal membuka file PDF yang akan diedit pada aplikasi Mac. Cara membukanya dengan mengklik “File>Open”. Jika sudah terbuka, silahkan klik “Tools>Annotate pada Dropdown.

Untuk mengedit file PDF gunakan tombol “Text”, jika sudah mengedit jangan lupa untuk menyimpan file editan. Namun aplikasi Mac ini hanya bisa untuk mengedit teks dan ukuran teks, signature, mengedit warna dan pengeditan yang sederhana saja. Fitur yang dipakai untuk mengedit hampir sama pada microsoft word.

Aplikasi cara mengedit text di PDF juga dapat memakai PDFSam. Aplikasi ini banyak dipakai oleh pengguna, karena melalui aplikasi ini file PDF yang kompleks dan rumit bisa di edit. Tampilan Mac memiliki tampilan yang sederhana, sehingga mudah dimengerti. Fiturnya juga banyak, mampu PDF menjadi lebih cepat dan lebih menarik.

Cara mengedit text di PDF juga bisa menggunakan aplikasi PDF Xchange Suit. Aplikasi yang satu ini mempunyai fitur yang lebih lengkap. Meski tampilannya sedikit membingungkan, namun terdapat fitur plugin yang dapat mengakses layanan lain. Jadi meski sedikit sulit, fungsi aplikasi juga memberikan keuntungan lebih.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy A51 : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Ada juga cara edit text di PDF Foxit Reader, aplikasi ini tidak perlu mengubah file ke dalam word terlebih dahulu. Aplikasi PDF Foxit Reader bukan hanya merupakan aplikasi yang gampang dipakai, namun juga memiliki ukuran yang ringa yaitu sebesar tiga megabytes saja. Jadi setelah di extract folder, Anda bisa membukanya dengan format.exe.

Cara mengedit text di PDF  bisa langsung mengeditnya dengan cara membuka file tersebut pada aplikasi PDF Foxit Reader. Jika file sudah terbuka pada aplikasi, maka yang pertama adalah melihat “Menu Bar” dan pilih “Comment’. Setelah itu pilih “Textbox” kemudian seret kursor dan letakkan pada teks yang akan di edit.

Jika sudah, Anda bisa mulai mengedit file tersebut. Pilihan editan yang bisa dipakai antara lain ukuran dan jenis fontnya serta warna tulisan. Nah arahkan kursor “Properties” lalu klik kanan kemudian pilihlah warna putih untuk menghilangkan garis tepi textbox. Jika sudah selesai mengeditnya jangan lupa klik “Save”, agar dokumen editan tersimpan.

Anda dapat menambahkan enkripsi pada file yang diedit dengan mengklik “Security All File”. Hal agar file Anda terproteksi dan tidak bisa lagi di edit oleh orang lain. Dengan cara tersebut tentunya dapat menghemat waktu Anda ketika mengedit sebuah dokumen sekaligus memberikan proteksi terhadap file.

Anda bisa mencoba salah satu cara mengedit text di PDF untuk mengedit teks pada file PDF yang Anda inginkan. Semoga cara-cara di atas tadi dapat membantu mempermudah pekerjaan Anda. Jika ingin mencoba memakai aplikasi, sebaiknya cobalah yang gratis terlebih dahulu. Jika dirasa cocok dan sesuai dengan harapan maka Anda bisa mencoba memakai yang berbayar.

About Admin

Check Also

Cara unlock iPhone

Inilah 3 Cara Unlock iPhone, Sudah Tahu?

jejakblog – Cara unlock iPhone menjadi salah satu hal penting yang sangat wajib dipahami oleh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *