Cara Mengatasi Tumit Pecah Tanpa Obat, Hanya Pakai Bahan Alami!

Cara mengatasi tumit pecah menjadi informasi yang cocok untuk Anda yang sedang mengalaminya. Diketahui ada banyak versi mengenai solusi yang bisa mengatasi hal tersebut dan terserah Anda ingin menggunakan cara yang mana. Namun Anda tidak perlu khawatir karena caranya cukup mudah dan sederhana.

Kondisi yang lazim dirasakan oleh sebagian besar orang ini tentu sangat mengurangi kepercayaan diri. Jika keadaannya memang lumayan parah, bisa menyebabkan rasa nyeri. Terlebih ketika kaki dipakai berjalan atau berdiri terlalu lama. Lantas bagaimana cara mengobati telapak kaki pecah dan kering? Simak penjelasan lengkapnya di sini.

Cari Tahu Dulu Penyebab Tumit Pecah

Ada banyak pencetus tumit pecah-pecah dan kasar, walaupun memang tidak semua orang menyadarinya. Karena terkadang mereka melakukannya tanpa sengaja. Salah satu pemicunya adalah kebiasaan atau aktivitas tertentu. Sedangkan penyebab terburuk lainnya adalah suatu penyakit. Berikut ini adalah klasifikasinya:

  • Kebiasaan/Aktivitas Penyebab Masalah Tumit Pecah
  • Aktivitas yang mengharuskan Anda berdiri dalam waktu yang lama
  • Malas menggunakan alas kaki ketika berjalan di luar ruangan
  • Sepatu yang dipakai tidak sesuai dengan ukuran kaki yang sebenarnya
  • Pemakaian produk-produk pembersih tubuh yang tidak cocok untuk jenis kulit sendiri
  • Penyakit Penyebab Kondisi Tumit Pecah-pecah yang Sudah Parah
  • Semua penyakit yang berhubungan dengan kondisi kulit, seperti infeksi jamur, dermatitis, dan atopik
  • Penebalan atau pengerasan kulit telapak kaki
  • Mengidap penyakit yang cukup serius, misalnya hipotiroidisme dan diabetes
  • Asupan nutrisi berupa vitamin A dan lemak bagi tubuh yang tidak tercukupi
  • Berat tubuh berlebih atau obesitas
Baca Juga:  9 Cara Menghilangkan Rasa Pahit di Lidah dengan Mudah, Simak Yuk!

cara mengatasi tumit pecahSelain klasifikasi tersebut, orang-orang yang berisiko tinggi mengalami kondisi ini adalah mereka yang sudah jompo, perokok, dan peminum alkohol. Jika Anda juga mengalami tumit pecah-pecah, maka simaklah penjelasan selanjutnya terkait cara mengatasi tumit pecah.

Mengatasi Telapak Kaki Pecah-pecah

Cara mengatasi tumit pecah cukup sederhana dan pastinya mudah untuk dilakukan. Beberapa cara di bawah ini mengatasi kondisi telapak kaki agar tidak bertambah serius:

Konsumsi Air Putih yang Banyak

Bukan kulit telapak kaki saja yang akan bermasalah jika Anda kurang mengonsumsi air putih. Kekurangan air juga akan berdampak pada kulit wajah, bibir, serta kekeringan di area mulut, juga tenggorokan. Dapatkan kembali kelembabannya dengan cara mengonsumsi air putih yang cukup.

Baca Juga:  Obat Diare Untuk Ibu Hamil: Rekomendasi Dokter Dan Pola Diet!

Cerdas Memilih Produk

Salah satu produk pembersih tubuh seperti sabun mandi tentu sangat berperan penting karena dipakai langsung pada kulit. Pilihlah sabun dengan komposisi alami yang pastinya baik Anda gunakan. Pemakaiannya akan meningkatkan kelembutan kulit, serta menjadikannya lembap.

Tidak Mandi dengan Air Panas

Penting untuk Anda mengetahui dampak buruk dari mandi air panas bagi kulit. Telapak kaki yang mulai menampakkan kondisi pecah-pecah jadi makin kering karena efek dari mandi dengan air panas. Sebaiknya Anda menghindari hal tersebut sebagai salah satu cara mengatasi tumit pecah.

Pemakaian Pelembap

Beragam pelembap yang komposisinya baik untuk kulit seperti gliserin dan minyak mineral, telah dijual bebas. Petroleum Jelly adalah satu dari banyaknya produk yang disarankan karena ampuh untuk kulit kering. Pakailah 2 kali dalam sehari yaitu pagi dan malam.

Cara mengatasi tumit pecah dengan pelembap ini sangat mudah. Cukup dengan mengoleskannya pada bagian kulit yang kondisinya buruk dan pakailah kaos kaki. Dengan demikian pelembap akan bekerja lebih efektif memperbaiki kondisi kulit Anda.

Angkat Sel-sel Kulit Mati

Cara mengatasi tumit pecah yang selanjutnya adalah treatment pengangkatan sel-sel kulit mati. Hal ini dapat Anda lakukan di salon kecantikan ataupun di rumah. Jika Anda memilih melakukannya di rumah maka gunakanlah scrub ataupun batu apung sebagai alat.

Baca Juga:  9 Cara Menghilangkan Bengkak di Gusi, Dijamin Ampuh dan Cepat Reda!

Rendam kaki Anda kurang lebih 5 menit hingga permukaan kulitnya menjadi lembut. Kemudian basahi batu apung tersebut dengan air panas dan gunakan untuk menggosok tumit Anda. Cukup dengan 2-3 menit setiap kali melakukannya, maka sel-sel kulit mati bisa terangkat.

Setelah proses tersebut keringkan kaki dan pakaikan pelembap. Selain pemakaian pelembap khusus, bahan-bahan alami juga bisa Anda gunakan untuk melembapkan kaki. Misalnya minyak zaitun, minyak kelapa, madu, dan lidah buaya.

Tentunya bahan-bahan alami yang kandungannya bisa mengatasi radang kulit tersebut mudah Anda temukan. Anda juga bisa langsung memakainya tanpa harus diolah terlebih dahulu.

Kondisi telapak kaki yang pecah-pecah tentunya akan sangat memengaruhi penampilan Anda. Karena itu ada baiknya Anda mencoba salah satu cara mengatasi tumit pecah yang telah dibagikan tersebut. Lakukan langkah-langkahnya secara rutin agar Anda terbebas dari masalah kulit ini.

Satu hal yang perlu Anda ingat adalah cara mengatasi tumit pecah ini hanya disarankan untuk kondisi kerusakan kulit tidak parah. Sedangkan pada keadaan kulit yang cukup serius misalnya luka yang dalam maka pemeriksaan dokter lebih tepat agar pencetusnya segera diketahui.

About Admin

Check Also

6 Cara Mengatasi Dehidrasi dengan Cepat, Tak Hanya Minum Air Putih!

Bagi Anda yang sering merasa haus berlebihan dan tubuh cepat lelah, bisa jadi Anda sedang …

Leave a Reply

Your email address will not be published.