10 Cara Mudah Mengatasi Memory Internal Android Penuh Padahal Aplikasi Sedikit

jejakblog – Mengatasi memory internal android penuh padahal aplikasi sedikit sangat diperlukan bagi sebagian orang. Apabila memori internal penuh memang sangat menyebalkan bukan? karena dapat menghambat aktivitas seperti memasang aplikasi, berfoto, hingga handphone menjadi lemot. Apalagi jika di android Anda terpasang sedikit aplikasi pastinya Anda semakin heran dan bingung mengapa bisa sampai penuh.

Jika permasalahan ini terjadi pada Anda, maka tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara  mengatasi ruang penyimpanan hampir habis yang bisa dilakukan untuk membantu menghapus file-file tidak penting di dalam android. Dengan begitu smartphone Anda akan dapat digunakan kembali untuk melakukan berbagai aktivitas.

Mengatasi memory internal android penuh

Solusi Mengatasi Memory Internal Android Penuh Padahal Aplikasi Sedikit

Solusi mengatasi memori internal android penuh padahal aplikasi sedikit ternyata tidak begitu sulit dilakukan. Penasaran bagaimana caranya? simak ulasan di bawah ini:

  • Hapus cache aplikasi

Terkadang beberapa orang tidak menyadari bahwa cache pada aplikasi yang lama tidak dihapus dapat menyebabkan memory internal menjadi penuh. Untuk itu, penting untuk menghapus cache secara berkala agar tidak menumpuk dan memenuhi memori internal.

Caranya yaitu buka setelan pada android Anda kemudian buka aplikasi. Setelah itu, buka satu per satu aplikasi terutama aplikasi yang memiliki penyimpanan yang besar. Kemudian langsung saja klik “hapus cache”, jika sudah beralihlah mencari cache pada aplikasi lainnya.

  • Hapus file sampah whatsapp

Tips mengatasi memory internal android penuh padahal aplikasi sedikit selanjutnya ialah dengan menghapus file whatsapp yang tidak penting. Banyak orang yang masih belum menyadari adanya file whatsapp yang sebaiknya dihapus karena jika tidak akan menguras banyak penyimpanan.

Baca Juga:  9 Cara Memindahkan Foto Ke Iphone Dari Komputer Tanpa Ribet

File yang perlu Anda hapus yaitu file yang pernah dikirimkan kepada orang lain. Jika Anda mengirimkan foto, video, ataupun dokumen file ini akan tersimpan di file manager Anda. Kemudian file whatsapp status, file sampah ini yang seringkali menghabiskan banyak penyimpanan. Satu lagi yaitu file database, file ini berfungsi untuk mengembalikan data jika whatsapp sewaktu-waktu diinstal ulang.

Cara menghapus file whatsapp yang ketiga cukup mudah, yaitu silahkan buka file manager Anda. Kemudian cari file “whatsapp”, disitu Anda akan menemukan file database, whatsapp status, dan lain sebagainya. Silahkan hapus beberapa data yang tidak diperlukan.

  • Tambah memory eksternal

Mungkin salah satu penyebab mengapa ruang penyimpanan tidak cukup ialah karena memang kapasitas penyimpanan internal smartphone Anda masih sedikit. Jika benar demikian, maka alternatifnya yaitu Anda memasang memory eksternal.

Memory eksternal bisa dibeli di konter terdekat. Jika sudah membeli memory eksternal, maka tinggal memindahkan foto, video, musik, file, dan lain sebagainya ke memori eksternal. Dengan demikian, Anda bisa beraktivitas menggunakan handphone tanpa perlu menghapus file-file kesayangan Anda.

  • Pasang aplikasi file cleaner

Supaya sampah dapat terdeteksi dengan baik dan bisa langsung dibersihkan secara bersamaan, maka disarankan untuk mengunduh aplikasi file cleaner. Salah satu aplikasi pembersih sampah untuk mengatasi memory internal android penuh padahal aplikasi sedikit yang direkomendasikan yaitu AVG Cleaner.

Ada beberapa smartphone yang sudah dilengkapi pembersih file sampah bawaan. Dalam hal ini Anda tidak perlu mengunduh aplikasi file cleaner lagi karena justru akan semakin menyita ruang penyimpanan internal.

  • Pindahkan foto, video, dokumen, atau file penting lainnya ke laptop

Memindahkan berkas atau file-file penting ke laptop atau komputer juga merupakan salah satu cara mengatasi penyimpanan penuh. Selain di laptop, Apabila Anda memiliki flash disk maka juga bisa memindahkannya ke flashdisk.

Baca Juga:  6 Tutorial Cara Convert Excel Ke Word dengan Mudah

Caranya mudah sekali, yaitu hubungkan smartphone Anda dengan laptop menggunakan kabel data. Kemudian aktifkan pilihan “transfer file” supaya semua file Anda muncul di laptop. Setelah itu, buka file explorer di laptop dan masuk ke pratisi penyimpanan handphone. Cari file yang ingin Anda pindahkan, klik “cut” lalu paste ke penyimpanan laptop atau flashdisk.

  • Simpan foto, video, dokumen, atau file penting lainnya di Google Drive

Apabila Anda tidak ingin menyimpannya di laptop karena takut membuat penyimpanan laptop penuh, maka bisa memindahkannya di Google Drive. Dengan menyimpannya di Google Drive, Anda bisa mengaksesnya kapanpun dan dimanapun selagi terhubung dengan internet. Anda juga bisa mendownloadnya kembali jika sewaktu-waktu membutuhkannya.

Caranya yaitu buka aplikasi Google Drive terlebih dahulu. Kemudian Anda akan melihat ikon plus (+), klik ikon tersebut. Jika sudah, pasti akan muncul berbagai pilihan menu, klik opsi “upload”. Pilih semua file yang ingin diunggah di Google Drive. Klik “open” yang terletak di bagian kanan atas tepatnya di sebelah ikon titik tiga.

  • Nonaktifkan otomatis pembaharuan

Pembaharuan otomatis pada play store akan lebih baik jika dinonaktifkan. Mengapa? Karena bisa menguras banyak paket kuota Anda. Selain itu juga dapat membuat penyimpanan Anda penuh.

Cara mengatasi memory internal android penuh padahal aplikasi sedikit ini yaitu pastikan terhubung dengan internet supaya bisa mengubah pengaturan. Kemudian buka play store atau apps store di android, klik garis tiga horizontal yang ada di bagian kiri atas. Pilih opsi “setelan” dan pilih menu “update aplikasi secara otomatis”. lalu, pilih opsi “jangan update aplikasi secara otomatis”.

  • Gunakan aplikasi yang tidak banyak memakan memory internal

Salah satu penyebab ruang penyimpanan tidak cukup padahal aplikasi sedikit ialah karena aplikasi yang Anda install berukuran sangat besar. Jadi meskipun aplikasinya sedikit tetapi memiliki kapasitas penyimpanan yang besar, maka sama saja menguras ruang penyimpanan Anda.

Baca Juga:  Begini Cara Backup Windows 7 Dengan Mudah!

Contohnya seperti facebook, facebook yang asli memiliki banyak sekali fitur dan hal ini tentu juga memakan banyak memori. Oleh karena itu, install saja aplikasi facebook lite yang memiliki penyimpanan yang sedikit.

  • Nonaktifkan aplikasi bawaan

Cara mengatasi memory internal android penuh padahal aplikasi sedikit berikutnya yaitu dengan menonaktifkan aplikasi bawaan. Aplikasi bawaan yang dimaksud ialah aplikasi yang jarang digunakan, misalnya memo. Caranya yaitu buka pengaturan atau settings pada android Anda. Kemudian masuk ke bagian app dan cari aplikasi bawaan mana yang ingin Anda nonaktifkan. Jika sudah, klik aplikasi tersebut dan pilih opsi “disable”.

Anda tidak perlu khawatir karena meskipun sudah dinonaktifkan Anda tetap bisa menggunakan aplikasi tersebut sewaktu-waktu ketika membutuhkannya. Caranya yaitu tinggal klik tombol “enable” untuk mengaktifkannya kembali.

  • Nonaktifkan fitur unduh otomatis pada sejumlah aplikasi

Beberapa aplikasi dilengkapi dengan fitur unduh otomatis, seperti halnya whatsapp. Hal ini dapat membuat penyimpanan internal Anda penuh karena semua file yang masuk akan terunduh secara otomatis.

Untuk mengatasi memory internal android penuh padahal aplikasi sedikit, Anda perlu membuka aplikasi whatsapp dahulu kemudian masuk ke bagian storage. Setelah itu, ubah pengaturan dari yang awalnya Auto-download menjadi No Media.

Itulah beberapa cara mengatasi memory internal android penuh padahal aplikasi sedikit yang seringkali kurang diketahui oleh banyak orang. Kini Anda tidak perlu cemas apabila menerima pemberitahuan di ponsel bahwasannya memory internal Anda penuh. Cukup lakukan beberapa cara di atas untuk mengatasinya.

About Admin

Check Also

6 Tutorial Cara Convert Excel Ke Word dengan Mudah

jejakblog – Cara convert Excel ke Word perlu diketahui karena terkadang dalam melakukan pekerjaan, perlu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *