7 Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami, Ampuh Meredakan Nyeri!

Cara mengatasi gusi bengkak secara alami adalah cara penanganan tahap awal yang bisa dilakukan di rumah. Jika tidak segera diobati, kemungkinan akan semakin parah dan mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti mengalami kesulitan makan.

Selain menimbulkan rasa nyeri, gusi bengkak bisa menjadi tanda kondisi mulut yang serius. Lalu, apa penyebab gusi bengkak? Bagaimana cara mengobatinya secara alami? Simak penjelasan berikut

Penyebab Gusi Bengkak

Cara mengatasi gusi bengkak secara alami

Gusi bengkak biasanya ditandai dengan bagian gusi yang mengalami pembesaran, menggelembung, dan menonjol. Kondisi ini disebut radang gusi atau gingivitis. Penyebab gusi bengkak biasanya disebabkan oleh beberapa faktor berikut:

Kekurangan Vitamin C

Kekurangan vitamin C dalam tubuh memungkinkan terjadinya pembengkakan di gusi. Beberapa hal yang menyebabkan kekurangan vitamin C adalah pola makan yang kurang sehat, stres, diabetes, dan kebiasaan merokok.

Efek Samping Obat-obatan

Ada beberapa obat-obatan yang bisa menyebabkan gusi menjadi bengkak, seperti obat terapi kanker, obat penghambat kanal kalsium, dan lainnya. Efek sampingnya akan dirasakan saat sudah beberapa bulan mengonsumsi obat tersebut. cara mengatasi gusi bengkak secara alami

Cara Menggosok Gigi Yang Salah

Jika menggosok gigi terlalu kasar bisa menyebabkan bagian rongga mulut menjadi rusak, termasuk gusi menjadi sakit, luka, atau bengkak. Jaga kebersihan gigi dan mulut agar bakteri tidak membentuk plak pada gigi dan menyebabkan gusi bengkak.

Baca Juga:  Obat Diare Untuk Ibu Hamil: Rekomendasi Dokter Dan Pola Diet!

Gosok gigi dengan benar, lakukan secara perlahan dengan gerakan melingkar, bukan maju mundur. Pilih sikat gigi dengan bulu yang halus, terutama yang memiliki gigi sensitif. Usahakan untuk menyikat gigi 2 kali sehari. cara mengatasi gusi bengkak secara alami

Menggunakan Gigi Palsu

Penggunaan gigi palsu yang tidak pas dan kurang menjaga kebersihan gigi palsu, bisa menyebabkan gusi menjadi bengkak. Untuk pengguna gigi palsu, sebaiknya memperhatikan ukuran dan kebersihan gigi yang digunakan.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami

Saat mengalami gusi bengkak, segeralah mengobatinya. Gusi bengkak dengan gejala ringan bisa diatasi dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Berikut cara mengobati gusi bengkak secara alami yang ampuh untuk meredakan nyeri:

Berkumur Dengan Air Garam

Cara mengatasi gusi bengkak secara alami yang pertama adalah berkumur dengan air garam. Air garam membantu mencegah pertumbuhan bakteri dalam mulut dan mengurangi bakteri di gusi yang dapat menyebabkan pembengkakan.

  • Siapkan satu gelas air hangat dan tuangkan satu sendok garam ke dalamnya, lalu aduk hingga rata.
  • Kemudian, kumur campuran keduanya di dalam mulut, lalu buang setelahnya.
  • Berkumur dengan air garam dilakukan selama 30 detik dan sebanyak 3 kali dalam sehari. Jangan terlalu sering karena bisa menyebabkan gigi mudah terkikis.
Baca Juga:  6 Cara Mengatasi Dehidrasi dengan Cepat, Tak Hanya Minum Air Putih!

Berkumur Dengan Minyak Nabati

Berkumur dengan minyak nabati, seperti minyak kelapa, bisa menjadi cara ampuh untuk meredakan nyeri pada gusi bengkak. Minyak kelapa mengandung asam laurat yang bersifat anti radang dan antibakteri. Cara ini dikenal dengan sebutan oil pulling.

Untuk cara mengobatinya, siapkan satu gelas air hangat dan tambahkan 1 – 2 sendok minyak nabati, kemudian berkumur beberapa detik. Setelah itu, buang minyak dan bersihkan mulut dengan air. Hati-hati agar minyak kelapa tidak tertelan.

Berkumur Air Rebusan Daun Jambu Biji

Daun jambu biji dipercaya memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang baik untuk mengobati gusi bengkak. Untuk mengobati gusi bengkak, daun jambu biji direbus, lalu airnya digunakan untuk berkumur.

Caranya, tumbuk 5 – 6 lembar daun jambu biji muda, lalu masukkan ke dalam air panas dan masak dengan api kecil selama 15 menit. Saat dingin, tambahkan sedikit garam, kemudian gunakan untuk berkumur selama 30 detik. Ulangi 2 – 3 kali sehari.

Berkumur Dengan Air Lemon

Cara mengatasi gusi bengkak secara alami selanjutnya berkumur dengan air lemon. Lemon mengandung asam yang berguna sebagai alkali alami untuk menyeimbangkan pH dalam mulut.

Pertama, peras satu lemon dan campurkan dengan satu gelas air hangat. Lalu, gunakan air tersebut sebagai obat kumur. Ulangi pengobatannya sebanyak 3 kali sehari.

Kompres Dengan Es Batu

Es batu bisa digunakan untuk mengobati gusi bengkak secara alami yang ampuh untuk meredakan nyeri. Suhu dingin yang dihasilkan es batu bisa membuat saraf pemicu nyeri jadi mati rasa, hingga nyeri dan pembengkakan bisa mereda.

  • Cara menggunakannya cukup mudah, ambil beberapa es batu lalu bungkus dengan handuk bersih.
  • Tempatkan bungkusan tersebut ke bagian pipi yang terasa nyeri.
Baca Juga:  Cara Mengatasi Tumit Pecah Tanpa Obat, Hanya Pakai Bahan Alami!

Mengompres dengan Kantong Teh

Kantong teh bisa digunakan sebagai cara mengatasi gusi bengkak secara alami. Cara mengobatinya mudah, seduh kantong teh, angkat dan diamkan beberapa saat. Kemudian tempelkan kantong teh tersebut ke gusi yang bengkak, tunggu setidaknya 5 menit.

Jenis teh yang bisa digunakan untuk mengatasi gusi bengkak adalah teh hijau, teh hitam, dan teh herbal seperti chamomile. Teh tersebut bersifat anti inflamasi hingga bisa meredakan pembengkakan.

Mengoleskan Bubuk Kunyit

Bubuk kunyit bisa membantu untuk mengobati gusi bengkak karena mengandung senyawa yang bersifat anti inflamasi. Bumbu dapur ini menjadi salah satu alternatif pengobatan gusi bengkak.

Cara mengatasi gusi bengkak secara alami dengan bubuk kunyit bisa dilakukan dengan mudah. Campur bubuk kunyit dengan air hangat, aduk hingga menjadi adonan yang kental. Setelah itu, oleskan pada gigi selama 10 menit, lalu kumur dengan air. Ulangi metode ini 2 kali sehari sampai nyeri gusi mereda.

Itulah cara mengatasi gusi bengkak secara alami yang bisa dilakukan di rumah jika mengalami gusi bengkak. Namun, apabila gusi bengkak tidak segera membaik dan disertai beberapa gejala, segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

About Admin

Check Also

6 Cara Mengatasi Dehidrasi dengan Cepat, Tak Hanya Minum Air Putih!

Bagi Anda yang sering merasa haus berlebihan dan tubuh cepat lelah, bisa jadi Anda sedang …

Leave a Reply

Your email address will not be published.