Begini Cara Mengatasi Baterai Kembung yang Ampuh Sekali

jejakblog – Cara mengatasi baterai kembung, bisakah? Di jaman yang semakin maju bukan hal yang sulit lagi untuk melakukan hal tersebut. Banyak upaya yang dapat dilakukan. Mengingat baterai adalah salah satu elemen penting bagi perangkat seluler. Ponsel yang baterainya sering ngedrop pasti akan kerepotan dan mengganggu aktivitas.

Saat baterai baru saja selesai di cas, baterai sudah habis lagi dan ponsel harus mati karena kehabisan daya baterai. Untuk membeli baterai yang baru, tentu berbeda dengan baterai yang original. Selain harga yang tidak sama, kualitas baterai mungkin tidak akan sama dengan baterai sebelumnya. Oleh karena itu. Solusi untuk baterai kembung sangat diharapkan.

cara mengatasi baterai kembung

Penyebab Baterai Mengalami Kembung

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kinerja baterai ponsel menurun atau bahkan rusak. Kerusakan tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa kebiasaan buruk pengguna ponsel. Sebelum melangkah untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi baterai kembung, wajib diketahui dulu beberapa penyebab terjadinya baterai kembung;

1. Pengisian Daya Baterai yang Berlebihan

Termasuk kebiasaan buruk adalah melakukan pengisian daya baterai yang berlebihan. Akibatnya usia pemakaian baterai akan berkurang. Biasanya pengguna ponsel sering melakukan pengisian ulang baterai ponsel mulai malam hari hingga pagi datang. Padahal lama waktu pengisian daya yang ilegal adalah tidak melebihi 4 jam. Beberapa daya baterai bahkan hanya membutuhkan waktu 1 jam.

Baca Juga:  6 Aplikasi Pemutar Musik Offline Tanpa Wifi atau Data

2. Menggunakan Charger yang Tidak Sesuai

Cara mengatasi baterai kembung harus dilihat dulu apa penyebab terjadinya masalah tersebut. Umumnya kesalahan yang sering dilakukan adalah menggunakan charger yang tidak sesuai saat pengisian ulang baterai. Walaupun adaptor menuju lubang pengisian baterai memiliki bentuk yang sama, tetap saja charger tersebut pada dasarnya tidak sama.

Pemakaian charger yang tidak sesuai dan tidak cocok akan menyebabkan pengisian daya baterai menjadi tidak maksimal. Akibatnya ponsel harus di charger hingga berulang kali. Semakin sering dan semakin lama, ponsel baterai bisa menggelembung dan harus diganti jika ingin menggunakan baterai yang sama.

3. Penggunaan Ponsel yang Berlebihan

Salah satu faktor yang menjadi penyebab mengapa baterai bisa menggembung ialah karena pemakaian yang berlebihan. Tidak jarang pengguna ponsel akan bermain games atau melihat youtube untuk jangka waktu yang lama. Akibatnya ponsel akan mengalami panas berlebihan.  Hingga baterai akan kembung. Cara mengatasi baterai yang kembung sebaiknya tidak lagi terlalu sering dalam mengisi daya baterai.

4. Penggunaan Power Bank yang Tidak Berkualitas

Di jaman sekarang, sebuah ponsel akan dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang justru menyebabkan pemakaian daya-baterai menjadi besar. Biasanya salah satu cara agar daya baterai tetap hemat adalah menggunakan power bank. Apalagi alat ini terbilang praktis dan bisa dibawa kemanapun.

Akan tetapi sekarang semakin banyak jenis dan merek power bank. Tak jarang pula para pengguna ponsel lebih memilih yang harganya murah, tanpa lebih dulu mempertimbangkan kualitasnya. Padahal power bank yang kualitasnya rendah dapat membuat baterai ponsel menjadi rusak. Jadi, sebaiknya lebih berhati-hati dalam memilih atau membeli power bank.

Inilah Cara Mengatasi Baterai Kembung yang Tepat dan Cerdas

Tentunya tidak ingin selalu bergantung pada power bank bukan? . Jika belum dapat membeli baterai ponsel karena baterai telah kembung, maka solusi cara mengatasi baterai kembung sangatlah diperlukan. Berikut ada beberapa trik cara yang dapat dicoba ketika mengalami masalah tersebut. Ini dia penjelasannya;

Baca Juga:  8 Cara Dapat Uang Dari Google Ads, Pebisnis Wajib Tahu!

1. Segera Lepas Baterai dari Ponsel

Cara mengatasi baterai kembung sebenarnya sangat praktis. Bahkan tanpa membutuhkan peralatan khusus. Satu-satunya alat yang diperlukan hanya obeng saja.  Namun, ada pula beberapa ponsel yang memungkinkan untuk langsung membuka casingnya saja. buka bagian belakang ponsel dan lepas baterainya. Diamkan baterainya beberapa saat.

2. Masukkan dalam Freezer

Cara mudah mengatasi baterai yang menggelembung bisa dilihat dulu penyebabnya. Jika penyebabnya karena kelebihan gas yang ada dalam ponsel. Terciptanya gas tersebut adalah karena hasil reaksi kimia diantara elektroda dan elektrolit. Ada solusi unik untuk mengatasinya yaitu menusuk baterai dengan jarum.

Cara mengatasi baterai kembung lainnya adalah dengan menyimpan baterai ponsel beberapa menit ke dalam lemari es. Tepatnya pada bagian freezer. Namun, ada hal penting yang harus diperhatikan, yaitu bungkus baterai dengan plastik. Tujuannya agar baterai tetap aman dan kembali dapat digunakan setelah baterai kempes.

3. Copot Baterai dan Keringkan

Cara mengatasi baterai kembung berikutnya adalah dengan mengambil baterai ponsel yang ada di freezer. Menyimpan di freezer cukup hanya 24 jam saja. jika sudah lalu keringkan baterai tersebut dan biarkan di tempat yang teduh. Bisa juga dikeringkan di depan kipas angin. Jangan mengeringkan baterai di bawah terik matahari karena hasilnya akan membahayakan.

4. Pasang Kembali Baterai

Apabila baterai telah benar-benar kering, masukkan kembali baterai tersebut ke dalam ponsel. Tutup kembali casing dengan benar dan jangan sampai ada celah yang terbuka. Dari sini cara mengatasi baterai kembung terlihat mudah ya?. Setelah baterai kering dan berhasil dimasukkan kembali ke dalam ponsel, bisa disadari jika ukuran baterai telah kembali normal.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy A22 5G : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Merawat Baterai Ponsel Agar Tidak Kembung

Jika sudah normal, maka sebaiknya baterai ponsel harus dirawat sebaik mungkin agar tidak mengalami kejadian yang sama. Cara merawatnya relatif mudah. Sama mudahnya dengan cara terbaik mengatasi baterai kembung. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan agar baterai ponsel tidak kembung dan berfungsi dengan baik;

1. Sebaiknya Pakai Charger Bawaan Pabrikan Ponsel

Cara mengatasi baterai kembung bisa dilakukan dengan melakukan perawatan yang intensif. Caranya adalah dengan menggunakan charger bawaan dari ponsel asli. Dengan demikian kebutuhan dan kondisi penggunaan baterai akan sesuai. Jika terpaksa harus memakai charger bukan bawaan pabrikan, maka pastikan bahwa charger tersebut memiliki spesifikasi yang sesuai dengan charger yang asli.

2. Simpan Baterai Pada Suhu Ruang

Cara praktis mengatasi baterai kembung karena terlalu panas bisa disiasati dengan mudah. Setelah dimasukkan dalam freezer, rawat baterai dengan menyimpan baterai pada area yang hangat. Jangan menyimpan di ruang yang terlalu dingin atau panas. hal tersebut dapat kembali menyebabkan baterai menjadi kembung dan memperpendek usia penggunaan baterai.

3. Selalu Jaga Daya Baterai Tetap Direntang 50-90%

Daya baterai biasanya dapat bekerja dengan maksimal pada rentang persentase tersebut. oleh karena itu, ketika mengisi ulang daya baterai usahakan jangan sampai 0% dan tidak mencapai angka 100%. Jika daya baterai bisa dijaga pada rentang tersebut, maka bisa meminimalisir potensi baterai menggelembung. Pengisian daya baterai yang berlebihan memang tidak terlalu baik untuk kinerja ponsel itu sendiri.

Dari sini, dapat dipahami bukan bagaimana cara mengatasi baterai kembung? Berikut pula cara merawatnya dengan baik. Sehingga diharapkan baterai tetap dapat digunakan secara optimal. Semoga dengan adanya informasi ini, Anda tidak lagi mengabaikan tentang pentingnya menjaga daya baterai serta tidak menggunakan charger sembarangan. Rawat hp Anda untuk fungsi yang baik.

About Admin

Check Also

Cara unlock iPhone

Inilah 3 Cara Unlock iPhone, Sudah Tahu?

jejakblog – Cara unlock iPhone menjadi salah satu hal penting yang sangat wajib dipahami oleh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *