Ternyata Mudah! Ini Cara Mengaktifkan 4G di Android

jejakblog – Cara mengaktifkan 4G di Android adalah hal yang perlu Anda ketahui saat ini. Hakikatnya, perkembangan teknologi turut memberi pengaruh terhadap kecanggihan internet. Hal tersebut secara otomatis juga ikut mendorong brand-brand untuk mengeluarkan Android dengan spesifikasi koneksi internet yang cepat. Maka, wajar saja bila kini banyak merk Android di Indonesia yang sudah didukung jaringan 4G.

Meski demikian, tidak bisa dimungkiri jika masih ada juga sejumlah merk Android yang hanya dapat menjangkau jaringan 3G. Dilihat dari segi kecepatannya, maka tentu saja 4G lebih unggul dibanding 3G. Namun, jangan khawatir karena Anda bisa mempelajari cara membuat jaringan 4G sendiri melalui artikel kali ini.

Cara mengaktifkan 4G di Android

Syarat Agar Bisa Mengaktifkan 4G di Android

Sebelum mengetahui cara mengaktifkan 4G di Android, berikut sejumlah syarat yang harus Anda pahami:

Gunakan Android yang Mendukung 4G

pastikan bahwa Android Anda telah didukung atau dibekali oleh jaringan 4G. Jika sekiranya Android Anda ternyata tidak didukung oleh sinyal 4G, maka kemungkinan besar Anda kesulitan bahkan tidak bisa mengaktifkan 4G. Sebenarnya Anda bisa dengan mudah memenuhi syarat pertama ini karena sekarang sudah ada banyak sekali Android 4G dengan harga terjangkau.

Berada di Wilayah yang mendukung Jaringan 4G

Memiliki Android yang didukung oleh jaringan 4G saja ternyata belum bisa menjamin Anda dapat mengakses jaringan 4G. Hal tersebut salah satunya dipengaruhi oleh faktor lokasi di mana Anda berada. Oleh karena itu, Anda juga perlu memastikan bahwa lokasi Anda berada telah tersedia layanan 4G.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy A50S : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Hakikatnya, tidak semua daerah di Indonesia telah didukung jaringan 4G. Sejumlah daerah yang berlokasi di pedesaan atau daerah yang terpencil mungkin saja belum tersedia layanan 4G. Dalam hal ini, termasuk pula lokasi-lokasi tertentu seperti pegunungan tentu juga belum didukung oleh jaringan 4G.

Ganti Kartu SIM 4G

Selain spesifikasi Android dan lokasi, cara mengaktifkan 4G di Android juga bisa dilakukan apabila kartu SIM yang digunakan berjaringan 4G. Artinya, jika SIM yang dipakai belum mendukung 4G, maka otomatis Anda pun tidak dapat menikmati fasilitas internet dengan jaringan 4G.

Oleh karena itu, sejak awal Anda memang harus melakukan pengecekan mengenai hal tersebut. Jika ternyata kartu SIM Anda belum support 4G, maka Anda bisa menghubungi pihak operator pusat. Dalam hal ini, mintalah bantuan agar kartu SIM Anda bisa diupgrade.

Gunakan Paket Internet 4G

Suatu hal yang sangat percuma jika Anda telah memenuhi ketiga syarat sebelumnya, tapi ternyata paket internet yang digunakan bukan 4G. Bagaimanapun juga Anda bisa mengakses internet apabila Anda memiliki paket atau kuota internet. Namun, bila paket internet Anda ternyata bukan untuk 4G, maka otomatis Anda juga tidak bisa menikmati layanan 4G.

Ubah Pengaturan Android Menjadi 4G

Apabila HP Android yang Anda gunakan telah memiliki fasilitas 4G, tapi Anda masih saja belum bisa menikmati layanan tersebut. Maka, pada saat itu Anda perlu melakukan pemeriksaan pada pengaturan Android Anda. Bisa saja Anda tidak dapat mengakses internet dengan layanan 4G karena pengaturan Android belum disetting.

Maka, syarat dari cara mengaktifkan 4G di Android adalah Anda perlu masuk ke menu Setting atau Pengaturan. Kemudian, masuk ke menu jaringan dan mengubahnya menjadi 4G/LTE.

Baca Juga:  Cara Membuat Blog di Wordpress, Belajar Dari Awal sampai Akhir

Gunakan Alat Penguat Sinyal

Anda mungkin telah memenuhi semua persyaratan sebelumnya, tapi jaringan 4G di Android Anda masih saja tidak dapat diakses. Hal tersebut kemungkinan besar disebabkan oleh kondisi jaringan 4G yang tiba-tiba melemah dan akhirnya bisa saja langsung hilang.

Pada kasus tersebut, Anda bisa menggunakan alat penguat sinyal untuk memperkuat koneksi internet Anda. Hal yang perlu diperhatikan adalah pastikan bahwa alat penguat sinyal yang digunakan memiliki jenis 4G. Umumnya, untuk memiliki alat ini Anda harus mengeluarkan biaya sekitar Rp 300.000 hingga Rp 500.000-an.

Gunakan Aplikasi Network Signal Speed Booster

Jika pada syarat sebelumnya Anda diharuskan untuk mengeluarkan biaya yang tentu saja tidak semua orang bisa dengan mudah melakukannya. Maka, tenang saja karena ada aplikasi penguat sinyal gratis yang bisa Anda install di Google Play Store.

Aplikasi yang bernama Network Signal Speed Booster tersebut telah diunduh oleh puluhan ribu orang. Meski aplikasi ini tidak menjamin Anda bisa mengakses internet tanpa menghadapi permasalahan jaringan yang lemot. Akan tetapi, secara umum aplikasi ini telah mendapat cukup banyak respon positif dari para penggunanya.

Jangan Memblokir Antena HP

Meski kenyataanya Android yang ada saat ini telah menggunakan antena tanam, tapi sejumlah merk masih ada yang antenanya di luar. Oleh karena itu, jika antena Android Anda masih terpasang di bagian luar, maka sebaiknya Anda tidak menutupi antena tersebut.

Hal itu karena antena tersebut bertugas untuk mencari sinyal 4G. Jadi, jika Anda menutupnya, maka otomatis Anda akan kesulitan untuk menemukan sinyal 4G dengan lancar.

Pastikan Baterai HP Terisi Penuh

Siapa sangka, kurangnya daya baterai bisa menjadi salah satu penghambat jaringan 4G. Hal tersebut cukup masuk akan karena untuk mencari sinyal HP tentu saja membutuhkan energi dan daya yang cukup besar. Oleh karena itu, jika HP Anda dalam keadaan lemah daya, maka kemungkinan besar itu akan turut berpengaruh pada kecepatan 4G.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy A30 : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Rapikan Ruangan

Syarat terakhir dari cara mengaktifkan 4G di Android ini mungkin terkesan lucu. Namun, pada hakikatnya ruangan yang berantakan dengan banyak barang yang bertumpukan akan memengaruhi kualitas jaringan. Pada dasarnya, barang-barang yang ada dalam ruangan bisa menghambat jalur sinyal 4G. Artinya, sinyal akan melalui jalur yang lebih rumit.

Cara Mengaktifkan 4G di Android

Setelah mengetahui sejumlah syarat yang bisa mendukung Anda untuk menikmati layanan 4G, maka kini saatnya Anda memahami caranya. Cara termudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengubah pengaturan jaringan di Android Anda. Untuk melakukannya, maka Anda perlu masuk ke menu Pengaturan kemudian pilih Lainnya lalu pilih opsi Mobile Networks.

Untuk melakukan upgrade dari jaringan 3G ke 4G, maka pilih menu Preferred Network Type. Setelah itu, pilih LTE/WCDMA/GSM. Jika semua persyaratan utama telah Anda penuhi, maka setelah memilih opsi tersebut Android Anda akan otomatis memunculkan icon jaringan 4G.

Selain melakukan pengubahan jaringan, cara aktifkan 4G di Android adalah dengan menggunakan dial number. Lakukan dial dengan cara ketik *#*#4636#*#* tanpa perlu menekan tombol telepon. Pada saat itu, sejumlah menu akan muncul.

Nah, silahkan Anda pilih menu Phone Information lalu pilih Jenis Jaringan kemudian pilih opsi LTE only. Setelah itu, tekan tombol Back untuk mengunci jaringan 4G dan otomatis icon sinyal 4G akan muncul di Android Anda.

Demikian tutorial cara mengaktifkan 4G di Android. Pastikan Android Anda telah memenuhi persyaratan layanan 4G dan praktikkan cara mengaktifkannya sesuai dengan langkah yang telah dikemukakan. Selamat mencoba!

About Admin

Check Also

Cara Isi Tinta Canon IP2770

Mudah! Begini Cara Isi Tinta Canon IP2770 Sendiri

jejakblog – Cara isi tinta Canon IP2770 merupakan hal yang penting diketahui terutama bagi orang-orang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *