Jadi Passive Income, Inilah cara mendapatkan uang dari Google Adsense

jejakblog – Cara mendapatkan uang dari Google Adsense memang menjadi incaran banyak orang. Impian untuk dapat pundi-pundi uang “hanya” dengan membuat suatu konten, cukup menarik bagi orang-orang kreatif. Namun, apakah memang mendapatkan uang dari Google semudah itu? Simak caranya di dalam ulasan kali ini.

Google memberikan banyak peluang untuk mendapatkan penghasilan melalui internet. Baik itu dengan menjual produk tertentu, maupun menyediakan slot iklan pada konten di platform tertentu. Contohnya adalah konten teks pada sebuah website, ataupun video yang ada di channel Youtube.

cara mendapatkan uang dari Google Adsense

Pengertian Google Adsense

Program adsense ini adalah suatu cara yang memungkinkan para konten kreator mendapatkan passive income melalui iklan yang terpasang pada kontennya. Contohnya artikel di website, setelah terdaftar adsense-nya, maka akan ada iklan yang terpasang di sana. Saat iklan diklik pengunjung, pemilik konten akan mendapatkan uang.

Cara mendapatkan uang dari Google Adsense tanpa blog ataupun website pun bisa, yaitu dengan melalui channel Youtube. Sering saat melihat video di Youtube, tiba-tiba muncul iklan, bukan? Nah, iklan itulah yang memberikan pemasukan untuk para kreator video Youtube.

Cara Mendapatkan Uang dari Google Adsense

Banyak orang mengira bahwa mendapatkan hasil dari internet merupakan cara instan. Mereka umumnya melihat penghasilan youtuber ataupun blogger yang menggiurkan, padahal sebelumnya ada proses yang cukup menyita waktu, pikiran, dan tenaga. Jadi, apa saja cara mendapatkan uang dari Google Adsense?

1. Tentukan Niche

Sebelum memulai, tentukan terlebih dahulu jenis konten apa yang akan dibuat. Selain itu, tentukan pula kategorinya. Misalnya, membuat website yang khusus membahas tentang kecantikan. Seluruh kontennya membahas tentang kecantikan dari berbagai bahasan. Inilah yang dinamakan niche.

Baca Juga:  Simak Cara Daftar Google Adsense Blog Agar Langsung Diterima!

Tak perlu bingung dalam menentukan niche. Cara paling mudah adalah dengan mengangkat topik yang paling kita suka dan pahami. Contohnya adalah hobi. Misalnya hobi mengutak-atik mesin kendaraan, maka tidak ada salahnya memilih niche otomotif.

Mengapa memilih niche yang diminati dan dikuasai? Tentu saja karena nantinya kita dituntut untuk membuat beragam konten dari insight yang berbeda. Dengan demikian, pengunjung website atau channel Youtube kita akan mendapatkan manfaat, sehingga betah berkunjung.

Berbeda jika bidang bahasan yang dipilih kurang dikuasai, nantinya akan muncul kemungkinan pembuatan konten mandek akibat kehabisan ide. Hal ini tentu dapat memengaruhi penghasilan dari internet tersebut.

2. Menentukan Platform Medianya

Cara mendapatkan uang dari Google Adsense setelah menentukan niche adalah memilih platform medianya. Apakah akan menggunakan website atau video youtube. Tidak peru memaksakan diri memilih semua platform apabila kemampuan belum memadai. Pilih saja yang paling dikuasai.

Contohnya, apabila sangat menikmati proses pembuatan dan editing video, maka Youtube adalah media yang tepat. Begitu juga apabila menyukai dunia tulis menulis, sebaiknya pilihlah blog saja.

3. Buat Konten yang Menarik

Salah satu syarat agar lolos saat mendaftar adsense adalah banyaknya pengunjung yang datang untuk membaca atau menonton konten kita. Cara mendapatkan uang dari Google Adsense adalah dengan membuat konten yang menarik.

Ada dua jenis konten yang sebaiknya ada di dalam website. Pertama adalah konten yang menarik pengunjung baru untuk datang ke website kita. Kedua, jenis konten yang membuat pengunjung lama datang kembali untuk mengaksesnya.

Ketrampilan dalam membuat konten yang menarik tentu menjadi aset utama bagi para konten kreator. Hal ini disebabkan semakin menarik konten tersebut, maka semakin banyak yang membacanya. Artinya, potensi iklan terlihat orang akan semakin besar. Itulah sebabnya trafik website juga menjadi syarat dalam pengajuan adsense.

Baca Juga:  Mengenal Google Ads Wordpress dan Cara Daftarnya Agar Diterima

4. Mendaftar Adsense

Cara mendapatkan uang dari Google Adsense adalah mendaftarkan website tersebut untuk program adsense. Namun, sebelumnya, pastikan bahwa website tersebut memenuhi persyaratan. Pendaftaran adsense memang sedikit tricky, sebab tidak semua website yang didaftarkan lulus dengan mulus. Ada yang harus gagal berulang.

Pahami kebijakan dan persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Pastikan trafik ke website telah mencukupi. Caranya seperti yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu dengan membuat konten yang menarik. Namun, itu saja tidak cukup. Sebaiknya membuat banyak orang berkunjung ke website dengan mempromosikan kontennya.

Syarat selanjutnya adalah memastikan bahwa konten yang ada di website tersebut terbebas dari unsur pelanggaran hak cipta. Ciptakan konten-konten original yang benar-benar hasil karya sendiri. Satu lagi, pemilik website haruslah orang yang sudah berusia 18 tahun.

Setelah melakukan pendaftaran, pihak Google Adsense akan melakukan review apakah website tersebut telah memenuhi syarat atau tidak. Apabila memenuhi syarat, artinya pengajuan adsense akan disetujui dan iklan bisa terpasang pada website tersebut.

5. Mengaktifkan Iklan di Website

Setelah pengajuan adsense disetujui, cara mendapatkan uang dari Google Adsense yang selanjutnya adalah dengan mengaktifkan iklan di website. Caranya adalah dengan memasukkan kode iklan tersebut di website yang dimiliki. Nantinya pendapatan dari adsense tergantung pada jumlah iklan yang diklik pengunjung (pay per click).

Untuk meraih penghasilan yang tinggi, cara mendapatkan uang dari Google Adsense blogger adalah terus mendatangkan trafik yang tinggi ke website tersebut. Terus promosikan website agar banyak orang datang berkunjung, misalnya dengan membagikan link konten yang menarik.

Cara mendapatkan uang dari Google Adsense ini bisa menjadi passive income yang cukup menjanjikan bagi para konten kreator. Hal ini disebabkan selama ada banyak orang yang berkunjung dan klik iklan yang terpasang di situ, maka penghasilan pun akan tetap mengalir.

Baca Juga:  Mudah! Begini Cara Isi Tinta Canon IP2770 Sendiri

Keuntungan Berpenghasilan Lewat Internet

Setelah mengetahui cara mendapatkan uang dari Google Adsense, tak ada salahnya melihat potensi penghasilan melalui internet ini. Bisa dibilang, penghasilan lewat internet tidak terbatas jumlah dan waktunya. Tidak ada orang yang terlalu tua untuk berpenghasilan melalui internet, berbeda dengan pekerjaan kantoran.

Selain itu, perlu diingat juga bahwa semakin hari, pengguna internet terus meningkat. Rasanya, saat ini hampir semua orang memiliki akses internet yang memadai, sehingga menjadi pasar yang sangat potensial. Fakta menariknya adalah bahwa Indonesia menunjukkan pertumbuhan jumlah pengguna internet yang tercepat.

Dengan tersedianya target pasar potensial di internet ini, maka semakin banyak pula perusahaan yang menempatkan iklannya di berbagai platform yang tersedia. Tentu saja ini merupakan peluang bagi konten kreator untuk menyediakan slot iklan dan mendapat passive income dari sana.

Keunggulan lain dari cara mendapatkan uang dari Google Adsense adalah tidak adanya batasan waktu dan tempat. Siapa pun, dari daerah mana saja bisa mendapatkan penghasilan, asalkan memiliki koneksi jaringan yang memadai. Selain itu, akses internet dapat dilakukan kapan pun ada kesempatan, sehingga tidak terkendala waktu.

Jangan lupakan juga bahwa penghasilan melalui internet bisa diraih dengan modal yang relatif kecil. Contohnya dengan adsense ini. Hanya bermodalkan pembuatan konten, bisa memiliki potensi penghasilan sangat besar.

Bisa disimpulkan bahwa cara mendapatkan uang dari Google Adsense dapat menjadi sumber passive income yang dapat diraih dari mana pun dan kapan saja. Syaratnya, memiliki kreativitas dan konsisten dalam menghasilkan konten berkualitas.

About Admin

Check Also

6 Tutorial Cara Convert Excel Ke Word dengan Mudah

jejakblog – Cara convert Excel ke Word perlu diketahui karena terkadang dalam melakukan pekerjaan, perlu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *