Begini Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Di Indonesia, Coba Yuk!

jejakblog – Cara mendapatkan beasiswa kuliah di Indonesia cukup mudah. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya mahasiswa yang kuliah secara gratis karena mendapatkan beasiswa. Baik beasiswa untuk mahasiswa yang kurang mampu atau beasiswa untuk mahasiswa berprestasi. Selain itu banyak juga beasiswa yang diberikan oleh pemerintah ataupun swasta.

Biaya kuliah yang semakin tinggi, membuat orang tua Anda harus bekerja lebih keras lagi.  Agar tidak menambah beban mereka alangkah baiknya jika mencari  keringanan biaya dengan giat mencari beasiswa. Bagi Anda yang baru lulus SMA serta ingin melanjutkan bidang studi banyak sekali cara dapat beasiswa kuliah di Indonesia.

Cara mendapatkan beasiswa kuliah di Indonesia

8 Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Di Indonesia

Jika Anda rajin mencari informasi pasti dapat mengetahui apa saja beasiswa yang ada di kampus. Baik dari pemerintah, swasta atau kampus. Tetapi, perlu diingat beasiswa tersebut pastinya memiliki syarat dan ketentuan. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara mendapatkan beasiswa kuliah di Indonesia ini.

  • Menguasai Bahasa Inggris

Saat ini banyak sekali beasiswa yang mensyaratkan harus memiliki kemampuan berbahasa inggris. Terutama untuk beasiswa ke luar negeri mengharuskan Anda memiliki skor Toefl serta studi S2 di dalam maupun luar negeri. Skor minimal yang biasa disyaratkan adalh 500. Oleh karena itu belajarlah jauh-jauh hari.

  • Bertanya Kepada Staf TU Atau Guru Di Sekolah

Cara mendapatkan beasiswa kuliah di Indonesia bisa paling sederhana yakni dengan rajin mencari informasinya. Untuk mengetahui apakah ada peluang atau tidak Anda bisa bertanya kepada pihak Tata Usaha sekolah dan guru. Biasanya mereka memiliki informasi terkait beasiswa untuk pendidikan tingkat selanjutnya.

Baca Juga:  4 Cara Mendapatkan Beasiswa Tanoto Ampuh! Wujudkan Impian Sekolah Tinggi

Dengan demikian, Anda bisa saja menjadi orang pertama yang mengetahui ketika ada seleksi beasiswa dibuka. Jadi, bisa mempersiapkan diri lebih lama dibandingkan teman yang belum tahu. Nah, tanyakan secara berkala tentang beasiswa tersebut kepada pihak sekolah ya!

  • Mencari Informasi Dari Keluarga Atau teman

Mencari informasi tentang penyelenggaraan beasiswa tidak hanya kepada pihak sekolah saja, tetapi Anda bisa mencari info ini di tempat lain. Seperti bertanya kepada saudara atau teman yang mungkin memiliki informasi terkait beasiswa. Terlebih lagi pada mereka yang pernah mendapatkan beasiswa tersebut.

Jika Anda memiliki teman atau kenalan yang sedang kuliah dengan beasiswa, ada baiknya tanyakan secara langsung. Jika bertanya langsung Anda mendapatkan keuntungan 2 hal sekaligus yaitu mendapatkan pengalaman dan trik khusus agar dapat lolos seleksi. Oleh sebab itu, sejak sekarang mulailah untuk memperluas relasi.

Baca Juga:  Simak 5 Cara Dapat Beasiswa di Politeknik Pertanian Negeri Kupang (POLITANIKOE)! Ragam Beasiswa yang Ditawarkan

Saat ini tidak lagi sulit untuk menambah relasi tersebut karena teknologi yang semakin canggih. Nah, jika tidak bisa berbincang secara langsung, manfaatkan kecanggihan teknologi saat ini dengan mencari informasi tersebut melalui media sosial. Selain itu, Anda bisa menemukan di website penyedia informasi cara mendapatkan beasiswa kuliah kedokteran di Indonesia.

  • Memenangkan Perlombaan Di Kampus Tujuan

Selain giat mencari informasi, cara mendapatkan beasiswa kuliah di Indonesia bisa mengikuti perlombaan di kampus tujuan, lalu memenangkannya. Terdapat beberapa kampus yang memberikan beasiswa prestasi. Yakni bagi calon mahasiswa pemenang perlombaan yang diadakan oleh kampus tersebut. Contohnya adalah Institut Teknologi Bandung dan Universitas Indonesia.

Untuk itu, mulailah untuk mengembangkan bakat yang dimiliki agar saat kampus tersebut membuka perlombaan, Anda siap mengikuti. Jangan lupa untuk mengetahui juga cara mendapatkan beasiswa kuliah di Universitas Indonesia. Supaya jika Anda tidak menang, masih dapat memilih alternatif lain.

  • Memilih Universitas Tujuan

Saat mengajukan beasiswa pastikan terlebih dahulu sudah menentukan jurusan serta kampus yang Anda minati. Pasalnya, kuliah tidak sesuai dengan bakat minat menjadi tidak menyenangkan. Ini akan berakibat pada sulitnya meraih nilai yang Anda inginkan. Oleh karena itu, pertimbangkan dengan baik.

Ada baiknya pula jika sebelum memilih kampus, riset terlebih dulu manakan universitas yang sering memberikan peluang kepada mahasiswanya. Sehingga saat Anda berkuliah di universitas itu, akan ada banyak beasiswa yang bisa diikuti. Jadi, hal ini juga penting ya!

  • Mendaftar Di Kampus Ikatan Dinas

Cara mendapatkan beasiswa kuliah di Indonesia selanjutnya adalah dengan mendaftar di kampus ikatan dinas. Kampus semacam ini tidak hanya menawarkan beasiswa, tetapi sekaligus kontrak kerja setelah lulus, lho. Dengan keuntungan yang tidak tanggung pasti persyaratan serta seleksinya tidak mudah. Sebab itulah, Anda harus belajar giat agar dapat lolos seleksi di kampus dengan persaingan ketat ini.

  • Mencoba Daftar Beasiswa Bidik Misi

Bagi kalian beasiswa ini mungkin sudah sangat familiar karena banyak yang sudah mendapatkanya. Lantas bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah di Indonesia dengan cara ini? terbilang sangat mudah mendapatkan beasiswa jenis ini. Pasalnya bantuan biaya tersebut diberikan kepada mahasiswa yang kurang mampu dengan tetapi syarat dan ketentuan berlakunya!

  • Menyiapkan Berkas Persyaratan

Setelah informasi seleksi beasiswa dibuka, maka segera lengkapi persyaratan yang dibutuhkan. Jangan menunda-nunda karena mempersiapkan syarat tersebut juga membutuhkan waktu dan tenaga. Wajib Anda ingat pendaftar yang sudah melengkapi syaratnya yang bisa mengikuti tahap berikutnya apabila dinyatakan lolos seleksi. Perhatikan ini dengan baik-baik ya!

Baca Juga:  4 Cara Mendapatkan Beasiswa Baznas Ampuh! Wujudkan Impian Sekolah Tinggi

Itulah tadi cara mendapatkan beasiswa kuliah di Indonesia yang bisa Anda terapkan di kampus impian. Persiapkan segala sesuatunya sejak sekarang agar setelah ada pembukaan beasiswa, Anda bisa langsung mendaftar. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan mental ya, selamat mencoba!

About Admin

Check Also

Beasiswa S1 hukum di Indonesia

Ingin Mendapat Beasiswa S1 Hukum di Indonesia, 6 Syarat Ini Harus Dipenuhi

jejakblog – Beasiswa S1 hukum di Indonesia memberikan kesempatan yang terbuka lebar bagi calon mahasiswa …

One comment

  1. Mantap bos…!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *