Penting! Inilah Cara Mendapatkan Beasiswa Di UIN Bandung

jejakblog – Cara mendapatkan beasiswa di UIN Bandung perlu dipahami sebelum mendaftar. Tujuannya adalah untuk memastikan agar persiapan yang dilakukan sudah benar-benar sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan. Hal ini mengingat perlunya kelengkapan dokumen pendukung yang harus disertakan saat mendaftar untuk mengajukan permohonan beasiswa.

Ada beberapa beasiswa yang ditawarkan di UIN Bandung. Oleh sebab itu, perlu juga untuk mengetahui, beasiswa mana yang sekiranya dapat dipenuhi persyaratannya. Dengan mendaftar pada beasiswa yang tepat, kemungkinan untuk lolos seleksi akan lebi besar. Lain halnya jika asal mendaftar, sedangkan kulifikasinya tidak terpenuhi, maka kemungkinan untuk lolos menjadi kecil.

Cara mendapatkan beasiswa di UIN Bandung

Cara Mendapatkan Beasiswa UIN Bandung Sesuai Bentuk Beasiswanya

Bantuan dana untuk biaya selama masa kuliah berupa beasiswa ini merupakan incaran banyak mahasiswa. Keberadaan beasiswa sangat membantu dalam memenuhi biaya kuliah yang memang tidak sedikit. Tidak hanya biaya per semester saja, masih ada biaya kos, makan, transportasi, praktik, riset, dan buku yang harus dibayarkan. Untuk itu, mari simak cara mendapatkan beasiswa di UIN Bandung.

1. Beasiswa Bidikmisi

Memiliki tekad kuat untuk kuliah, tetapi tidak memiliki biaya? Program beasiswa Bidikmisi dapat menjadi cara untuk dapat kuliah. Mendapatkan beasiswa di UIN Bandung dapat dilakukan melalui program ini. Bidikmsi diprogram untuk para siswa SMA yang memiliki potensi dalam bidang akademik, tetapi tidak memiliki biaya untuk melanjutkan ke jenjang S1.

Baca Juga:  4 Cara Mendapatkan Beasiswa Universitas Tarumanagara Ampuh! Wujudkan Impian Sekolah Tinggi

Syarat yang perlu dipenuhi oleh calon penerima beasiswa adalah sebagai berikut.

  • Calon penerima beasiswa adalah siswa SMA/SMK/MA yang akan lulus
  • Batas maksimal usia saat mendaftar adalah 21 tahun
  • Memiliki ketidakmampuan secara ekonomi
  • Melampirkan surat rekomendasi dari Kepala Sekolah

2. Beasiswa Dari Bank Indonesia

Ada beberapa mahasiswa, mendapatkan beasiswa UIN Bandung 2020 yang berasal dari Bank Indonesia. Beasiswa ini juga merupakan bantuan dana kuliah yang diperuntukkan mahasiswa dari keluarga prasejahtera. Bank Indonesia mengkhususkan pemberian beasiswa untuk Fakultas Ekonomi, Fakultas Komunikasi, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Cara mendapatkan beasiswa di UIN Bandung yang diprakarsai oleh Bank Indonesia adalah dengan memenuhi syarat berikut ini.

  • Tercatat sebagai mahasiswa UIN Bandung
  • Telah menempuh 60 SKS atau menyelesaikan empat semester
  • Umur maksimal 23 tahun
  • Memiliki IPK minimal 3.00
  • Aktif dalam kegiatan sosial
  • Melampirkan surat keterangan keluarga prasejahtera
  • Tidak menerima beasiswa dari pihak lain
  • Bersedia terlibat aktif dalam Komunitas Generasi Bank Indonesia
  • Melampirkan surat rekomendasi dari UIN Bandung

3. Beasiswa BAWAKU Untuk Mahasiswa UIN Bandung

Satu lagi beasiswa yang bisa didapatkan oleh mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung adalah BAWAKU. Ini merupakan Bantuan Walikota Khusus yang diberikan kepada mahasiswa S1. BAWAKU terbagi dalam dua program, yaitu untuk mahasiswa tidak mampu dan prestasi. Penerima beasiswa ini akan mendapatkan bantuan dana senilai Rp4.000.000/tahun.

Baca Juga:  4 Cara Mendapatkan Beasiswa Biaya Kuliah Waseda University Ampuh! Wujudkan Impian Sekolah Tinggi

Adapun cara mendapatkan beasiswa di UIN Bandung pada program BAWAKU ini adalah dengan memenuhi syarat sebagai berikut

  • Menyerahkan surat permohonan beasiswa kepada bagian kemahasiswaan UIN Bandung
  • Menyerahkan dokumen identitas, berupa fotokopi KTM dan KSM, KK, KTP
  • Melampirkan fotokopi bukti rekening listrik dan PBB
  • Melampirkan surat rekomendasi dosen dan teman
  • Melampirkan surat keterangan penghasilan orang tua yang diketahui oleh RT/RW dan mendapatkan pengesahan dari Kepala Desa
  • Melampirkan surat keterangan tidak merokok
  • Melampirkan transkrip nilai dengan IPK minimal 3.0

4. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)

Seperti halnya di universitas lain, di UIN Sunan Gunung Djati Bandung juga ada program beasiswa PPA. Besaran dana yang didapatkan senilai Rp400.000 per bulan. Jumlah ini tentu cukup membantu dalam memenuhi biaya kuliah. Cara mendapatkan beasiswa di UIN Bandung ini adalah dengan melakukan pendaftaran dan mengikuti seleksinya.

Berikut ini adalah syarat yang perlu dilengkapi saat melakukan pendaftaran beasiswa PPA.

  • Login ke portal beasiswa pada laman resmi UIN SGD Bandung, kemudian mengisi formulir pendaftaran
  • Meng-upload foto 3×4 dengan background merah, KTM, Transkrip nilai dalam bentuk pdf, dan sertifikat prestasi
  • Mencetak formulir pendaftaran dan menyerahkan ke bagian kemahasiswaan dengan melampirkan transkrip nilai asli, fotokopi KTM, dan fotokopi piagam prestasi
Baca Juga:  Simak 5 Cara Dapat Beasiswa di Universitas Tadulako (UNTAD)! Ragam Beasiswa yang Ditawarkan

Apabila dinyatakan lolos seleksi, calon penerima beasiswa akan diminta utuk membuka rekening di Bank Mandiri Syariah. Kemudian, buku rekening tersebut di-scan dan di-upload ke website. Setelah semua persyaratan lengkap, penerima beasiswa tinggal menunggu saat untuk pencairan dana yang diperolehnya. Biasanya, pencairan dapat dilakukan beberapa bulan setelah dinyatakan lolos seleksi.

5. Beasiswa Tahfidz UIN Bandung

Program beasiswa tahfidz ini tentunya cukup menarik, terutama bagi mahasiswa yang memiliki hafalan Al-Qur’an. Semua mahasiswa memiliki kesempatan yang sama, meskipun jumlah juz yang dihafalnya mungkin berbeda. Jumlah pembagian kuota pun disesuaikan dengan jumlah mahasiswa pada masing-masing jurusan yang ada di UIN Bandung.

Mendapatkan beasiswa UIN Bandung jalur mandiri melalui program tahfidz ini pun bisa dilakukan dengan menghubungi Wakil Dekan 3 fakultas masing-masing. Mahasiswa yang mendaftar akan diminta melengkapi persyaratan dokumen, kemudian mengikuti seleksi terkait hafalannya. Adapun kriteria yang ditetapkan untuk seleksi adalah kesempurnaan dan kefasihan hafalannya.

Melihat ragam dan cara mendapatkan beasiswa di UIN Bandung tersebut di atas, terbukti bahwa selalu ada jalan jika niat untuk kuliah sangat kuat. Jalur beasiswa merupakan jalan keluar yang dapat ditempuh dalam meringankan biaya kuliah. Dengan adanya beasiswa tersebut, diharapkan mahasiswa yang menerimanya dapat menyelesaikan kuliah tanpa terkendala biaya.

 

About Admin

Check Also

Beasiswa S1 hukum di Indonesia

Ingin Mendapat Beasiswa S1 Hukum di Indonesia, 6 Syarat Ini Harus Dipenuhi

jejakblog – Beasiswa S1 hukum di Indonesia memberikan kesempatan yang terbuka lebar bagi calon mahasiswa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *