Mahasiswa Harus Tahu, Inilah Cara Mendapatkan Beasiswa di Kampus

jejakblog – Cara mendapatkan beasiswa di kampus memang gampang-gampang susah. Hal yang paling utama adalah mencari informasi mengenai beasiswa melalui sumber yang akurat. Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi yang paling update terkait ketersediaan kuota beasiswa dan persyaratan untuk mendaftar. Mengingat persaingan cukup ketat, perlu untuk mempersiapkan pengajuan beasiswa dengan baik.

Ketatnya persaingan dipengaruhi oleh tingginya biaya yang harus dikeluarkan selama kuliah, mulai dari biaya pendidikan, akomodasi, riset, praktik, dan lainnya. Meskipun demikian, sebaiknya para mahasiswa maupun calon mahasiswa, tidak berkecil hati karena ada banyak pihak yang memiliki program beasiswa. Hal yang perlu dilakukan adalah mengetahui cara mendapatkan beasiswa di kampus swasta maupun negeri.

Cara mendapatkan beasiswa di kampus

Cara Mendapatkan Beasiswa Di Kampus Yang Diminati

Adanya beasiswa benar-benar dapat membantu mahasiswa dalam memenuhi biaya studinya selama kuliah. Apalagi jika beasiswa yang didapatkan merupakan beasiswa penuh yang mendanai keseluruhan pengeluaran, termasuk biaya kos, makan, dan uang saku. Untuk mendapatkannya, perlu tindakan proaktif, mulai dari mencari informasi, hingga persiapan syaratnya. Berikut ini cara mendapatkan beasiswa di kampus.

1. Mencari Informasi Mengenai Beasiswa

Mencari informasi terkait beasiswa yang ditawarkan, dapat dilakukan melalui beberapa cara. Bagi calon mahasiswa yang masih duduk di kelas 3 SMA, dapat menghubungi bagian BK di sekolah masing-masing. Tujuannya untuk mendapatkan penjelasan tentang beasiswa yang tersedia dan syarat mendaftarnya. Pastikan agar informasi yang diperoleh lengkap dan mendetail.

Baca Juga:  4 Cara Mendapatkan Beasiswa Jurusan Kriminologi di luar negeri Ampuh! Wujudkan Impian Sekolah Tinggi

Adapun bagi mahasiswa yang sudah terdaftar di sebuah perguruan tinggi, dapat mencari informasi beasiswa melalui bagian akademik. Dengan aktif menanyakan pada bagian akademik, akan didapatkan informasi mengenai cara mendapatkan beasiswa di kampus tersebut. Cara lainnya adalah dengan mengakses website perguruan tinggi yang dituju dan mencari informasi tentang beasiswa yang ditawarkan.

Namun, jika berminat kuliah di luar negeri, dapat mencari informasi mengenai beasiswa yang ada melalui website kedutaan besar negara yang dituju. Untuk beasiswa dalam negeri yang bukan berasal dari perguruan tinggi tertentu, informasinya bisa didapat dari website LPDP Kemenkeu. Banyak juga perusahaan yang mengadakan program beasiswa sebagai bentuk CSR (corporate social responsibility).

2. Persiapan Sejak Jauh Hari

Umumnya beasiswa menetapkan syarat berupa adanya prestasi, baik dalam akademik, maupun non akademik. Oleh sebab itu, jika memang berminat dan membutuhkan beasiswa, sebaiknya mempersiapkan diri sejak sebelumya. Misalnya dengan memastikan nilai rapor selalu baik, mengikuti dan berprestasi dalam event tertentu, dan sebagainya.

3. Mengetahui Jenis Beasiswa Yang Ditawarkan

Di setiap perguruan tinggi, umumnya beasiswa terbagi menjadi beberapa jenis. Contohnya, jika mencermati cara mendapatkan beasiswa di Universitas Indonesia. Di sana akan didapati bahwa jenis beasiswa terbagi menjadi tiga. Di antaranya adalah beasiswa kurang mampu, beasiswa prestasi, dan beasiswa campuran.

Baca Juga:  4 Cara Mendapatkan Beasiswa S2 Farmasi luar negeri Ampuh! Wujudkan Impian Sekolah Tinggi

Jika mengetahui jenis beasiswa yang ditawarkan, tentunya akan mudah dalam mempersiapkan persyaratan yang diperlukan. Misalnya saja untuk beasiswa kurang mampu, biasanya perlu melampirkan surat keterangan yang dibuat oleh RT/RW sesuai tempat tinggal. Adapun beasiswa berprestasi, biasanya menetapkan syarat berupa melampirkan transkrip nilai, atau sertifikat penghargaan atas prestasi yang diraih.

4. Mempersiapkan Dokumen Pelengkap Sesuai Syarat Pendaftaran Beasiswa

Cara mendapatkan beasiswa di kampus yang selanjutnya adalah mempersiapkan dokumen sesuai syarat yang telah ditetapkan. Biasanya dokumen yang diperlukan adalah formulir pendaftaran, identitas, transkrip nilai, dan surat keterangan tidak mampu. Pastikan melengkapi semua dokumen yang diperlukan agar nantinya proses verifikasi dapat berjalan tanpa hambatan.

5. Persiapkan Curriculum Vitae (CV) Dan Essai yang menarik

Biasanya saat pendaftaran perlu menyertakan CV dan essai sebagai syarat pengajuan permohonan beasiswa. Agar tampak menonjol dibandingkan kandidat penerima beasiswa lainnya, pastikan agar menyusun keduanya secara rapi, detail dan menarik. CV dan essai yang dibuat menarik dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan beasiswa.

Ada beberapa tips yang bisa digunakan dalam menulis CV saat mendaftar beasiswa. Di antaranya adalah menuliskan dengan bahasa yang lugas dan tidak berlebihan. Gambarkan karakter pribadi secara obyektif dan jujur. Pastikan juga agar CV maupun essai tidak terkesan bertele-tele. Terapkan prinsip keep it short and simple, sehingga CV maupun essai yang dibuat tidak membosankan.

Baca Juga:  4 Cara Mendapatkan Beasiswa Brilian Scholarship Ampuh! Wujudkan Impian Sekolah Tinggi

6. Tingkatkan Kemampuan Public Speaking

Salah satu bagian dalam seleksi beasiswa adalah tes wawancara. Itulah sebabnya, melatih kemampuan berbicara di hadapan orang lain, juga merupakan cara mendapatkan beasiswa di kampus. Tak jarang, seseorang gagal dalam tes wawancara ini akibat kurang latihan, sehingga tampak gugup dan ragu-ragu saat harus menjawab pertanyaan.

7. Persiapkan Mental Dengan Baik

Mendapatkan beasiswa memang menjadi idaman banyak mahasiswa karena dapat meringankan biaya yang harus dikeluarkan selama kuliah. Namun, tak jarang, harapan ini menjadi sebuah tekanan yang dapat mengakibatkan stres. Untuk itu, saat mengurus beasiswa, pastikan untuk mempersiapkan mental dengan baik. Tujuannya adalah agar tetap dapat berpikir positif, apapun hasil yang didapatkan.

Itulah tadi beberapa cara memperoleh beasiswa. Kemudian, mungkin akan muncul pertanyaan, apakah cara mendapatkan beasiswa di universitas terbuka juga seperti itu? Tentu saja. Sebab, umumnya, syarat yang ditetapkan kurang lebih sama. Proses seleksi dan verifikasi akan dilakukan berdasarkan dokumen yang disertakan saat mendaftar.

Setelah menyimak cara mendapatkan beasiswa di kampus yang dibahas sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa hal yang paling penting diperhatikan adalah informasi. Dengan mendapatkan informasi mendetail tentang beasiswa yang ditawarkan, persiapan pun dapat dilakukan secara optimal. Sebaiknya calon penerima beasiswa juga mempertahankan prestasi akademiknya agar bisa mendapat beasiswa.

About Admin

Check Also

Cara mendapatkan beasiswa kuliah di ITB

9 Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di ITB, Gratis!

jejakblog – Cara mendapatkan beasiswa kuliah di ITB bukanlah hal yang tidak mungkin untuk dilakukan. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *