3 Cara Mencegah Kehamilan Remaja: Pengenalan Dan Data Statistik!

Cara mencegah kehamilan remaja membutuhkan koordinasi yang kuat dari orang tua, sekolah, dan lingkungan sekitar. Koordinasi tersebut telah berfungsi lebih baik dalam mengajari remaja mengambil keputusan secara cerdas.

Hal ini terbukti dengan menurunnya angka kehamilan pada remaja yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Mengenal Kehamilan Remaja

Kehamilan remaja adalah kehamilan pada usia 15 sampai 19 tahun. Kehamilan pada remaja masih menjadi masalah di berbagai negara, termasuk Indonesia. Fisik, mental dan lingkungan yang tidak mendukung kondisi tersebut menimbulkan berbagai resiko bagi ibu dan bayi.

Pertama, umumnya calon ibu belum siap menjalani peran sebagai orang tua. Seringkali bayi mengalami kelahiran prematur, berat badan rendah, hingga kematian bayi dan ibu. Sedangkan menurut psikolog Inas Zahra SPsi MPsi, kesiapan mental calon ibu berkaitan dengan perkembangan otak bayi.

Kedua, dari sisi ilmu kesehatan, usia ideal wanita untuk menikah adalah 20-25 tahun. Pada usia ini, wanita sebagai calon ibu dianggap telah matang secara biologis dan psikologis. Dimana kedua aspek tersebut menjadi hal penting dalam menjalani pernikahan dan kehamilan.

Cara mencegah kehamilan remaja

Fenomena hamil pada remaja di Indonesia tak lepas dari tradisi pernikahan anak perempuan di bawah umur. Berikut data hasil penelitian yang dilakukan beberapa lembaga di Indonesia:

Baca Juga:  3 Cara Menghilangkan Rasa Hambar di Lidah, Alami dan Cepat!

Tahun 2012

Badan Pusat Statistik pada 2012 melakukan Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia menemukan kehamilan remaja mencapai 48 dari 1.000 kehamilan.

Tahun 2017

Hasil penelitian BPS menemukan persentase pernikahan dini mencapai 14,18 persen pada 2017 di Indonesia.

Tahun 2018

Kementerian Kesehatan melakukan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas), dimana hasilnya 31 persen perempuan melahirkan pertama kali di bawah 20 tahun. Sedangkan penelitian BPS pada tingkat kehamilan remaja meningkat menjadi 15,66 persen.

Sementara UNICEF menemukan pernikahan remaja perempuan Indonesia di bawah 18 tahun dialami 1,2 juta orang.

BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) mengeluarkan aturan usia ideal menikah, sebagai cara mencegah kehamilan remaja. Bagi calon pengantin wanita minimal berusia 21 tahun dan 25 tahun bagi calon pengantin pria.

Cara Mencegah Kehamilan Remaja Dalam SMART Remaja

Pencegahan kehamilan remaja memerlukan komunikasi yang baik juga edukasi komprehensif untuk menemukan cara-cara yang efektif. Beberapa kebijakan telah dilakukan sebagai upaya preventif penanggulangan masalah kesehatan reproduksi remaja di sekolah.

Diantaranya melalui Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) dan Program Generasi Berencana (GenRe). Sayangnya, menurut Fitriani Mediastuti, S.Si., M.Kes., program-program ini belum maksimal dilaksanakan di sekolah.

Baca Juga:  7 Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami, Ampuh Meredakan Nyeri!

Fitri yang seorang Mahasiswa Program Doktoral Fakultas Kedokteran UGM mengembangkan program SMART Remaja sebagai solusi mencegah kehamilan khususnya remaja SMP.

Ketika ujian terbuka program doktor pada Selasa (7/11) di Fakultas Kedokteran, Fitri mengatakan, “Program SMART Remaja merupakan singkatan dari Sehat secara Mandiri dan Bertanggung jawab, model promosi kesehatan berbasis sekolah.”

“Program tersebut dibangun berdasarkan hasil pengkajian kebutuhan siswa SMP, orang tua siswa, dan guru,” lanjutnya. Berikut cara mencegah kehamilan remaja secara alami, dalam program SMART Remaja ini:

Pelatihan Enam Minggu

Program SMART Remaja memberikan pelatihan enam minggu pada siswa dengan 3-4 mahasiswa kebidanan menyampaikan materi di kelas.

Materi

Materi terdiri dari berbagai macam topik, diantaranya, harga diri, efikasi diri remaja, proses reproduksi, juga dampak kehamilan pada remaja. Berbagai materi tersebut dijelaskan oleh narasumber yang kompeten di bidangnya, seperti dokter obgyn, psikolog, juga konselor.

Untuk menghindari kebosanan, materi disampaikan dalam bentuk ceramah, role play, diskusi, game, juga film. Program ini menekankan pendekatan secara psikososial dengan mengajak remaja untuk bertanggung jawab terhadap tubuhnya sendiri.

Selama pelatihan, ditekankan agar tidak melakukan hubungan seksual sebagai cara mencegah kehamilan remaja. Selain itu, program ini juga mengenalkan pendekatan medis dengan mengajak remaja mengenali dirinya sendiri.

Contohnya, mengajak pada pilihan hidup sehat, merencanakan masa depan, menjalin hubungan yang baik, dan pilihan untuk bersikap.

Baca Juga:  10 Cara Mengobati Gusi Bengkak Disertai Nyeri Secara Alami, Cepat Dan Mudah!

“Hasil pelaksanaan promosi kesehatan ini mengungkapkan bahwa penerapan experiential learning sebagai alat efektif untuk meningkatkan akademik siswa dalam upaya pencegahan kehamilan remaja karena siswa menjadi bagian dalam proses belajar mereka sendiri,” jelas Fitri.

Follow Up

Tidak hanya pelatihan di sekolah saja, program ini juga memberikan follow up diluar sesi pelatihan. “Selain pemberian materi di sekolah, mahasiswa juga memfasilitasi siswa untuk konsultasi terkait dengan kesehatan remaja dengan konseling tatap muka, media sosial, sms ataupun telepon,” tambahnya.

Oleh karena itu, Fitri berharap program ini dapat dijalankan berkelanjutan dengan dukungan dari berbagai pihak, sebagai cara mencegah kehamilan remaja.

“Agar program dapat berjalan secara berkelanjutan dibutuhkan komitmen dari sekolah untuk melanjutkan program tersebut, misalnya dengan menyisipkan materi program pada mata pelajaran bimbingan dan konseling,” kata Fitri.

Menurutnya, tujuan akhir program ini adalah berkurangnya faktor risiko kehamilan remaja sehingga angka kehamilan pada remaja pun dapat berkurang. Cara mencegah kehamilan remaja

Cara mencegah kehamilan remaja adalah dengan membuka pola pikir yang baru akan beratnya kehidupan sebagai orang tua. Setelah itu, memfasilitasi sesi konseling dengan berbagai metode yang dapat dipilih sendiri oleh remaja bersangkutan.

About Admin

Check Also

Cara Mengatasi Tumit Pecah Tanpa Obat, Hanya Pakai Bahan Alami!

Cara mengatasi tumit pecah menjadi informasi yang cocok untuk Anda yang sedang mengalaminya. Diketahui ada …

Leave a Reply

Your email address will not be published.