4 Cara Mencegah Hotlinking Image Pada Website, Simak!!

jejakblog – Cara mencegah hotlinking image dapat dilakukan dengan beberapa cara. Bagi Anda yang menggunakan hosting dengan bandwidth tinggi tidak merasa ada masalah jika orang lain mencuri gambar dari website Anda. Tetapi hal ini tentu saja sangat berpengaruh terhadap kinerja website. Selain itu, si pencuri juga mendapatkan kredit gratis dari pekerjaan Anda.

Terdapat plugin seperti Watermark reloaded atau easy watermark yang menambahkan watermark pada gambar Anda. Tetapi, tetap saja hal tersebut tidak memecahkan masalah dari pencurian bandwidth. Berikut ini akan membahas mengenai cara mencegah hotlinking image pada website yang dapat Anda praktekan.

Cara mencegah hotlinking image

Tentang Hotlinking Image

Hotlinking image adalah proses menyalin gambar dari blog Anda ke blog lain sekaligus menggunakan bandwidth dari website Anda. Contohnya jika orang lain menyalin seluruh artikel pada suatu website Anda maka secara otomatis orang tersebut akan menyalin gambar. Tetapi, gambar tersebut masih berada pada host di server website Anda dan gambar akan muncul di website orang tersebut.

Baca Juga:  Simak Cara Daftar Google Adsense Blog Agar Langsung Diterima!

Ketika seseorang sedang membuka artikel yang disalin pada artikel tersebut maka website Anda secara teknis memakan bandwidth server. Server tersebut akan melayani gambar yang ditampilkan. Hal ini tentu saja sangat merugikan karena akan menambah biaya server tetapi juga dapat meningkatkan beban pada server orang lain.

Cara Mencegah Hotlinking Image di Website

Terdapat empat cara mencegah hotlinking image pada website yang bisa Anda coba, yaitu :

Menggunakan cPanel untuk hotlink

Cara mencegah hotlinking image yang pertama adalah dengan menggunakan cPanel. CPanel ini berfungsi seperti control panel pada perangkat Anda. Tetapi cPanel hanya disediakan oleh penyedia jasa website yang Anda miliki dengan mudah melalui sebuah tampilan antar muka berbasis web.

Terdapat banyak sekali fitur bawaan cPanel yang dapat Anda gunakan seperti pengaturan database, file manager, FTP, email, dan hotlink protection. Caranya sangat mudah, yaitu :

  • Masuk ke cPanel untuk mengaktifkan fitur perlindungan dari bahaya hotlinking. Kemudian pada bagian “Security” Anda pilih “Hotlink Protection”.
  • Jika sudah masuk ke dalam menu tersebut, Anda tinggal melengkapi kotak isisan yang untuk mendapatkan proteksi dari hotlinking.
  • Klik “Enable” untuk mengaktifkan hotlink protection.
  • Kemudian Anda buat daftar siapa saja yang dapat memiliki akses langsung ke file web yang Anda miliki. Maka secara otomatis situs yang Anda miliki akan masuk ke daftar tersebut.
  • Pilih file berekstensi seperi apa yang Anda blok aksesnya. Biasanya file yang paling banyak seperti JPG, BMP, PNG, dan GIF. Masukkan ke dalam kotak isian dengan memisah tanda koma jika Anda ingin melindungi konten gambar pada situs Anda.
  • Masukkan link ke halaman web atau gambar tertentu pada kotak isian selanjutnya. Semua situs yang melakukan hotlinking terhadap file web Anda akan secara otomatis dialihkan ke link tersebut.
Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy A11 : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Menggunakan .htaccess untuk mencegah hotlinking gambar

Cara mencegah hotlinking image selanjutnya adalah dengan menggunakan file .htaccess. Anda dapat mencari file tersebut menggunakan file manager pada cPanel Anda. Setelah itu, jangan lupa untuk mencentang pilihan “Show Hidden Files” jika Anda tidak dapat melihat file tersebut.

Jika Anda tidak menemukan file .htaccess maka buatlah file baru pada direktori root web kemudian beri nama .htaccess. Anda juga dapat mengedit file .htaccess dengan menggunakan test editor pada cPanel atau notepad di Windows.

Baca Juga:  6 Cara Membuat Situs Untuk Google Adsense, Simak!

Menggunakan plugin WordPress

Cara mencegah hotlinking image selanjutnya adalah dengan menggunakan plugin di WordPress. Tetapi, tidak banyak plugin yang berhubungan khusus dengan proteksi terhadap hotlinking. Jika ada plugin yang sudah lama tidak diupdate dan mempunyai rating rendah.

Pilihan terbaik adalah dengan menggunakan plugin keamanan seperti iThemes Security atau All in One WP Security and Firewall. Plugin tersebut mempunyai berbagai fitur yang dapat mengamankan situs WordPress seperti mencegah hotlinking.

Menggunakan CDN Cloudflare

Cara mencegah hotlinking image yang terakhir adalah melalui CDN Cloudflare. Content Delivery Network (CDN) biasanya memiliki fitur yang berfungsi untuk melindungi blog dari hotlink. Selain melindungi blog ternyata juga dapat membuat performa website Anda menjadi cepat dan semakin aman dari serangan cyber.

Demikian adalah informasi mengenai cara mencegah hotlingking image yang bisa Anda coba. Pilih salah satu cara yang Anda rasa paling mudah untuk menjaga aset website yang Anda miliki.

About Admin

Check Also

6 Tutorial Cara Convert Excel Ke Word dengan Mudah

jejakblog – Cara convert Excel ke Word perlu diketahui karena terkadang dalam melakukan pekerjaan, perlu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *