4 Cara Memindahkan Video ke iPhone Tanpa iTunes, Sudah Tahu?

jejakblog – Pada kenyataannya, cara memindahkan video ke iPhone tanpa iTunes memang merupakan hal yang bisa dilakukan. Ada berbagai cara lainnya yang dapat Anda praktekkan untuk bisa memasukkan video ke perangkat iPhone Anda. Sayangnya masih banyak orang yang belum memahami atau bahkan belum mengetahui sama sekali mengenai hal tersebut.

Nah, jika Anda salah satunya, maka tidak perlu khawatir. Melalui artikel ini Anda akan tahu cara transfer video ke iPhone tanpa iTunes. Berbagai cara tersebut tentu saja dapat membuat Anda lebih mudah memindahkan video. Bahkan, Anda juga bisa lebih menghemat waktu karena tidak perlu menginstall iTunes yang tentu membutuhkan waktu lagi dalam proses download-nya.

cara memindahkan video ke iPhone tanpa iTunes

Kenapa Sulit Memindahkan Video ke iPhone?

Sebelum mengetahui cara memindahkan video ke iPhone tanpa iTunes, Anda mungkin bertanya-tanya bahwa kenapa pemindahan video ke iPhone begitu rumit? Nah, hakikatnya dibandingkan perangkat android, iPhone memang cenderung memiliki sistem keamanan yang lebih ketat. Oleh karena itu, untuk memasukkan file seperti video Anda memang membutuhkan bantuan iTunes.

Namun, tidak semua orang ternyata mudah menggunakan aplikasi tersebut. Bahkan, bagi orang awam menggunakan iTunes untuk memasukkan dokumen-dokumen ke iPhone adalah hal yang tergolong rumit. Untungnya, saat ini ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk memindahkan file-file ke iPhone tanpa iTunes.

Cara Memindahkan Video ke iPhone Tanpa iTunes

Bagi Anda yang merasa kesulitan menggunakan iTunes, berikut sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk memindahkan video ke iPhone:

Memindahkan Video Menggunakan AirDrop

Cara memindahkan video ke iPhone tanpa iTunes yang pertama adalah dengan menggunakan AirDrop. Nah, AirDrop merupakan software yang dirancang untuk perangkat Apple. Untuk mengaksesnya, silahkan buka Pengaturan lalu pilih Umum lalu Centang ke Semua Orang. Kemudian, bukan Pusat Kontrol iPhone lalu tap dan tahan bagian Wifi sekitar 2 detik lalu aktifkan fitur AirDrop.

Baca Juga:  Super Mudah! Begini Cara Backup Data iPhone di iCloud dan iTunes

Setelah itu, cek Mac Anda apakah sudah dapat menangkap sinyal dari iPhone. Jika sudah, maka Anda hanya perlu memilih video yang ingin dipindahkan lalu klik menu Sharing. Untuk memulai proses upload ke iPhone, maka klik menu AirDrop. Jangan lupa klik Accept untuk menerima video yang dikirimkan dari komputer.

Video tersebut nantinya akan tersimpan otomatis di Camera Roll. Perlu diketahui bahwa AirDrop tidak hanya bisa digunakan untuk mengirim data dari Mac ke iPhone saja. Namun, bisa pula digunakan untuk transfer dari iPhone ke iPhone atau iPhone ke iPad.

Memindahkan Video Menggunakan Google Drive

Cara memindahkan video ke iPhone tanpa iTunes yang berikut ini menggunakan Google Drive. Pada dasarnya, fitur AirDrop hanya bisa digunakan di Mac dan tidak tersedia untuk perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows. Maka, tidak bisa digunakan untuk memindahkan video ke iPhone dari PC Windows.

Namun, jangan khawatir karena Anda bisa memanfaatkan Google Drive untuk mentransfer video dari PC Windows atau Android ke iPhone. Apalagi kapasitas penyimpanan Google Drive pun cukup banyak, yaitu 15GB untuk yang gratis. Adapun cara transfernya adalah buka aplikasi Google Drive di iPhone kemudian login.

Setelah itu, buka Aplikasi File lalu tekan simbol titik tiga yang terletak di pojok kanan atas lalu pilih Edit. Nyalakan Google Drive kemudian pilih Selesai. Anda hanya perlu mengunggah video ke Google Drive melalui PC atau Android kemudian mendownload-nya melalui Google Drive di iPhone. Jangan lupa hubungkan perangkat Anda dengan internet untuk melakukan proses tersebut.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy S9+ : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Memindahkan Video Menggunakan Email

Meskipun cara memindahkan video ke iPhone tanpa iTunes menggunakan email terbilang cukup kuno. Namun, cara yang satu ini merupakan salah satu cara favorit karena memang cukup mudah dilakukan. Hal tersebut karena Anda tidak memerlukan software atau kabel data untuk proses pemindahan video.

Adapun caranya adalah Anda hanya perlu membuka email dari browser komputer. Kemudian, attach atau lampirkan video yang ingin dimasukkan ke iPhone. Kirim email tersebut ke alamat Anda sendiri. Setelah beberapa saat notifikasi email di iPhone Anda akan masuk. Silakan buka email tersebut dan simpan semua video yang ada di lampiran email.

Perlu diperhatikan bahwa cara ini akan sangat efektif dilakukan jika perangkat Anda memiliki koneksi internet yang baik. Selain itu, perlu diingat pula bahwa salah satu kekurangan dari metode ini adalah Anda tidak dapat mengirim video yang banyak. Dalam hal ini, termasuk pula untuk video dengan kapasitas yang cukup besar.

Hal tersebut karena ada batasan ukuran untuk Anda dapat mengirim suatu file pada email. Maka, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan untuk melakukan cara memindahkan video dari komputer ke iPhone tanpa iTunes ini.  Dalam hal ini, Anda harus memperhatikan besarnya kapasitas video yang ingin Anda pindahkan.

Artinya, jika memang terlalu besar dan tidak memenuhi persyaratan, maka Anda bisa memindahkannya dengan cara lain. Namun, meski demikian Anda bisa saja tetap menggunakan email untuk mentransfernya asalkan Anda melakukan compress pada video Anda terlebih dahulu. Proses compress tersebut berguna untuk memperkecil kapasitas dari video Anda.

Memindahkan Video Menggunakan Kabel USB

Perlu Anda ketahui bahwa Windows secara otomatis membaca iPhone Anda sebagai kamera. Oleh karena itu, Anda dapat mengakses gambar dan video pada PC sebagaimana saat mengakses kamera digital pada umumnya. Nah, adapun langkah-langkahnya, yaitu mulai dari sambungkan iPhone Anda ke PC dengan menggunakan kabel USB.

Baca Juga:  50 Keyword CPC Tertinggi 2021 di Indonesia, Jangan Salah!

Pada saat itu, kotak dialog akan muncul dan menanyakan apakah komputer tersebut dapat dipercaya. Nah, silahkan pilih Trust. Setelah itu, Windows akan mendeteksi perangkat iOS Anda sebagai kamera. Berikutnya adalah masuk ke File Explorer kemudian pilih This PC lalu klik dua kali ikon berbentuk perangkat iPhone.

Setelah itu, silakan masuk ke Internal Storage kemudian pilih DCIM lalu semua folder foto dan video Anda akan muncul. Anda hanya perlu mengcopy paste data yang ingin dipindahkan. Hal yang perlu diingat adalah Anda mungkin saja akan mengalami kegagalan dalam cara memindahkan video ke iPhone tanpa iTunes ini.

Hal tersebut kemungkinan disebabkan karena PC Windows tidak dapat membaca data pada perangkat iPhone Anda. Meski demikian, jangan buru-buru putus asa karena hal tersebut bisa diatasi. Caranya adalah masuk ke Start Menu lalu pilih menu Devices and Printers. Setelah itu, pilih perangkat iOS Anda lalu klik kanan kemudian pilih Troubleshooter.

Dengan melakukan proses tersebut masalah koneksi pada perangkat dan PC Anda akan diperbaiki. Setelah itu, Anda pun akan bisa melakukan backup data di luar perangkat iOS Anda tanpa perlu repot-repot menginstall iTunes.

Demikian tutorial tentang cara memindahkan video ke iPhone tanpa iTunes. Semoga Anda sudah bisa memahami dan mempraktikkan berbagai cara tersebut, ya. Semoga cara-cara tersebut bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin memindahkan video ke iPhone, tapi tidak ingin repot menginstall iTunes. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

About Admin

Check Also

6 Tutorial Cara Convert Excel Ke Word dengan Mudah

jejakblog – Cara convert Excel ke Word perlu diketahui karena terkadang dalam melakukan pekerjaan, perlu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *