Cara Memindahkan Data dari Android ke iPhone Dengan dan Tanpa Aplikasi

jejakblog – Jika Anda ingin beralih dari HP Android ke iPhone, maka Anda wajib tahu cara memindahkan data dari Android ke iPhone. Hal tersebut untuk menjamin agar semua data-data Anda tetap aman. Tentu Anda tidak ingin bukan dokumen, foto, video, hingga info kontak Anda hilang begitu saja?

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk mengganti HP, maka pahami dulu cara memindahkan semua data dari Android ke iPhone. Jangan sekali-kali mengabaikan hal ini karena bisa saja di Android Anda ada berbagai dokumen-dokumen penting. Maka, sebisa mungkin Anda berusaha mengamankan semua data Anda untuk menghindari terjadinya penyesalan di kemudian hari.

cara memindahkan data dari Android ke iPhone.

cara memindahkan data dari Android ke iPhone.

Cara Memindahkan Data dari Android ke iPhone Menggunakan Aplikasi

Teknologi sudah semakin canggih dan hal itu salah satunya berpengaruh pada kehadiran beragam aplikasi yang menawarkan berbagai kemudahan bagi penggunanya. Dalam hal ini, termasuk pula aplikasi yang bisa membantu Anda untuk memindahkan data dari Android ke iPhone.

  • iWork

Aplikasi ini bisa Anda dapatkan secara gratis dengan mengunduhnya di App Store. Adapun cara memindahkan data dari Android ke iPhone bisa dilakukan dengan cara menghubungkan Android ke komputer atau PC. Kemudian, pindahkan semua data yang ada di Android Anda ke komputer.

Setelah semuanya dijamin sudah berhasil dipindahkan, maka Anda bisa memutuskan sambungan antara Android dan komputer. Langkah berikutnya adalah menghubungkan iPhone ke PC atau Mac. Hal yang perlu diperhatikan adalah jika Anda menggunakan PC, maka klik dan seret dokumen untuk masuk ke iTunes.

Sementara itu, bagi Anda yang menggunakan Mac, maka bisa melakukannya dengan cara klik dan seret dokumen ke aplikasi Apple Books. Terakhir, Anda hanya perlu melakukan sinkronisasi agar data-data terdownload ke iPhone.

  • Move to iOS

Cara memindahkan data dari Android ke iPhone dapat dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi Move to iOS. Tahapan yang harus dilalui pun cukup praktis. Pertama, pastikan bahwa perangkat Android Anda telah terhubung dengan jaringan Wifi. Kemudian, hubungkan pula perangkat iOS dengan Android Anda.

Baca Juga:  7 Cara Untuk Mengubah PDF Ke Word Gratis, Lengkap dan Jelas

Selanjutnya, pastikan bahwa semua data yang ingin dipindahkan termasuk data pada kartu Micro SD eksternal masuk di perangkat iOS baru. Anda pun bisa pula memindahkan penanda Chrome dengan cara memperbaruinya ke versi terbaru di Android.

Jika semua syaratnya telah dipenuhi, maka Anda bisa langsung melakukan pemindahan data dari Android ke iPhone dengan mengikuti sejumlah langkah. Pertama, pilih menu Pindahkan Data pada menu App yang ada di Android. Menu tersebut akan otomatis menghubungkan Android ke perangkat iPhone.

Selanjutnya, install aplikasi Move to iOS di Android Anda kemudian buka lalu pilih Lanjutkan. Anda bisa membaca syarat dan ketentuannya terlebih dahulu kemudian pilih Setuju. Berikutnya, cari kode Anda yang biasanya terdapat di sudut kanan atas layar. Setelah beberapa saat, kode berisi sepuluh atau enam digit akan otomatis muncul.

Cara memindahkan data dari Android ke iPhone berikutnya adalah memasukkan kode pada Android. Lalu, tunggu beberapa saat hingga proses verifikasi kode selesai dan layar Transfer Data akan muncul. Jika verifikasi kode telah berhasil, maka Anda bisa langsung memilih jenis data yang ingin dipindahkan kemudian pilih Berikutnya.

Pada saat itu, Anda hanya perlu menunggu hingga prosesnya selesai. Hal yang perlu diingat adalah jangan menggunakan Android jika proses pemindahan masih berlangsung. Adapun waktu yang dibutuhkan dalam proses ini tergantung pada banyaknya jumlah data yang dipindahkan. Jika bar pemuatan di iOS telah selesai, maka klik Selesai di perangkat Android dan klik Lanjutkan di iOS.

Baca Juga:  4 Cara Mencegah Hotlinking Image Pada Website, Simak!!

Setelah itu, untuk menyelesaikan pengaturan untuk perangkat iOS, maka Anda hanya perlu mengikuti semua langkah yang diinstruksikan pada layar. Kemudian, pastikan kembali bahwa semua data benar-benar telah berhasil dipindahkan. Jika sudah, maka Anda bisa menutup semua aplikasi yang digunakan.

Cara Memindahkan Data dari Android ke iPhone Tanpa Aplikasi

Selain memanfaatkan aplikasi, Anda juga bisa memindahkan data dari Android ke iPhone secara manual. Adapun langkah-langkahnya, yaitu:

  • Memindahkan Email, kontak, dan Kalender

Pada dasarnya, perangkat lunak yang terdapat pada iPhone bisa digunakan bersama dengan penyedia email seperti Google. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk memindahkan data dari Android ke iPhone. Adapun caranya, yaitu Anda hanya perlu melakukan penambahan akun email pada perangkat lama ke perangkat yang baru.

Dalam hal ini, akun email yang ada di Android ke iPhone. Langkahnya, yaitu buka Pengaturan lalu pilih Kata Sandi & Akun kemudian pilih Login. Melalui cara tersebut, maka secara otomatis semua file yang ada pada akun penyedia email pindah ke perangkat baru di iPhone.

  • Memindahkan Foto dan Video

Untuk bisa memindahkan foto dan video dari Android ke iPhone, maka Anda bisa menggunakan bantuan komputer atau laptop. Adapun caranya, yaitu hubungkan Android ke komputer atau laptop kemudian pilih menu DCIM lalu pilih Kamera. Saat itu, Anda bisa memilih foto dan video yang ingin dipindahkan. Apabila sudah selesai, maka tarik file yang akan dipindah ke folder di komputer.

Lepas koneksi ke Android lalu sambungkan iPhone ke komputer. Setelah itu, buka Finder khusus pada Mac dan buka iTunes khusus pada Mac OS Mojave atau versi yang lebih lama. Adapun di komputer, maka selaraskan foto ke iPhone. Lalu, Anda dapat menemukan foto dan video dalam perangkat di menu Foto.

  • Memindahkan Musik

Cara memindahkan data dari Android ke iPhone berupa musik juga bisa dilakukan melalui bantuan komputer. Adapun langkahnya, yaitu hubungkan Android ke komputer kemudian cari musik Anda. Pada saat itu, Anda bisa memilih lagu yang ingin dipindahkan kemudian tarik ke folder di komputer Anda. Berikutnya, putuskan koneksi Android lalu sambungkan komputer ke iPhone.

Baca Juga:  5 Cara Riset Keyword dengan Copy Paste dari Website

Khusus di Mac atau versi yang lebih lama, maka buka iTunes lalu klik Lagu. Sementara di MacOS Catalina, silakan pilih Musik. Kemudian, buka folder yang berisi lagu dan tarik ke bagian Lagu di app Musik atau perpustakaan iTunes.

Apabila Anda menggunakan app musik streaming, maka Anda bisa menemukan musiknya di App Store. Sementara itu, jika Anda menggunakan Apple Music, maka cukup langsung masuk di perangkat iPhone.

  1. Memindahkan Buku dan PDF

Sama seperti memindahkan foto dan musik, untuk bisa memindahkan buku dan PDF, maka Anda juga membutuhkan bantuan komputer. Silakan Anda sambungkan Android ke komputer kemudian di menu dokumen cari file buku dan PDF. Pilih buku dan PDF yang ingin dipindahkan kemudian tarik ke folder di komputer.

Lepaskan koneksi Android dan sambungkan iPhone ke komputer. Apabila Anda menggunakan Mac, maka Anda bisa seret buku dan PDF ke app Buku. Jika menggunakan PC, maka seret buku dan PDF ke iTunes. Anda dapat menemukan buku dan PDF di iPhone dengan membuka menu Buku kemudian pilih Perpustakaan.

Demikian cara memindahkan data dari Android ke iPhone. Semoga bermanfaat.

About Admin

Check Also

6 Tutorial Cara Convert Excel Ke Word dengan Mudah

jejakblog – Cara convert Excel ke Word perlu diketahui karena terkadang dalam melakukan pekerjaan, perlu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *