Penyebab dan Cara Membuka YouTube yang Diblokir Server

jejakblog – Cara membuka YouTube yang diblokir server memang merupakan hal yang sangat penting diketahui. Hal tersebut karena YouTube yang telah diblokir tidak dapat lagi digunakan sebagaimana mestinya. Artinya, Anda tidak lagi memiliki akses untuk masuk ke YouTube, termasuk dalam hal ini menonton video YouTube. Hal tersebut tentu saja sangat mengkhawatirkan bukan?

YouTube merupakan platform terkenal dan terbaik untuk menonton video. Oleh karena itu, jika YouTube Anda diblokir dan Anda tidak lagi dapat mengaksesnya, maka itu tentu sangat menyebalkan. Apabila Anda sedang mengalami hal itu, maka wajar bila muncul pertanyaan mengenai bagaimana cara membuka YouTube yang diblokir server. Nah, penasaran? Temukan jawabannya pada artikel kali ini!

Cara membuka YouTube yang diblokir server

Penyebab YouTube Diblokir Server

Sebelum memahami cara membuka YouTube yang diblokir server, maka terlebih dahulu Anda harus mengetahui penyebab YouTube bisa diblokir. Pada dasarnya, YouTube dapat terkena blokir apabila terjadi pelanggaran yang berkaitan dengan kebijakan dari pihak YouTube. Bentuk pelanggaran tersebut pun sangat bervariasi diantaranya, yaitu adanya konten seksual.

Jangan sekali-kali mencoba untuk mengunggah video yang berbau pornografi atau seksual vulgar. Selain akun Anda akan terancam diblokir, akibat dari perbuatan tersebut juga bisa berakhir di kantor polisi. Penyebab berikutnya adalah konten yang merugikan atau berbahaya. Maka, sebaiknya Anda hindari untuk memposting video yang hanya mengandung risiko negatif.

Selain itu, konten yang menyiratkan kebencian juga bisa menjadi salah satu penyebab YouTube diblokir. Meski nyatanya ada hak mengenai kebebasan berekspresi, tapi YouTube selalu mencegah hadirnya konten yang dapat mengakibatkan perdebatan dan perpecahan.

Baca Juga:  7 Langkah Membuat Website Sekolah dengan WordPress

Komentar kasar, pelecehan, hingga pembulian menjadi kasus yang masih belum ada habisnya. Oleh karena itu, jika tidak ingin diblokir pihak server karena hal tersebut, maka sebisa mungkin Anda tidak melakukannya. Berusahalah untuk tetap berbuat sopan dan saling menghargai sebagai sesama pengguna YouTube.

Jangan pernah sekali-kali Anda memanfaatkan YouTube untuk memberi ancaman atau pun intimidasi pada orang lain. Selain itu, penyebab lainnya adalah mengenai hak cipta. Artinya, upayakan untuk mengunggah video yang benar-benar original buatan Anda. Sebab, akun yang terbukti melakukan peniruan akan otomatis dihapus.

Cara Membuka YouTube yang Diblokir Server

Setelah mengetahui beberapa penyebab YouTube diblokir, maka sebisa mungkin Anda berusaha menghindarinya. Adapun cara yang bisa Anda coba untuk membuka YouTube meski telah diblokir di antaranya, yaitu:

  • Menggunakan VPN

Jika YouTube diblokir akibat berada di luar batasan lokasi sebagaimana yang telah ditetapkan oleh pengunggah YouTube, maka VPN adalah solusinya. Hal yang mesti Anda lakukan adalah memilih lokasi server dengan benar. Apabila YouTube masih saja tidak dapat diakses, maka Anda bisa mencoba untuk mengubah lokasi servernya hingga menemukan yang tepat.

VPN memungkinkan Anda untuk memiliki akses yang tidak terbatas untuk membuka setiap video YouTube yang diinginkan. Anda bisa menggunakan layanan VPN gratis built in opera, tapi Anda juga dapat berlangganan layanan premium jika ingin lebih optimal.

  • Menggunakan Layanan Proksi

Menggunakan layanan proksi bisa menjadi salah satu cara membuka YouTube yang diblokir server. Meski dari segi keamanan VPN sebenarnya masih jauh lebih unggul. Namun, melalui layanan proksi Anda tidak harus mengeluarkan biaya lebih bahkan ada sejumlah layanan proksi yang tersedia secara gratis.

Layanan HideMyAss merupakan salah satu layanan proksi yang banyak direkomendasikan. Layanan tersebut sudah cukup dikenal karena manfaatnya. Melalui layanan itu, Anda bisa memilih sejumlah titik lokasi server, enkripsi URL, menghapus skrip, hingga menonaktifkan cookie.

  • Menggunakan Add-On

Cara membuka video YouTube yang tidak bisa dibuka berikutnya adalah dengan menggunakan Add-On. Hakikatnya, Add-On adalah program tambahan yang memiliki beragam fungsi termasuk untuk membuka YouTube yang telah diblokir server. Cara ini bisa Anda lakukan jika tidak ingin memakai VPN yang cenderung ribet karena menggunakan Add-On terbukti jauh  lebih praktis.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy A20S : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Khusus bagi Anda pengguna Google Chrome, maka Browsec bisa dipasang sebagai Add-On tambahan. Sementara itu, jika Anda pengguna Mozilla Firefox, maka dapat menggunakan ProxTube. Dengan mengunduh dan mulai mengaktifkan Add-On, maka akses YouTube akan kembali berjalan.

  • Menggunakan DNS

Solusi lain untuk membuka YouTube yang telah diblokir server adalah dengan memakai jalur internet khusus yang dinamakan DNS. Dari segi fungsi, antara VPN dan DNS memiliki fungsi yang hampir mirip. Titik perbedaan hanya terdapat pada proses yang harus dilakukan dalam penggunaannya.

Hal yang harus dipahami adalah ada berbagai macam jenis DNS. Namun, yang dinilai terbilang ampuh untuk membuka blokir adalah OpenDNS. Adapun caranya, yaitu masuk ke Control Panel kemudian pilih Network and Internet lalu pilih opsi Network and Sharing Center.

Setelah itu, pilih Change adapter settings yang terletak pada bagian menu sebelah kiri. Terakhir, pada koneksi yang aktif klik kanan kemudian pilih properties.

  • Menggunakan Pengunduh Video

Bisa dikatakan bahwa cara membuka YouTube yang diblokir server dengan menggunakan pengunduh video merupakan cara yang paling sederhana. Hal tersebut karena cara yang satu ini sama sekali tidak membutuhkan aplikasi atau program tambahan.

Anda hanya perlu menyalin alamat URL video YouTube kemudian mengunduhnya melalui laman https://id.savefrom.net/ atau pengunduh video lainnya. Setelah itu, Anda bisa langsung menontonnya meski Android dalam kondisi offline. Hal yang perlu diingat adalah meski telah diblokir, link URL video tetap akan tertera sebagaimana biasanya.

  • Menggunakan Tor Browser

Agar bisa mengakses YouTube yang telah diblokir, maka Anda dapat menggunakan browser khusus yang disebut Tor Browser. Pada dasarnya, browser khusus tersebut memiliki tampilan dan fungsi yang tidak jauh berbeda dengan browser lainnya seperti Firefox atau Chrome. Namun, pada Tor Browser, IP dan identitas penggunanya disembunyikan.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy A71 : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Dengan demikian, aturan tersebut justru menjadi keunggulan pada akun YouTube yang telah diblokir. Artinya, Anda lebih leluasa untuk menjangkau berbagai situs yang bahkan terlarang. Dalam hal ini, termasuk pula dapat membuka YouTube yang sebelumnya telah diblokir.

  • Mengganti Sambungan Data ke Ponsel Pribadi

Kadang kala, YouTube bisa terblokir karena memang sengaja diblokir oleh server kantor. Namun, tidak perlu khawatir Anda bisa mencoba mempraktikkan cara membuka YouTube yang diblokir server yang satu ini. Penerapan cara ini sangat sederhana  bahkan tidak membutuhkan trik-trik khusus.

Caranya adalah dengan menggunakan jaringan pribadi. Dengan melakukan penggantian jaringan pribadi ke Android Anda, maka pemblokiran yang dilakukan server kantor tidak perlu dikhawatirkan lagi. Hal tersebut karena pada dasarnya jaringan Android memang bebas-bebas saja.

Oleh karena itu, apabila Anda memang sangat perlu untuk menonton video YouTube dari laptop atau komputer. Namun, disisi lain jaringan kantor telah memblokir aksesnya, maka cara yang satu ini bisa menjadi solusi yang sangat tepat.

Demikian informasi seputar cara membuka YouTube yang diblokir server. Semoga bisa membantu mengatasi masalah pemblokiran YouTube Anda, ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

About Admin

Check Also

layanan Google Play telah berhenti

Alasan Mengapa Layanan Google Play Telah Berhenti Dan Cara Mengatasinya

jejakblog – Anda mungkin bingung jika tiba-tiba mendapat notifikasi “layanan Google Play telah berhenti”. Karena …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *