Ketahui Cara Membuat Website WordPress Gratis, Mudah Kok!

jejakblog – Sebelumnya, WordPress merupakan platform aplikasi khusus membuat blog. Namun, sekarang sudah banyak yang menjadikannya sebagai cara membuat website WordPress gratis. Hal ini dikarenakan kebutuhan orang-orang akan internet semakin berubah. Begitupun kegunaan WordPress yang semakin meluas.

WordPress saat ini tak lagi difungsikan sebagai blog, tapi bisa dimanfaatkan sebagai website profil, website sebuah toko online, website kursus online, bahkan masih banyak lagi. Anda bisa menjalankan bisnis apapun hanya dengan platform yang satu ini.

Cara membuat website WordPress gratis

Jenis WordPress

Jika ditinjau berdasarkan cara pemasangannya, ada dua jenis yang perlu Anda pahami sebelum membuat akun WordPress untuk website. Berikut ini cara untuk membedakannya.

1. WordPress Instan

Anda bisa mendapatkan WordPress Instan dengan membuat akun di halaman WordPress.com, kemudian buat website menggunakan fasilitas hosting di WordPress.com.

2. WordPress Install

Jenis ini biasa juga dinamakan WordPress self hosted, yaitu aplikasi WordPress yang dipasang di hosting milik pribadi. Agar bisa mendapatkannya bisa dengan mendownload file aplikasi di situs wordpress.org, atau memanfaatkan aplikasi auto installer.

Singkatnya, WordPress merupakan aplikasi website yang sangat menarik dengan beberapa manfaat lebih detail dibandingkan aplikasi lain. Penasaran? Berikut ini akan dibahas lebih lengkap lagi mengenai cara membuat website WordPress gratis di halaman WordPress.com.

Cara Membuat Website WordPress Gratis di WordPress.com

Jika banyak yang mengatakan kalau membuat website dengan WodPress cukup sulit, Anda perlu mencoba sendiri. Sebenarnya jika tiap langkah dipelajari dengan benar, maka Anda akan bisa membuat website di laman WordPress.com. Perhatikan tutorialnya di bawah ini.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy S20 Ultra : Fitur, Keunggulan dan Harganya

1). Mendaftar akun di WordPress.com

Pertama, Anda harus memiliki akun terlebih dulu. Masuk ke www.WordPress.com. Lalu akan muncul halaman yang siap untuk diisi seperti di bawah ini.

Siapkan nama blog dan isi di kolom yang tersedia. Alamat website Anda akan dibuat dari nama blog ini. Jika orang lain ingin melihat halaman website Anda, maka alamat ini yang digunakan. Jika sudah mengisi lanjut dengan tekan tombol “Buat Situs Web”

2). Mengisi form pendaftaran

Setelah muncul form untuk diisi selanjutnya baca tiap kolom dengan saksama. Isilah semua data seperti nama pengguna, password, alamat email, dan sebagainya. Data ini akan berguna untuk masuk ke halaman panel control blog WordPress Anda. Pastikan Anda tidak lupa atau catat di buku catatan maupun smartphone.

3). Gunakan alamat email aktif

Pastikan Anda menggunakan alamat email yang sering digunakan dan isi pada bagian kolom Alamat surel (email). Hal ini dikarenakan WordPress akan mengirimkan verifikasi pendaftaran melalui email tersebut. Jika Anda belum memiliki email, sebaiknya buatlah dulu di laman Google yaitu www.gmail.com.

4). Pilih username yang mudah Anda ingat

Pastikan Anda membuat nama pengguna (username) yang disukai dan mudah diingat. Catat jika username Anda cukup rumit. Nama pengguna ini sangat limited yakni hanya dapat dimiliki oleh satu orang pengguna. Jika Anda tidak bisa memasukkan username yang diinginkan, artinya sudah ada yang menggunakannya, buat ulang.

5). Gunakan password yang unik

Dalam kolom kata sandi atau password, sebaiknya buat dengan sangat unik. Pastikan orang lain tak bisa menebak kata sandi Anda. Hal ini demi keamanan dan tak ada yang membobol akun Anda.

Baca Juga:  Cara Membuat Blog di Wordpress, Belajar Dari Awal sampai Akhir

6). Cek ketersediaan nama blog

Jika nama yang Anda masukkan diterima atau ada di WordPress, maka alamat tersebut akan muncul dalam nama blog pilihan. Biasanya ditandai dengan tanda centang atau warna biru. Akan tetapi jika nama tersebut sudah digunakan oleh pengguna lainnya, maka akan muncul centang warna merah. Anda bisa memikirkan ulang nama yang tepat.

7). Buat blog

Jika Anda telah menyelesaikan pengisian di kolom data diri tersebut, kemudian scroll ke bagian bawah. Anda akan melihat tabel untuk membuat blog seperti yang ada pada gambar di bawah ini.

Kemudian buatlah blog Anda dengan klik “Buat Blog” di halaman depan. Dikarenakan akan mengetahui cara membuat website WordPress gratis, maka Anda akan menerima pesan di email untuk konfirmasi lanjutan sesuai dengan akun yang telah didaftarkan.

8). Lakukan pengaturan website/blog

Cara membuat website WordPress gratis berikutnya adalah melakukan pengaturan website agar tampilannya menarik. Proses penyesuaian terhadap blog butuh banyak waktu. Anda bisa mencicilnya saat benar-benar longgar. Anda bisa mengganti tema, menyesuaikan tata letak, dan sebagainya hingga diperoleh hasil yang diinginkan.

9). Aktivasi email.

Anda bisa langsung membuka email yang digunakan mendaftar akun WordPress. Kemudian klik pada pesan masuk aktivasi di email. Jika tidak menemukan email tersebut, cari di spam atau bulk email. Kemudian klik verifikasi agar akun Anda bisa segera digunakan.

10). Masuk ke dashboard panel admin.

Jika Akun Anda telah diverifikasi WordPress, maka Anda akan mendapat pesan lagi.

Cara membuat website WordPress gratis di WordPress.com kurang lebih seperti di atas. Anda bisa membuat lebih dari satu website dengan kepentingan yang berbeda-beda. Pastikan email yang digunakan mendaftar aktif dan bisa melakukan verifikasi Ketika akun yang didaftarkan aktif.

Selanjutnya Anda tinggal belajar dalam menggunakan WordPress sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa mempelajari menu-menu di dalamnya untuk menulis artikel hingga menerbitkannya.

Baca Juga:  4 Cara Mencegah Hotlinking Image Pada Website, Simak!!

Cara Menggunakan WordPress

Jika Anda sudah memiliki website di WordPress, selanjutnya yang harus dikuasai yakni menggunakannya. Secara singkat, Anda dapat membaca tutorial di Google yang telah banyak ditulis. Namun, jika Anda sudah cukup mahir, Anda akan mulai terbiasa dalam menggunakan laman WordPress ini. Anda bisa membeli domain dan menginstall WordPress di hosting milik Anda.

Cara Membuat Website WordPress Self-Hosted

Sama halnya yang sudah disinggung dalam pembukaan, WordPress self-hosted adalah saat Anda menginstall sendiri di server hosting milik pribadi. Secara singkat, berikut ini bisa disimak cara membuat website WordPress di hosting sendiri:

  • Beli domain

Agar dapat memiliki website, hal yang utama dilakukan yakni membeli nama domain. Nama ini akan otomatis tersetting sebagai alamat website kita.

  • Sewa hosting

Kemudian, Anda butuh menyewa hosting sebagai tempat meletakkan file aplikasi website seperti teks, gambar, file database, script WordPress, dan sebagainya. Tanpa memiliki hosting, maka domain ibarat ruh tanpa memiliki raganya.

  • Install WordPress di hosting

Langkah ini akan semakin mudah dilakukan jika Anda sudah menyewa hosting di provider hosting yang telah support cPanel. Dengan beberapa kali klik, website WordPress akan segera terinstall.

Demikianlah cara untuk menggunakan WordPress website yang bisa Anda pelajari lebih dalam. Anda bisa melakukan setting sendiri hingga halaman sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Anda juga bisa membeli template yang lebih eksklusif untuk menunjang visual dari website Anda.

Kesimpulan

Memiliki website saat ini semakin mudah karena sudah ada platform WordPress. Selain itu, cara membuat website WordPress gratis bisa Anda pelajari kapan saja. Tak ada alasan lagi untuk tidak membuat website profesional. Anda bisa menemukan panduan dengan sangat cepat di internet. Saat ini mengoperasikan website milik pribadi mudah.

About Admin

Check Also

Cara Isi Tinta Canon IP2770

Mudah! Begini Cara Isi Tinta Canon IP2770 Sendiri

jejakblog – Cara isi tinta Canon IP2770 merupakan hal yang penting diketahui terutama bagi orang-orang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *