6 Cara Membuat Situs Untuk Google Adsense, Simak!

jejakblog – Apakah Anda sedang mencari cara membuat situs untuk Google Adsense? Situs ataupun website di era sekarang semakin familiar sebab bisa membuat apapun yang Anda lakukan tampak lebih meyakinkan. Entah Anda sebagai seorang Pengusaha, Fotografer, Penulis artikel atau Blogger, Graphic Designer, hingga pebisnis kuliner.

Google AdSense merupakan program periklanan berbasis CPS (cost per click) yang memungkinkan pemilik website memperoleh pendapatan dari iklan yang dipasang. Anda dapat memastikan sendiri situs mana yang menjadi pilihan, asalkan memenuhi kebijakan dari pihak Google terutama AdSense.

cara membuat situs untuk Google Adsense

Pendapatan AdSense Berkualitas Melalui Tiga Jenis Situs Ini

Berikut 3 jenis situs dengan pendapatan AdSense berkualitas yang dapat menjadi pilihan Anda untuk AdSense :

  • Situs Blog

Blog sebagai situs tempat Anda dan orang lain yang kontennya menjadi tanggung jawab Anda terkait kepatuhan terhadap kebijakan AdSense. Melakukan kebijakan menambahkan konten baru secara teratur. Sedangkan, situs berbeda karena di dalamnya ada beberapa halaman dengan konten yang jarang berubah.

Ada beberapa blog yang frekuensinya bisa berkisar antara setiap jam sampai tiap bulan dalam menambah konten baru. Hal itu, tergantung pada Editor dalam meninjau dan mempublikasikan konten dengan beberapa faktor, jumlah kontributor, dan banyaknya waktu yang dimiliki pemilik.

Banner sebagai kriteria situs Google AdSense ditaruh diberbagai area di seluruh situs, termasuk header, footer postingan blog, serta di antara listingan postingan teratas untuk setiap kategori. Blog yang melakukan hal tersebut seperti Daily Dot.

  • Situs Forum

Anda tidak terbiasa dengan ide membuat konten sendiri maupun mengelola kontributor konten. Anda bisa memilih jenis situs terbaik Forum untuk menghasilkan pendapatan AdSense. Situs ini sebagai tempat orang mendiskusikan topik khusus. Misalkan untuk para pecinta kucing di catforum.com.

Baca Juga:  Mengenal Google Ads Wordpress dan Cara Daftarnya Agar Diterima

Cara membuat situs untuk Google AdSense situs Forum, Anda terlebih dahulu harus membuat konten. Akan tetapi, sebagai pengganti konten blog yang panjang. Maka, harus membuat diskusi dan menemukan orang-orang untuk mulai berinteraksi dengan Anda di forum diskusi.

Waktu terus berjalan dan semakin banyak orang yang bergabung mengikuti diskusi mengenai topik yang sedang dibahas. Pada akhirnya, pengunjung akan mulai mengklik iklan yang terkait dengan topik itu. Khusus dalam kaitannya dengan konten buatan pengguna, pastikan untuk meninjau kebijakan AdSense.

  • Situs Fitur Online Gratis

Membuat situs fitur online gratis bagi developer maupun orang yang memiliki anggaran menyewa developer merupakan cara lain memperoleh bayaran AdSense. Fitur ini menjadi populer, kalau Anda bisa menemukan audiens target yang tepat untuk menggunakan dan merekomendasikan ke komunitas.

Anda mungkin tertarik untuk membuat GIF dengan situs GIFmaker.me yang mempunyai fitur online gratis. Cara membuat situs untuk Google AdSense situs fitur online gratis ketika pengunjung membuat GIF gratis akan disuguhi beberapa iklan AdSense di bagian atas situs dan sidebar.

Inilah Cara Membuat Situs Untuk Google AdSense

Anda ingin mengajukan situs atau website yang dimiliki untuk dipasang iklan oleh Google AdSense. Pastikan untuk memiliki konten unik yang relevan bagi pengunjung serta memberikan pengalaman pengguna yang baik. Berikut cara membuat situs untuk Google Adsense :

  • Menentukan Jenis Situs Website yang Ingin Dibuat

Cara membuat situs untuk Google AdSense yang pertama terlihat klise. Akan tetapi, saat Anda melakukan langkah ini akan banyak menghemat waktu. Pada proses membuat situs web dan mendesain akan mendapati banyak pilihan. Misal dari sisi teknis mengenai paket hosting, disk space, bandwidth, dan sebagainya.

Baca Juga:  Simak Cara Daftar Google Adsense Blog Agar Langsung Diterima!

Ada lagi dari sisi desain dan functionality (tema, slider, plugin, widget, kolom, langganan newsletter, dan lainnya). Beberapa jenis website yang umum ditemui adalah website pribadi, sekolah, blog, toko online Instansi, berita, desa, dan komunitas. Membuat situs web Anda bisa menggunakan platform WordPress.

Penting bagi Anda untuk menentukan jenis website mengingat banyaknya jenis website agar cara membuat situs untuk Google Adsense lancar. Anda memerlukan bentuk situs website seperti apa, bagian apa yang perlu ditonjolkan, dan fitur apa yang harus dimiliki untuk website.

  • Mengatur Hosting dan Domain

Banyak yang menggunakan platform WordPress untuk membuat website berbasis WordPress.com. namun, untuk jangka panjang WordPress.com kurang menguntungkan.

Hal itu karena kustomisasi dan pilihan tema sangat terbatas, ada iklan yang tidak bisa dihilangkan, tidak ada custom domain, tidak tersedia plugin, SEO Tools tidak termasuk, dan masih banyak keterbatasan lainnya. Serta biaya upgrade fitur masih mahal.

Cara membuat situs untuk Google AdSense Anda bisa menggunakan WordPress.org yang sifatnya open source, bisa dimodifikasi, bebas digunakan, dan gratis. Ada banyak pilihan tema dan plugin yang dapat diinstall.

Namun, Anda harus mengeluarkan uang untuk investasi agar mendapatkan manfaatnya. Anda perlu berlangganan hosting atau server tempat menyimpan data kemudian domain untuk memudahkan user mengakses situs website Anda.

  • Menginstall WordPress

Membuat website untuk Google AdSense di WordPress terlebih dulu menginstall WordPres secara otomatis dengan memberi centang di bagian Gratis Auto Install Website WordPress. Akan lebih baik lagi dengan mencentang fitur tambahan di bagian bawahnya, yakni WordPress Accelerator.

Setelah Checkout Sekarang dan selesai pembayaran, maka Anda sudah punya akses ke website sendiri. Cara membuat situs untuk Google AdSense bisa menginstall WordPress melalui Softaculous Apps Installer. Berikut cara untuk menginstall dan membuat website gratis :

  1. Buka cPanel. Agar mudah aksesnya tambahkan /cpanel pada alamat website Anda. Seperti : namadomain.com/cpanel.
  2. Anda masukkan username dan password
  3. Di kolom pencarian ketik Softaculous Apps Installer, klik dua kali
  4. Ketik WordPress di laman Softaculous
  5. Jika sudah ketemu Install lalu isi informasi sesuai kebutuhan pada kolom yang tersedia. Setelah selesai, klik tombol Install di bagian bawah halaman. Anda sudah memiliki website WordPress.
  • Install Tema

Anda bisa menginstall melalui Softaculous maupun dari Dashboard  WordPress secara langsung. Install tema melalui WordPress dengan cara ke Dashboard > Appearance > Themes. Klik tombol Add New pojok atas halaman lalu cari tema sesuai keinginan. Klik tombol Install pada tema yang dipilih.

Baca Juga:  7 Langkah Membuat Website Sekolah dengan WordPress

Jika sudah mencari tema dan mendapatkan dari WordPress Directory maupun platform jual beli tema lain, maka tinggal upload. Caranya ke Dashboard > Appearance > Themes, klik Add New dan klik Upload Theme. Pilih tema file ZIP, klik Install Now. Tunggu, lalu klik Live Preview lalu tombol Active.

  • Pasang Plugin yang Dibutuhkan

Pasang plugin untuk tambahkan berbagai fitur. Install langsung ke menu Plugins > Add New (cari yang dibutuhkan), klik Install Now. Tunggu muncul tombol Activate. Jika sudah punya file plugins, maka menu Plugins > Add New > Upload Plugin. Pilih file zip, klik Install Now.

  • Optimasi Website

Lima cara membuat situs untuk Google AdSense di atas untuk website Anda sudah siap dioperasikan. Website Anda sudah bisa diisi dengan konten tulisan, foto, portofolio, Video, dan produk yang ingin dijual.

Agar website lebih optimal maka membutuhkan optimasi dari sisi kecepatan maupun ranking di mesin pencari. Anda dapat menggunakan dua jenis optimasi, yaitu Optimasi kecepatan dan Optimasi SEO.

Nah itulah cara membuat situs untuk Google AdSense lengkap dan gratis. Dengan menggunakan platform WordPress semoga Anda segera membuat website untuk meningkatkan personal branding dan lainnya. Semoga bermanfaat.

About Admin

Check Also

layanan Google Play telah berhenti

Alasan Mengapa Layanan Google Play Telah Berhenti Dan Cara Mengatasinya

jejakblog – Anda mungkin bingung jika tiba-tiba mendapat notifikasi “layanan Google Play telah berhenti”. Karena …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *