Cara Membuat Blog di WordPress, Belajar Dari Awal sampai Akhir

jejakblog – Cara membuat blog di wordpress bagi pemula banyak dicari. Tapi tidak semua pemula yang belajar sudah memahami bahwa wordpress terbagi menjadi dua. Ada wordpress.com dan wordpress.org. Keduanya berbeda jenis namun sama-sama wordpress blog. Lantas, yang mana jenis terbaik untuk dijadikan bahan belajar cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang.

WordPress adalah platform yang selain digunakan belajar ngeblog, bisa juga belajar cara membuat website. Aplikasi ini bersifat open source dengan basis CMS (Content Management System). Dengan begitu maka pengguna wordpress dapat memodifikasi blog maupun website mereka sesuka hati. Memang dari awal kemunculannya, WordPress  bervisi untuk memasyarakatkan website dan blog.

Cara Membuat Blog di WordPress Dari Belajar Awal sampai Akhir

Cara Membuat Blog di WordPress

Walaupun sebenarnya ada alternatif cara membuat blog di blogspot, namun WordPress menawarkan kebebasan modifikasi yang lebih banyak. Tak heran jika orang-orang menyukai aplikasi yang dibangun sejak 2003 oleh Matt Mullenweg dan Mike Little ini. WordPress sendiri dibuat menggunakan database MySQ dengan bahasa PHP. Lisensinya dipegang GPLv2.

Cara Membuat Blog Lewat Localhost

Cara pertama ini mengharuskan Anda install localhost di laptop. Baru kemudian jika blognya sudah jadi, Anda dapat memindahkan ke hosting. Menginstall localhost tidak harus bergantung pada keberadaan internet. Yang penting, komputer Anda sudah memiliki XAMPP atau LAMP saja, langsung bisa mengikuti langkah berikut:

  1. Download file WordPress di https://wordpress.org/download/. Jika sudah selesai proses unduhnya, lakukan unzip file.
  2. Caara membuat wordpress gratis 2020 selanjutnya adalah memastikan komputer Anda sudah memiliki web server, MySQL dan php. Jika komputer Anda adalah komputer Windows, Anda dapat menggantinya dengan XAMPP. Kalau sudah, Anda silahkan membuat database dulu. Semua data username, kata sandi dan database harus dicatat, ya.
  3. Letakkah folder WordPress yang tadi didapatkan di langkah pertama dan sudah di-unzip. Jika sudah punya, pakai saja LAMPP atau XAMPP. Sebelum melakukan ini, pastikan MySQL dan Apache-nya sudah aktif. Jika Anda menggunakan XAMPP, masukkan ke C:\xampp\htdocs.
  4. Bukalah browser Anda dan masuk ke http://localhost/nama_folder_wordpress. Apabila masih di mode default tanpa perubahan, alamatnya masih http://localhost/wordpress. Jika sudah, tekan pada ‘create a configuration file’ dan lanjut klik ‘let’s go.’ Setelah itu, tuliskan nama database, username dan kata sandi yang tadi sudah Anda catat. Database host-nya boleh diisi ‘localhost.’ Baru kemudian submit lalu run.
  5. Mulai mengelola website dengan cara menentukan nama blog, username dan kata sandi untuk wordpress. Setiap Anda perlu memasukkan email, pastikan hanya alamat email aktif saja yang didaftarkan. Jika sudah lengkap isiannya, mulai install dengan mengklik tombolnya.
  6. Tunggu hingga proses instalasi selesai dan baru Anda dapat melakukan login menggunakan username serta kata sandi yang tadi sudah Anda buat.
Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy A10S : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Cara Membuat Blog Lewat Softaculous Apps Installer

Cara ini mewajibkan Anda memiliki hosting dan domain terlebih dahulu. Ini adalah syarat dasar untuk bisa menginstall WordPress lewat cPanel Hosting. Cara kedua ini termasuk lebih mudah daripada menggunakan localhost. Softaculous sendiri adalah sebuah autoinstaller dalam hosting. Fungsinya untuk memudahkan proses instalasi bermacam-macam CMS maupun aplikasi web dan blog yang sifatnya open source. Nantinya, aplikasi Anda akan terinstall otomatis dan Anda tidak usah melakukan instalasi manual yang panjang. Jadi, langsung saja kita belajar cara membuat blog di WordPress via softaculous berikut:

  1. Syarat pertama sebelum menggunakan alat bantu install ini, Anda sudah harus memiliki domain dan hosting.
  2. Kalau sudah, maka Anda dapat masuk ke cPanel Hosting. Di sana Anda perlu mencari softaculous apps installer.
  3. Setelah loading selesai, halaman akan membuka dashboard softaculous. Tulis ‘Wordpress’ di kolom pencariannya.
  4. Jika sudah ditemukan WordPressnya, klik ‘Install Now.’
  5. Anda perlu mengisi beberapa konfigurasi dan identitas blog Anda nanti. Biasanya meliputi nama blognya, kata sandi, domain dan username, bahasa yang digunakan hingga alamat email.
  6. Kalau sudah selesai, proses instalasi akan dilanjutkan. Tunggu hingga selesai.
Baca Juga:  Mengenal Google Ads Wordpress dan Cara Daftarnya Agar Diterima

Cara Membuat Blog Lewat Instant Deploy DomaiNesia.

DomaiNesia memiliki fitur Instant Deploy di mana Anda boleh memilih WordPress ketika memesan hosting dan domain. Yang perlu Anda lakukan hanyalah membayar DomaiNesia secara lunas. Kalau suda, WordPress Anda sudah siap dikelola. Cara membuat website dengan wordpress bagi pemula juga bisa dibantu oleh Instant Deploy. Keberadaan instant deploy akan sangat meringankan orang-orang yang tidak paham bahasa pemrograman. Pembuatannya kurang dari lima menit sesuai langkah berikut:

  1. Ketik https://www.domainesia.com/apps/ di browser dan masuklah ke sana.
  2. Pencet ‘blog’ kemudian klik ‘Wordpress.’ Lalu klik lagi ‘activate.’

Sebagai catatan, jika menggunakan instant deploy, Anda tidak perlu punya hosting dan domain dulu. Domain dan hosting sudah disediakan otomatis, berbarengan dengan WordPress. Sehingga, yang perlu Anda lakukan adalah memilih paket yang mana yang diinginkan. Biasanyanya, sudah tercantum harga di situ.

  1. Cara membuat blog di wordpress melalui instant deploy yang ketiga adalah menulis username beserta kata sandi. Menuliskannya di halaman login admin. Masalah pengaturan blog dan sejenisnya sudah di-set secara otomatis.
  2. WordPress Anda sudah jadi. Sekarang, Anda bisa mulai belajar cara membuat wordpress menarik. WordPress yang sudah jadi ini akan aktif apabila Anda sudah membayar sejumlah biaya yang tertera. Baru kemudian Anda bisa mengelola WordPress secara kustom. Anda bisa mengganti tema dan settingan apapun yang tadi sudah dibuat otomatis oleh instant deploy.
Baca Juga:  5 Cara Riset Keyword dengan Copy Paste dari Website

Mengelola Blog WordPress

Pengelolaan lanjutan yang dimaksud disini bukanlah pengaturan tampilan atau segala konfigurasinya. Anda sudah tahu bagaimana cara membuat blog di wordpress, tetapi tidak tahu bagaimana mengisinya, akan percuma. Setelah berhasil membuat blog, pastikan Anda lanjut belajar:

  • Menentukan niche blog

Niche maksudnya adalah pangsa pasar. Blog yang fokus membahas satu topik tulisan atau isu akan lebih mudah meroket daripada blog gado-gado. Ini karena orang merasa dimudahkan, jika akan mencari tulisan tentang agama berarti harus ke blog A, kalau pembahasan politik ke sini dan seterusnya.

Jika nanti sudah ditentukan, maka Anda pun harus fokus mengangkat isu tersebut. Blog Anda memiliki visi. Misalnya visinya adalah mendobrak pemikiran konvensional. Maka, Anda juga harus fokus menulis hal-hal tabu dari sudut pandang lain.

  • Menambah Jejaring

Ketika sudah memiliki blog dan mengisinya dengan rutin, bukan cara membuat website yang perlu Anda pelajari. Pastikan jejaring Anda bertambah. Cobalah memperbanyak berkunjung ke blog orang lain dan meninggalkan jejak untuk pemiliknya.

Itulah tadi cara membuat blog di WordPress. Anda boleh saja menggunakan platform blogging lagi. Namun, keutamaan WordPress yang membebaskan Anda melakukan kustomisasi akan membantu Anda dalam pengelolaan blog ke depan. Ketika Anda meminta bantuan orang lain untuk mengelola pun, Anda akan terbantu karena WordPress biasanya memiliki tampilan yang lebih mudah digunakan orang awam. Sehingga, meskipun baru pertama posting di blog, mereka cepat bisa.

About Admin

Check Also

6 Tutorial Cara Convert Excel Ke Word dengan Mudah

jejakblog – Cara convert Excel ke Word perlu diketahui karena terkadang dalam melakukan pekerjaan, perlu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *