Beginilah Cara Membersihkan File Sampah Di PC, Perhatikan!

jejakblog – Cara membersihkan file sampah di PC penting diketahui oleh penggunanya. Hal ini menjadi penting karena jika sampah-sampah tersebut tidak dibersihkan, akan mengganggu kinerja PC yang dimiliki. PC akan menjadi lamban, akibatnya transfer data berlangsung dalam waktu lama. Jika dibiarkan, lama-kelamaan PC akan mengalami macet, bahkan mati total.

Umumnya sampah-sampah dalam PC ini dapat berupa file yang digunakan windows untuk mengoptimasi kinerja PC atau laptop. File sampah ini terjadi saat pengguna mengoperasikan komputernya untuk memutar video, musik, atau berselancar di internet. Dengan rutin membersihkan sampah-sampah ini, kinerja komputer akan menjadi ringan karena tidak terbebani file yang tak berguna.

Cara membersihkan file sampah di PC

Jenis-jenis File Sampah Di PC

Sampah-sampah yang dapat ditemukan menumpuk pada PC ini cukup beragam. Hal ini juga disebabkan oleh banyaknya program dan aplikasi yang dapat dioperasikan pelalui komputer pribadi tersebut. File-file sampah tersebut bahkan dapat ditemui tersembuyi pada folder-folder yang ada. Berikut ini adalah jenis-jenis file sampah yang dapat ditemui di PC.

1. Sampah Aplikasi Yang Dicopot Pemasangannya (uninstall)

Adakalanya sebuah aplikasi tidak diperlukan untuk terpasang lagi di komputer kita. Hal ini kadang terjadi karena memang aplikasi tersebut sudah tidak sering digunakan, atau ada aplikasi lain yang sejenis dan lebih baik kinerjanya. Oleh sebab itu, aplikasi tersebut akan dicopot pemasangannya. Namun, setelah itu perlu cara membersihkan file sampah di PC karena aplikasi yang di-uninstall itu masih meninggalkan file sampah.

Baca Juga:  11 Cara Menghemat Baterai Xiaomi yang Mudah dan Ampuh

2. File Sampah Yang Ada Pada Recycle Bin

Seringkali beberapa file menjadi sudah tidak diperlukan lagi. dalam hal ini, agar tidak membebani komputer, file-file tersebut perlu dihapus. Selain agar komputer lebih ringan, setelah dihapus, akan tersedia ruangan untuk file baru. Namun, perlu memahami cara menghapus file sampah di komputer karena meskipun telah terhapus, file tersebut masih ada dan menumpuk di recycle bin.

3. File Cache

Saat membuka aplikasi atau menjalankan suatu program, komputer akan membuat suatu file yang bersifat semntara untuk efisiensi kinerjanya. File-file inilah yang dinamakan cache. Meskipun memiliki fungsi untuk memaksimalkan kinerja komputer, file ini akan menumpuk dan menjadi sampah yang membebani. Sehingga harus rutin melakukan cara membersihkan file sampah di PC agar cache tidak mengganggu.

Cara Membersihkan File Sampah Di PC Dengan Berbagai Metode

Bayangkan jika rumah tidak pernah dibersihkan. Pasti di dalamnya terdapat banyak sampah yang menggunung. Tak jarang, sampah tersebut membuat sulit meletakkan barang baru. Begitu juga yang terjadi pada komputer yang tidak pernah dibersihkan dari file sampah. Bisa jadi file baru akan sulit untuk diterima. Ada beberapa cara untuk membersihkan file-file sampah tersebut. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Memanfaatkan Fitur Run Pada Komputer

Windows menyediakan sebuah software bawaan yang dapat digunakan untuk mengatasi file sampah yang menumpuk ini. Sayangnya, tak banyak orang yang memanfaatkannya dengan baik. Fitur yang digunakan membersihkan sampah ini bernama Run. Cara membersihkan file sampah di PC secara manual dengan menggunakan fitur ini adalah sebagai berikut.

  • Mengaktifkan fitur run dengan menekan tombol windows bersamaan dengan huruf R pada papan ketik.
  • Kemudian akan muncul kolom dialog pada layar
  • Isi kolom open dengan mengetikkan kata temp, kemudian klik OK
  • Akan muncul folder Temp, pilih semua folder tersebut
  • Tekan kembali tombol Windows+R pada keyboard, kemudian hapus seluruh file yang ada di situ
  • Kosongkan recycle bin
Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy M51 : Fitur, Keunggulan dan Harganya

2. Menghapus File Sampah Menggunakan Disk Cleanup

Selain dengan fitur Run, membersihkan file sampah di komputer juga dapat dilakukan melalui disk Cleanup. Cara membersihkan file sampah di PC Windows 10 melalui metode ini dapat dilakukan dengan dua cara. Pada cara pertama, ketik disk cleanup pada fitur search. Kemudian, pilih drive C karena banyak sampah yang menumpuk di situ. Kemudian centang file sampah yang muncul dan klik OK.

Selain itu ada cara membersihkan file sampah di PC menggunakan metode yang kedua. Langkah awal adalah membuka file explorer, kemudian pilih this PC. Sorot drive C, kemudian klik kanan. Langkah selanjutnya adalah klik pada menu properties. Setelah itu jendela properti akan terbuka. Di sana terdapat tombol untuk disk cleanup. Klik tombol tersebut untuk menghapus. Langkah terakhir adalah klik OK.

3. Membersihkan File Sampah Dengan Aplikasi AVG Tune Up

Aplikasi ini dapat mengoptimalkan performa kinerja windows dan juga menghemat penggunaan daya baterai melalui fitur yang dimilikinya. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur cara membersihkan file sampah di PC. Pembersihan file sampah dapat dilakukan secara rutin dengan fitur yang ada pada aplikasi ini. Dengan demikian, komputer menjadi ringan karena tidak ada sampah yang menumpuk.

Cara penggunaan aplikasi ini untuk membersihkan file sampah cukup mudah. Langkah pertama adalah menginstalnya di PC. Kemudian, setelah aplikasi ini berhasil diinstal, sudah dapat mulai menggunakannya dengan membukanya untuk mulai memiliki tindakan. Pilih free up space pada pilihan tindakan untuk mengaktifkan scanning. Setelah proses pemindaian selesai, klik show pada system cache & log, klik clean.

4. Membersihkan File Sampah Dengan Aplikasi Ccleaner

Selain dapat dilakukan secara manual, cara menghapus file sampah di laptop juga bisa menggunakan aplikasi. Adapun aplikasi yang banyak digunakan adalah Ccleaner. Aaplikasi yang telah cukup lama hadir, yaitu sejak diluncurkan tahun 2003 ini telah banyak digunakan pengguna komputer. Cara pengoperasiannya dinilai cukup mudah dan dapat diandalkan.

Baca Juga:  Deretan Aplikasi untuk Merekam Layar PC, Youtuber Harus Tahu!

Cara membersihkan file sampah di PC menggunakan aplikasi ini adalah dengan menginstall aplikasi tersebut pada laptop. Setelah terinstall, yang perlu dilakukan adalah membuka aplikasi dan mengaktifkannya dengan melakukan klik pada tombol run Ccleaner. Lakukan konfirmasi dan klik tombol continue. Selama proses berjalan, perlu dilakukan konfirmasi untuk setiap file yang akan dibersihkan.

5. Membersihkan File Sampah Dengan Revo Uninstaller

Membersihkan file sampah di PC memang akan terasa lebih mudah jika menggunakan aplikasi. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan selain yang telah disebutkan sebelumnya adalah RevoUninstaller. Dengan menggunakan aplikasi ini, sampah yang tersisa saat mencopot pemasangan program akan terdeteksi otomatis, sehingga dapat langsung dihapus.

6. Menghapus File Sampah Yang Tersisa Dengan Software Storage Sense

Membersihkan file sampah juga bisa dilakukan dengan menggunakan software Storage Sense yang terdapat pada windows 10. Cara membersihkan file sampah di PC dengan menggunakan software ini adalah melakukan uninstall program melalui panel kontrol seperti biasa. Kemudian, buka software storage sense, dengan klik pada Settings > System > storage.

Langkah berikutnya adalah menekan tombol agar berubah menjadi On pada Storage Sense untuk mengaktifkannya. Kemudian, klik configure storage sense or run it now, lalu tekan clean now. Dengan melakukan langkah ini, proses pembersihan akan dijalankan. Tunggu beberapa waktu selama proses ini berjalan hingga selesai, maka sampah akan berhasil disingkirkan dari komputer.

Itulah tadi cara membersihkan file sampah di PC  secara manual maupun menggunakan aplikasi. Perlu diingat bahwa membersihkan file sampah pada PC ini harus menjadi rutinitas berkala. Hal ini bertujuan untuk memastikan tidak ada file sampah yang tersisa dan menghambat kinerja komputer. Dengan demikian, tidak ada lagi komputer melambat akibat terbebani file sampah yang menumpuk.

About Admin

Check Also

Cara Flash HP Samsung

2 Cara Flash HP Samsung Dengan Gampang dan Persiapannya

jejakblog – Cara Flash HP Samsung dengan gampang asal tahu permasalahan atau kendala pada Smartphone. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *