7 Trik Mudah Cepat Cara Memasang Iklan di Google

jejakblog – Cara memasang iklan di Google sangat perlu diketahui para pelaku bisnis. Perkembangan bisnis yang signifikan sangat ditentukan oleh berbagai hal. Salah satunya adalah promosi yang gencar, tepat sasaran, dan pastinya konsisten. Bila ketiga hal ini tidak dilaksanakan, kemungkinan besar bisnis tidak sukses dan bertahan lama.

Untungnya sekarang, dalam hal promosi sangat mudah. Di zaman yang serba internet, para pelaku bisnis yang paham akan pentingnya promosi pasti akan menggunakan promosi melalui Google. Bagi yang belum paham caranya, dapat disimak dalam pembahasan artikel berikut ini tentang cara memasang iklan di Google.

Cara memasang iklan di Google

Persiapan

Secara umum, ada beberapa hal utama yang sebaiknya dipersiapkan oleh pemasang iklan agar iklan yang dipasang tidak sia-sia. Berikut cara pasang iklan di Google sehingga pengeluaran yang dianggarkan bermanfaat untuk pengembangan bisnis selanjutnya:

  • Tujuan Beriklan

Mengapa harus ada tujuan saat akan beriklan? Tentu saja, dengan menetapkan tujuan yang akan dicapai, maka treatment yang dilakukan akan berbeda. Langkah-langkah selanjutnya akan berbeda berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan.

Umpama menginginkan agar customer baru berdatangan dari berbagai daerah, bukan hanya customer di sekitar lokasi bisnis. Atau tujuannya agar mereka yang belum mengenal produk yang ada mengunjungi website atau media sosial pemasang iklan. Itulah kira-kira beberapa tujuan yang dapat diterapkan. Semua tergantung kebutuhan.

  • Lokasi Iklan Ditampilkan

Cara memasang iklan di Google harus diperhatikan agar iklan dapat tepat ditampilkan di layar calon konsumen di tempat yang diinginkan. Perlu diingat lokasi yang dipilih harus disesuaikan dengan produk yang dihasilkan. Jangan sembarang memilih lokasi.

  • Keyword yang Tepat

Penggunaan keyword yang tepat merupakan salah satu kunci keberhasilan iklan ditemukan oleh calon konsumen. Melakukan riset terlebih dahulu agar cara memasang iklan di Google yang menyertakan kata kunci yang banyak dicari lebih kena sasaran.

  • Budget

Selalu gunakan budget seperlunya. Jangan terlalu jor-joran di awal karena kita tidak pernah tahu hasil yang akan didapatkan dengan banyaknya biaya yang dikeluarkan. Sebaiknya lakukan peningkatan perlahan-lahan setelah terbukti hasilnya memang membawa keuntungan yang cukup baik.

Baca Juga:  4 Perbedaan Xiaomi Mi4i dan Mi4C dilengkapi Spesifikasinya

Cara Pemasangan Iklan Di Google

Setidaknya ada 12 langkah cara membuat iklan di Google adsense yang perlu dipahami ketika melakukan pemasangan iklan di Google. Yaps, langsung saja ke langkah-langkahnya. Perhatikan baik-baik, pahami, ini tidak sulit kok.

  • Bukalah Tab Baru Google Ads

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka laman Google Ads. di sinilah awal mula cara memasang iklan di Google.

  • Pilih tombol “Mulai Sekarang”

Tahap selanjutnya dengan memilih tombol Mulai Sekarang atau Start Now bila menggunakan Bahasa Inggris. Sungguh langkah selanjutnya tidak akan menyulitkan para pembuat iklan. Google telah merancangnya sedemikian rupa, sehingga memudahkan semua pihak.

  • Tetapkan Campaign Yang Sesuai

Ada beberapa pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemasang iklan. Google menyediakan pilihan Product dan Brand Consideration, Leads, App Promotion, Brand Awareness and reach, dan Sales. 

Bila ternyata pilihan yang di atas tidak ada yang sesuai dengan tujuan pemasang iklan, Google menyediakan satu pilihan lagi. Pilihan tersebut adalah Create a campaign without a goal’s guidance. Pilihan terakhir dapat dipilih oleh pemasang iklan yang mungkin masih bingung pilih yang mana, maupun memang punya tujuan lainnya.

  • Sesuaikan Jenis Tampilan Google Sesuai Keinginan

Cara memasang iklan di Google gratis di Google memiliki beberapa tampilan yang dapat dipilih oleh pemasang iklan. Setidaknya ada 5 jenis yang dapat dijadikan pilihan. Yang pertama adalah Universal App Campaign. In merupakan jenis iklan yang diperuntukan bagi pemasang iklan yang hendak mempromosikan suatu aplikasi.

Baca Juga:  Penyebab dan Cara Membuka YouTube yang Diblokir Server

Shopping Ads merupakan iklan yang menampilkan aneka informasi yang dibutuhkan mengenai produk yang diiklankan. Informasi yang tercantum diantaranya adalah nama penjual, foto produk, harga produk, serta informasi lainnya yang dibutuhkan oleh calon konsumen.

Video Ads adalah iklan berbentuk video. Video iklan ini ditemui contohnya ketika seseorang sedang membuka sebuah video di YouTube. 

Display Ads adalah kemunculan iklan yang dapat dilihat saat membuka suatu website. Nah tampilan tersebut telah disesuaikan dengan keyword, lokasi, juga minat calon konsumen. Jadi banyak pertimbangan yang menyesuaikan dengan produk yang diiklankan.

Search Ads yaitu iklan yang tampil saat seorang pengguna internet mencari sesuatu yang dibutuhkannya dengan keyword tertentu.

Cara Memasang Iklan di Google

Setelah mengetahui jenis iklan yang ada, maka cara memasang iklan di Google ini dapat dipilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan. Lalu pilih tombol “Lanjut”.

  • Masukan Target Lokasi dan Pilih Bahasa Yang Sesuai

Selanjutnya yang cukup menarik adalah pemilihan lokasi dimana iklan ingin ditampilkan. Google cukup detail memberikan pilihan pada penggunanya. Itulah sebabnya hal ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Bila lokasi sesuai, maka diharapkan keuntungan berlipat akan didapatkan dari penjualan.

  • Target Market Yang Dipilih

Cara memasang iklan di Google juga dapat disesuaikan target market yang dituju. Cukup banyak pilihan yang sangat detail yang bisa dipilih oleh pemasang iklan.

  • Budget Per Hari

Ini dia satu hal yang sering menjadi pertimbangan para pemasang iklan. Pastinya setiap pemasang iklan ingin sekali menggunakan banyak budget per hari. Pasalnya dengan semakin banyak budget yang dikeluarkan, dipercaya keuntungan akan lebih seimbang alias lebih banyak.

  • Penentuan Bidding

Cara memasang iklan di Google selanjutnya dengan menentukan bidding yaitu biaya per klik. Semakin tinggi budget maka semakin banyak kemungkinan iklan akan diklik. Namun sayangnya cara ini kurang efektif bagi mereka dengan budget terbatas ya.

Baca Juga:  Dijamin Berhasil! Begini 4 Cara Menyimpan Kontak Di Google

Google juga memiliki kebijakan sendiri yang mempertimbangkan berbagai hal agar pemasang iklan merasa puas dengan budget yang telah digelontorkan. Jadi pemasang iklan dapat mempercayakan pada Google saja tarif bidding.

  • Informasi Tambahan Yang Diperlukan

Agar suatu bisnis lebih dikenal, maka seseorang bisa memasukan berbagai informasi tambahan yang membuat bisnis menjadi terlihat lebih dipercaya. Informasi yang lengkap akan membuat calon konsumen lebih yakin dengan sang pemasang iklan. Akibatnya kemungkinan terjadinya penjualan akan lebih tinggi.

  • Memasukan Keyword 

Google menyarankan beberapa pilihan keyword yang mungkin sesuai dengan bisnis kamu. Jangan khawatir, Google cukup cerdas dalam memberikan pilihan terbaik. Sebaiknya memang dilakukan riset terlebih dahulu.

  • Membuat Tampilan Iklan

Selanjutnya sampailah pada langkah yang ditunggu yaitu tampilan iklan yang menarik buat calon konsumen. Isi sesimple dan sepadat mungkin informasi yang dibutuhkan sehingga yang membacanya tertarik dengan sedikit kata-kata saja.

  • Detail Penagihan Yang Akan Digunakan

Tahap terakhir adalah mempersiapkan alamat penagihan sesuai dengan data pembuat iklan. Jangan lupakan negara serta zona waktu serta mata uang yang digunakan untuk pembayaran. Juga pilih info pelanggan seperti “individu”, masukan informasi pajak atau NPWP, alamat, dan kode pos.

Cara memasang iklan di Google di atas merupakan cara mudah mempromosikan bisnis. Dengan melibatkan Google dalam bisnis, tentunya akan membantu suatu usaha lebih dikenal. Tidak terbatas tempat, bahkan di pelosok pun, bila memperhatikan teknik dan cara beriklan yang baik, maka siap-siap omset akan meledak.

About Admin

Check Also

Cara Isi Tinta Canon IP2770

Mudah! Begini Cara Isi Tinta Canon IP2770 Sendiri

jejakblog – Cara isi tinta Canon IP2770 merupakan hal yang penting diketahui terutama bagi orang-orang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *