Bingung Cara  Memasang Iklan di Google Ads yang Mudah? Simak Yuk!

Jejakblog – Google telah menjadi mesin perangkat pencarian dengan peringkat tinggi dibandingkan dengan mesin pencarian yang lain. Saat ini Google tidak hanya dimanfaatkan untuk mencari informasi saja. Perlahan Google dapat menjadi salah satu media memasang iklan dengan cara memasang iklan di Google Ads.

Menggunakan tools ini, siapapun bisa memasang iklan di hasil pencarian google dengan menggunakan kata kunci yang relevan. Bisa pula menjadi peluang untuk mendapatkan banyak klien. Oleh sebab itu jasa iklan Google ini sangat membantu peningkatan pertumbuhan.

cara memasang iklan di Google Ads

Ini Dia Cara Pasang Iklan di Google Ads Paling Mudah

Sebelum memasang iklan di Google Ads terdapat beberapa hal yang perlu disiapkan. Termasuk salah satunya adalah memiliki website sendiri. Nah, bagaimana cara pasang iklan di Google Ads? Simak penjelasan rincinya di bawah ini;

1. Persiapan Penting Sebelum Memasang Iklan

Seperti penjelasan di atas, sebelum memasang iklan di Google Ads ada beberapa hal penting yang harus disiapkan terlebih dahulu. Tentunya persiapan ini harus dilakukan dengan matang agar nantinya iklan yang ditayangkan tidak menyalahi aturan yang dibuat oleh Google. Berikut adalah persiapannya;

  • Menentukan Tujuan Iklan

Langkah pertama cara memasang iklan di Google Ads yang perlu dipersiapkan sebelum memasang iklan di Google Ads adalah menentukan satu tujuan yang jelas.

Persiapan ini sangat penting untuk diperhatikan karena banyaknya kesalahan yang dilakukan oleh para pebisnis karena tidak adanya tujuan dalam memasang iklan.

Akhirnya banyak yang beranggapan bahwa pasang  iklan di Google   bukan hal yang penting, boros biaya dan tidak efektif. Salah satu tujuan yang dapat dijadikan acuan adalah untuk mendorong lebih banyak orang untuk datang ke website atau toko online yang dijalankan.

  • Tentukan Tempat Untuk Beriklan

Cara memasang iklan di Google Ads bagi seorang pemula tidak akan menunjukkan kesulitan yang berarti apabila mau bersabar dan tidak menyerah dalam melakukan segala prosesnya.

Baca Juga:  7 Cara Menghasilkan Uang Dari Google, Dapat Penghasilan Walau Dirumah!

Google Ads dapat dikatakan sebagai tempat memasang iklan yang efektif karena memungkinkan kamu untuk memilih lokasi tempat iklan yang akan ditampilkan.

Jangkauannya yang luas juga menjadi keuntungan tersendiri. Dengan menentukan tempat beriklan akan lebih mudah untuk mendapatkan calon klien yang tepat agar iklan memiliki performa yang bagus. Menambahkan secara detail seperti kota juga akan lebih bagus lagi.

  • Riset Kata Kunci

Menargetkan kata kunci dalam cara memasang iklan di Google Ads yang tepat untuk iklan bahkan telah menjadi salah satu faktor keberhasilan bisnis.

Terlebih dahulu kamu harus melakukan riset untuk menemukan kata kunci yang tepat serta kata kunci yang banyak digunakan orang. Tools yang bisa digunakan untuk bantuan misalnya Google suggest atau KWFinder.

  • Tentukan Anggaran Biaya

Langkah terakhir sebelum mengetahui cara memasang iklan di Google Ads adalah menyiapkan atau menentukan biaya yang akan dikeluarkan. Anggaran beriklan di Google Ads ini sangat fleksibel. Bisa ditentukan berdasarkan besarnya bisnis, profit dan ketersediaan anggaran.

Perlu diingat, bahwa semakin banyak budget, semakin banyak kunjungan, maka akan semakin besar pula peluang untuk jumlah penjualan. Menentukan budget, harus pula menentukan waktu tayang iklan, karena budget harian didapat dari jumlah budget dibagi dengan jumlah waktu tayang iklan.

2. Cara Pasang Iklan di Google Ads

Cara memasang iklan di Google Ads lebih detailnya akan dijelaskan di bawah ini setelah persiapan yang dibutuhkan sebelum memasang iklan selesai. Agar proses memasangnya tidak ada yang terlewat, sebaiknya step berikut tidak ada yang terlewat;

  • Langkah pertama memasang iklan di Google ads dengan mudah adalah membuka Google Ads terlebih dahulu. Namun, sebelum itu harus mendaftar dan memiliki akun di tools tersebut.
  • Klik mulai sekarang untuk melanjutkan langkah selanjutnya. Lalu masukkan tujuan campaign. Biasanya Google menyediakan beberapa tujuan campaign, misalnya saja untuk meningkatkan penjualan produk, jumlah klien dan promosi aplikasi.
  • Pilih jenis tampilan Google Ads dan klik continue. Google Ads menyediakan tampilan yang beragam untuk dapat digunakan dalam cara memasang iklan di Google Ads. Tampilan tersebut antara lain search ads, display ads, shopping ads, video ads, universal APP campaign.
  • Tinggal pilih salah satu jenis tampilan iklan yang sesuai dengan tujuan iklan. Jangan lupa untuk memasukkan nama website sebelum menekan tombol continue.
  • Pilih target lokasi dan bahasa yang digunakan. Karena yang menggunakan Google Ads dari seluruh negara tentu lokasi dan bahasa yang digunakan berbeda.
Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy A7 : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Jika berada di wilayah Indonesia, pilih negara dan bahasa Indonesia. Pemilihan ini juga akan memudahkan untuk proses pembayaran nanti, karena disesuaikan dengan mata uang negara tersebut.

  • Tentukan target audiens, karena Google menyediakan fitur untuk menentukan target audiens yang disesuaikan dengan bisnis sebuah perusahaan.
  • Menentukan anggaran harian. Cara memasang iklan di Google Ads ini harus mengisi nominal anggaran harian. Anggaran ini bergantung dari biaya per klik per kata kunci dan jumlah klik yang di dapat dalam satu hari.
  • Tentukan bidding, yaitu biaya yang akan dikeluarkan atau harga sekali klik ikan. Terdapat dua pilihan pada step cara memasang iklan di Google Ads ini. Pertama, Google yang akan menentukan sendiri nilai per klik.
Baca Juga:  6 Cara Mengisi Situs Di Google AdSense Gampang dan Simpel. Yuk, Coba!

Kedua, mengisi sendiri nominal yang akan dibayarkan. Perlu diingat, jika nominal terlalu rendah, maka kemungkinan kecil iklan tidak akan muncul. Sebaliknya, jika tinggi akan menghabiskan anggaran.

  • Tambahkan informasi lain tentang bisnis yang digeluti. Tujuannya adalah untuk meningkatkan lebih banyak jumlah klik, misalnya seperti media sosial yang digunakan, nomor telpon atau lokasi perusahaan. Kemudian, klik save and continue.
  • Masukkan kata kunci yang akan digunakan, karena Google juga akan memberikan beberapa kata kunci yang relevan dengan bisnis yang digeluti. Lalu klik tombol save and continue untuk melangkah ke tahap selanjutnya.
  • Isi beberapa kolom yang telah disediakan oleh Google untuk membuat judul dan deskripsi iklan untuk membuat tampilan iklan. Lalu klik save and continue dan bisa meneruskan ke langkah selanjutnya.
  • Siapkan detail penagihan. Pada tahap terakhir cara memasang iklan di Google Ads, umumnya akan diminta untuk memasukkan detail penagihan pembayaran.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu negara dan zona waktu, info pelanggan, cara pembayaran, metode pembayaran dan centang persetujuan.

Secara otomatis perusahaan akan menerima form rekening tagihan iklan. Selanjutnya tinggal transfer sesuai dengan anggaran harian yang telah ditentukan pada awal pembuatan iklan.

Misalnya biaya anggaran cara memasang iklan di Google Ads adalah Rp. 100.000/hari dan ingin menampilkan iklan 7 hari, maka biayanya adalah Rp. 700.000.

Begitu pembayaran tagihan selesai, maka otomatis iklan akan tayang jika telah mendapat persetujuan. Iklan akan tayang sesuai dengan waktu yang telah disepakati.

Itulah beberapa cara memasang iklan di Google Ads yang mungkin masih belum banyak orang yang mengetahuinya. Semoga dengan adanya informasi di atas akan semakin banyak yang tertarik untuk memasang iklan nantinya.

About Admin

Check Also

Cara unlock iPhone

Inilah 3 Cara Unlock iPhone, Sudah Tahu?

jejakblog – Cara unlock iPhone menjadi salah satu hal penting yang sangat wajib dipahami oleh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *