Tutorial Simple Cara Memasang Iklan Adsense Di Youtube 

jejakblog – Cara memasang iklan adsense di youtube sebenarnya cukup simpel dan mudah. Hanya saja faktor ketidaktahuan yang membuat segala sesuatunya menjadi sulit. Berbicara mengenai iklan adsense, maka yang pasti terlintas adalah tentang bagaimana kita mampu menghasilkan sejumlah uang dari google.

Di zaman milenial seperti sekarang ini, generasi muda produktif lebih cenderung memberdayakan diri melalui gadgetnya. Hal ini tentu bukan lagi hal yang baru. Pasalnya hampir seluruh waktunya dialokasikan dan mengakrabkan diri dengan berbagai jenis aplikasi dan situs yang ada di internet. Tidak terkecuali dengan youtube.

Cara memasang iklan adsense di youtube

Cara Memasang Iklan Adsense Di Youtube

Youtube merupakan sebuah situs web yang menyediakan fasilitas untuk berbagi video. Diciptakan oleh tiga orang mantan pegawai Paypal pada februari 2005. Hingga kini, youtube menjadi sebuah situs web terbesar dengan total pendapatan yang dikantongi pada tahun 2020 mencapai 20 miliar USD.

Sementara itu google adsense merupakan sebuah program kerjasama periklanan yang ditawarkan oleh pihak google, kepada masyarakat umum. Cara kerjanya, yakni dengan mencocokkan iklan yang akan ditayangkan dengan isi konten video yang ditayangkan. Nantinya, iklan ini akan dibayar oleh yang melihat dengan hitungan per klik.

Tutorial Memasang Adsense Di Youtube

Setelah paham dengan keduanya, maka berikut ini akan mulai dibahas tentang cara memasang iklan adsense di youtube. Berikut tutorialnya yang telah dirangkum secara simpel dan mudah dipraktekkan.

  1. Pastikan bahwa kamu telah menjadi user youtube, kemudian login di akun yang akan dipasang adsense.
  2. Setelah login, buka bagian profil akun, dan pilih menu pengaturan “Content Creator”. Dibagian ini, nantinya layar akan menampilkan dashboard yang berisi dengan seluruh sistem kendali akun youtube.
  3. Selanjutnya, pilih “Other Features”, lalu pilih “Monetization”. Di tahap ini, setelah mengklik bagian monetization, layar akan langsung menayangkan halaman pendaftaran “Adsense Youtube”.
  4. Kemudian tahapan selanjutnya adalah tentang lembar persetujuan Youtube Partner Program. Disini, hanya perlu memberikan tanda persetujuan saja dengan cara memberikan tanda centang pada kotak kolom yang disediakan. Hanya saja, ada baiknya sebelum mengklik, baca lebih dahulu sebelum memberikan persetujuan.
  5. Lalu setelah itu, dilayar akan langsung menampilkan informasi bahwa akun youtube dengan akun adsense milik anda telah terhubung. Kalau sudah begini, maka tahap selanjutnya hanya tinggal memilah dan pilih video mana saja yang akan di-monetizing.
  6. Terakhir, ketika cara mengaktifkan iklan di youtube telah berhasil dieksekusi. Maka bersiaplah untuk memberikan ulasan review ketika jumlah jam tayang dan subscribers telah memenuhi kualifikasi.
Baca Juga:  6 Tips Promosi Video Youtube Di Google Ads, Simak!

Demikianlah cara memasang iklan adsense di Youtube. Sebenarnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum bisa mengaktifkan iklan adsense di youtube. Hal hal tersebut adalah memastikan bahwa akun youtube yang akan dipasang iklan merupakan akun yang telah terverifikasi.

Syarat Terbaru Untuk Monetizing Video di Youtube

Adapun persyaratan dan cara agar video youtube kita ada iklannya, menurut aturan monetizing terbaru dari youtube, yakni tahun 2021 adalah sebagai berikut :

Berisi Konten Dengan Tema Evergreen.

Per tahun 2021, youtube memperbarui persyaratan dari video yang bisa di-monetize. Hal ini dimaksudkan adalah untuk menghindari semakin banyaknya para youtuber yang membuat konten dengan tujuan hanya mencari popularitas semata.

Inilah yang melatarbelakangi, pihak manajemen youtube memperketat persyaratan cara memasang iklan adsense di youtube. Sementara itu maksud dari tema evergreen adalah tema video yang isi kontennya bermanfaat dan tidak mudah tergerus oleh zaman.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy A9 : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Sehingga harapannya video ini mampu bertahan dan tetap relevan hingga tahun tahun berikutnya. Jika dilihat dari sisi positif, kebijakan baru cara memasang iklan adsense di youtube, sebenarnya memiliki unsur kebaikan. Yakni, pihak manajemen ingin youtube menjadi lebih baik lagi.

Terhindar Dari Komen Spam

Aturan baru selanjutnya, dari syarat suksesnya cara memasang iklan adsense di youtube adalah terhindar dan atau menghindari komentar spam. Hal ini dimaksudkan untuk membuat situasi dan kondisi youtube menjadi lebih damai. Manajemen youtube memberlakukan aturan ini di tahun 2021 dengan tujuan baik.

Mereka ingin youtube terasa lebih damai, aman dan nyaman diakses oleh para user youtube dari berbagai kalangan usia. Terlebih di masa pandemi seperti ini, yang mana hampir kebanyakan anak anak usia pelajar mau tidak mau lebih sering menggunakan youtube dalam proses pembelajaran daringnya.

Nah untuk itu, bagi youtuber yang kedapatan memberikan komentar yang masuk klasifikasi spamming. Maka salah satu resikonya adalah proses pengajuan monetizing video videonya akan ditangguhkan. Selain itu manajemen bahkan bisa saja menolak pengajuan adsense yang dilakukan oleh youtuber tersebut.

Mempunyai 1000 Subscribe

Kemudian syarat dari cara memasang iklan adsense di youtube yang ketiga adalah harus mempunyai 1000 subscriber. Bagi sebagian orang angka 1000 subscriber ini sulit. Namun sesungguhnya apabila video konten yang dibuat dan unggah merupakan video yang bagus. Maka angka 1000 tersebut, pasti bisa diraih.

Mempunyai Jam Tayang sebanyak 4000

Persyaratan terakhir dari cara memasang iklan adsense di youtube adalah memiliki jam tayang sebanyak 4000 kali. Perhitungan jam tayang ini bila disandarkan kepada aturan yang baru. maka dapat dipastikan bisa tercapai dengan baik tanpa drama.

Baca Juga:  Cara Buat Google Adsense Untuk YouTube Bagi Pemula, Mudah Kok!

Sebab pihak manajemen youtube, memberikan kelonggaran jeda waktu yang cukup panjang, yakni 12 bulan. Hitungan ini oleh pihak youtube sudah diperkirakan sebaik mungkin. Sehingga ukuran 12 bulan, merupakan ukuran standar yang mampu digunakan user youtube untuk bisa mencapai batas 4000 jam tayang ini.

Cara Mengecek Status Monetizing Video

Setelah memahami dan mengeksekusi cara memasang iklan adsense di youtube. Maka selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengecek statusnya. Pasalnya pihak manajemen youtube telah melakukan beberapa pembaruan pada tata aturan dalam monetizing video.

Cara mengeceknya mudah sekali, user hanya perlu masuk ke dalam menu studio creator pada akunnya. Posisinya berada di bagian kanan layar, kemudian pilih icon video. Pada halaman ini, user bisa memantau progress tiap tiap video yang telah ter-upload. Nah yang perlu diperhatikan, apabila video yang di upload telah lolos proses verifikasi monetizing. Maka biasanya akan ada simbol dollar berwarna hijau pada video tersebut.

Kalau sudah begini, disarankan bagi user untuk tetap mematuhi aturan yang berlaku. Sebab walau telah lolos verifikasi monetizing, manajemen youtube tetap memantau akun anda. Sehingga apabila kedapatan melakukan pelanggaran, manajemen akan memberikan sanksi. Biasanya bentuk pelanggaran tersebut berupa :

  1. Terdapat dugaan video yang diunggah, merupakan hasil jiplak karya orang lain. Bahkan parahnya adalah membuat ulang tanpa memberikan kredit kepada sumber inspirasi pembuatan video tersebut.
  2. Konten video yang diunggah berisi kekerasan, pornografi, menyinggung isu SARA, dan sejenisnya.

So, untuk semua user youtube mari kita buat atmosfer youtube menjadi lebih baik lagi. Semoga dengan adanya perubahan syarat dari cara memasang iklan adsense di youtube. Hal ini mampu memberikan vibrasi positif bagi seluruh user. Sekian.

About Admin

Check Also

Cara Isi Tinta Canon IP2770

Mudah! Begini Cara Isi Tinta Canon IP2770 Sendiri

jejakblog – Cara isi tinta Canon IP2770 merupakan hal yang penting diketahui terutama bagi orang-orang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *