10 Langkah dan Cara Main Google Ads Untuk Pemula

jejakblog – Google Ads adalah fitur dari Google untuk menampilkan paid search atau iklan yang berbayar di hasil pencarian Google. Cara main Google Ads yang mudah membuat semakin banyak orang memanfaatkannya untuk memasang iklan dan mendapatkan banyak penghasilan dari terpasangnya iklan pada situs, blog  atau website.

Bahkan untuk sebuah situs atau blog semakin banyak iklan yang terpasang, maka akan semakin banyak penghasilan yang akan didapatkan. Tentunya hal ini akan menjadi lahan pendapatan yang menguntungkan.

Cara main Google Ads

Cara Main Google Ads yang Harus Dipahami

Untuk bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dari Google Ads, maka harus paham dahulu tentang cara main Google Ads dari awal hingga akhir. Dengan demikian akan semakin mudah dalam memasang iklan atau mendapatkan iklan pada sebuah blog atau website. Cara mainnya bisa diperhatikan di bawah ini;

1. Buka Google Ads

Langkah pertama cara main dengan mudah Google Ads adalah membuka Google Ads dahulu. Tinggal mengetik kata kunci Google Ads dan akan diarahkan pada halaman utama Google ini.

2. Buat Akun Google

Saat berada di halaman utama, jika belum memiliki akun, tentu saja akan ada perintah untuk membuat akun terlebih dahulu. Akun inilah yang akan terus dipakai saat menggunakan Google Ads. Anda bisa menggunakan akun Google pribadi atau membuat akun Google baru khusus untuk keperluan Google Ads.

3. Tentukan Tujuan

Setelah berhasil login, cara main Google Ads selanjutnya adalah memilih tujuan dari pemasangan iklan. Biasanya terdapat tiga tujuan yang disediakan Google Ads. Anda bisa memilih salah satu yang paling cocok dengan bisnis.

Baca Juga:  5 Cara Mendeteksi Kamera Tersembunyi di Sekitar Kita

4. Pilih Goal

Setelah login ke Google Ads, Anda akan diminta untuk memilih goal dari iklan Anda. Ada tiga pilihan goal yang disediakan dan pilih salah satu yang paling cocok dengan bisnis Anda.

Tujuan pertama bisnis yang banyak dilakukan via telepon. Pilih tujuan ini jika kebanyakan transaksi dilakukan lewat telepon. Tujuan kedua adalah kunjungan toko secara fisik apabila Anda mengelola toko fisik seperti cafe, rumah makan atau jenis usaha lainnya.

Sedangkan tujuan terakhir adalah mengunjungi website, jika transaksi usaha lebih banyak dilakukan melalui website. Pilih tujuan atau goal ini dan pelanggan bisa langsung mengunjungi website Anda.

5. Pilih Jangkauan Lokasi

Cara main Google Ads selanjutnya adalah memilih jangkauan lokasi yang ditargetkan. Anda bebas memilih jangkauan lokasi, baik itu di Indonesia maupun mancanegara. Bahkan lokasi ini bisa disempitkan menjadi kota atau provinsi tertentu.

6. Memilih Kategori

Langkah cara menggunakan Google Adsense satu ini tidak boleh terlupakan, yaitu kategori bisnis yang dikelola untuk memudahkan Google menentukan target audience iklan Anda.

7. Buat Copy Iklan

Langkah membuat copy iklan untuk paid search tidak bisa dilakukan sembarangan, karena Google akan membatasi karakter untuk copy iklan tersebut. Untuk headline iklan maksimal karakter adalah sebanyak 30. Sedangkan isi iklan maksimal 80 karakter. Pastikan iklan dibuat dengan singkat padat, jelas dan tentu menarik.

8. Masukkan Foto

Untuk melengkapi iklan yang dibuat pilih foto terbaik yang menggambarkan bisnis dan promo yang sedang dijalankan. Untuk langkah cara main Google Ads ini bersifat opsional saja.

9. Tentukan Budget

Tentang budget biasanya Google akan menerapkan PPC atau pay per click. Jika iklan Anda tidak diklik, maka tidak perlu membayar. Jadi, iklan hanya terbayar jika iklan diklik oleh target. Cara ini bisa menghemat biaya iklan.

Baca Juga:  5 Cara Membuat Website Untuk Google Adsense Lengkap dan Mudah!

Estimasi biaya ini bebas penetapannya. Untuk yang pertama kali menggunakan Google Ads, sebaiknya pilih estimasi biaya terkecil. Apabila performa iklan menunjukkan hasil yang maksimal, estimasi biaya bisa ditingkatkan.

10. Tentukan Metode Pembayaran

Untuk metode pembayaran cara main Google Ads cukup beragam. Bisa dibayar menggunakan kartu kredit atau transfer bank. Jadi, walaupun tidak memiliki kartu kredit, Anda tetap bisa memanfaatkan layanan Google Ads.

Cara Mendapatkan Penghasilan Lewat Google Ads

Google Ads ternyata tidak hanya bisa digunakan untuk memasang iklan saja, tapi juga dapat digunakan untuk mendapatkan penghasilan. Cara main Google Ads akan semakin menarik, terlebih syarat untuk mendapatkan uang dari sini relatif mudah. Bagaimana caranya? Simak ulasannya di bawah ini;

1. Lewat Blog

Pengguna blog baik itu berbasis Blogspot atau WordPress pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah Google Adsense. Dari sini biasanya para blogger akan mendapatkan uang dari adanya iklan yang diklik oleh para pengunjung.

Sebelum mendapatkan uang dari cara main Google Ads, terdapat persyaratan yang wajib dipenuhi lebih dulu. Misalnya saja nama blog harus domain sendiri dan telah mendaftar di Google Adsense. Jika belum memenuhi syarat, tentu tidak akan berhasil.

Di samping itu, artikel yang ditayangkan di blog harus lebih dari 10 artikel, berkualitas dan bukan copas dari website lain. Usia blog minimal 1 tahun.

Apabila telah memenuhi syarat di atas, maka Anda bisa membuat akun Google adsense dengan cara mengunjungi link pendaftaran Google Adsense ini. Kemudian buat akun dengan menggunakan akun Gmail Anda.

Selanjutnya pergi ke menu unit iklan dan dapat membuat iklan sesuai spesifikasi bisnis. Umumnya yang sering disarankan adalah iklan gambar dengan ukuran responsif. Selanjutnya tinggal integrasi dengan blog atau website. Caranya adalah;

  • Cara main Google Adsense adalah login terlebih dahulu ke blogspot
  • Pilih menu pendapatan dan hanya akan muncul untuk yang memenuhi syarat
  • Hubungkan dengan akun adsense Anda
  • Pilih layout penempatan iklan pada blogspot
  • Kembali ke blogspot dan pilih menu layout, lalu tambahkan gadget baru bernama adsense
  • Simpan perubahan dan selesai
Baca Juga:  Cara Buat Google Adsense Untuk YouTube Bagi Pemula, Mudah Kok!

2. Melalui Website

Untuk Anda yang memiliki website sendiri, agar iklan bisa tampil pada situs tersebut, Anda harus mendaftarkan terlebih dahulu situs Anda melalui platform Google adsense. Kemudian pasang iklan yang Anda dapat pada saat membuat unit iklan di website dan tunggu hingga mendapat persetujuan.

Kode iklan bisa ditempatkan pada bagian header halaman atau di samping halaman website. Jumlah maksimal iklan yang Anda pasang tidak dibatasi oleh Google.

3. Melalui Channel Youtube

Selain menggunakan blog atau website, cara main Google Adsense untuk mendapatkan uang bisa juga melalui channel Youtube. Syaratnya tentu harus memiliki channel yang telah memiliki minimal 1.000 subscriber dan 4.000 jam tayang dari video yang ada di channel Anda.

Untuk mengintegrasikan Google adsense dengan channel Youtube adalah;

  • Login ke akun Youtube
  • Klik menu dan akan muncul foto profil, pilih Youtube studio
  • Pilih setting dan pengaturan
  • Pilih menu channel dan pilih tab advanced
  • Pilih link account di samping title Google ads, pilih account
  • Hubungkan dengan akun adsense yang telah dibuat

Cara main Google Ads dan mendapatkan uang dari sana ternyata bukanlah serumit yang selama ini dibayangkan. Anda yang telah memiliki platform baik itu blog, Youtube atau website bisa mulai mengumpulkan banyak penghasilan. Semakin banyak yang berkunjung akan semakin bagus.

About Admin

Check Also

Cara Isi Tinta Canon IP2770

Mudah! Begini Cara Isi Tinta Canon IP2770 Sendiri

jejakblog – Cara isi tinta Canon IP2770 merupakan hal yang penting diketahui terutama bagi orang-orang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *