Mudah! Begini Cara Isi Tinta Canon IP2770 Sendiri

jejakblog – Cara isi tinta Canon IP2770 merupakan hal yang penting diketahui terutama bagi orang-orang yang memiliki pekerjaan berhubungan dengan dunia cetak-mencetak. Selain itu, hal tersebut juga perlu dipahami oleh para mahasiswa. Sebab, dalam proses perkuliahan mahasiswa tentu akan sering mencetak dokumen baik itu untuk keperluan tugas atau lainnya.

Pada dasarnya, setiap orang pasti bisa melakukan tahap-tahap dari cara isi ulang tinta Canon IP2770. Hal itu karena sudah banyak sumber yang menjelaskan mengenai hal tersebut. Sayangnya, sejumlah orang masih mengaku belum mampu mempraktikkannya. Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara mudah yang bisa Anda terapkan untuk mengisi tinta printer.

cara isi tinta Canon IP2770

Hal yang Harus Dipahami tentang Pengisian Tinta Printer

Sebelum mengetahui tutorial cara isi tinta Canon IP2770, maka ada sejumlah hal yang harus Anda pahami salah satunya mengenai cartridge. Pada dasarnya, pertanyaan-pertanyaan mungkin saja akan muncul pada orang-orang yang baru pertama kali melakukan isi tinta printer. Pertanyaan tersebut misalnya mengenai perlu tidaknya penggantian cartridge setiap isi ulang tinta printer.

Pasalnya, seiring berjalannya waktu harga cartridge tergolong mahal apalagi bagi kalangan mahasiswa. Namun, tenang saja, untuk mengisi tinta printer, Anda tidak perlu selalu membeli cartridge yang  baru. Terlebih lagi jika kondisinya memang masih bagus.

Terkait dengan pengisian menggunakan tinta refill. Maka, harus Anda pahami bahwa hasil cetak yang dihasilkan kemungkinan akan berbeda dengan tinta kualitas asli. Hal tersebut karena tinta refill yang banyak dijual di pasaran sebenarnya merupakan jenis tinta non-original. Oleh karena itu, jangan terlalu banyak berharap mengenai kualitas yang maksimal jika Anda menggunakan tinta isi ulang.

Meski demikian, tidak bisa dikatakan pula bahwa kualitas cetak yang dihasilkan sangat buruk. Hal itu karena bagus tidaknya kualitas cetak juga turut dipengaruhi oleh sejumlah hal. Misalnya saja cartridge. Jika cartridge yang Anda gunakan masih bagus dan tidak ada masalah pula pada print head. Maka, Anda tetap bisa menggunakannya untuk mencetak dokumen-dokumen.

Baca Juga:  Hp Xiaomi Mati Total? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Kelebihan Canon IP2770

Cara isi tinta Canon IP2770 memang perlu diketahui apalagi Canon IP2770 memang cukup menjadi pilihan banyak orang. Hal tersebut tentu tidak lepas dari adanya sejumlah kelebihan yang dimiliki. Misalnya saja hasil cetak yang bagus. Mengenai hal itu, perlu dipahami bahwa bagusnya hasil cetak bisa diperoleh apabila tinta yang digunakan original bukan menggunakan sistem infus.

Selain kualitas, tinta jenis ini juga menyuguhkan proses printing yang sangat cepat jika dibandingkan merek printer lain yang sekelas dengannya. Menariknya, harga yang ditawarkan cukup murah bahkan termasuk salah satu yang paling murah.

Langkah-langkah Cara Isi Tinta Canon IP2770

Mengisi tinta printer bukan hal yang terbilang sulit dilakukan, ikut langkah-langkah berikut ini untuk mengetahui cara isi tinta Canon IP2770:

  1. Nyalakan printer Anda dengan cara menekan tombol power lalu tunggu beberapa saat hingga printer berada pada posisi stand by. Dalam hal ini, pastikan pula bahwa printer siap dilakukan pergantian atau pengisian tinta.
  2. Pastikan printer tidak dalam keadaaan mengalami kerusakan apapun. Hal tersebut penting karena akan mempengaruhi kelancaran proses pengisian tinta.
  3. Colokan kabel power printer ke terminal listrik.
  4. Buka penutup kertas kemudian perhatikan posisi cartridge.
  5. Buka kap penutup printer. Pada saat itu, Anda cukup membiarkan cartridge bergerak secara otomatis ke tengah hingga berhenti dengan sendirinya.
  6. Lepaskan cartridge apabila posisinya sudah berada di tengah. Pada saat itu, Anda juga harus benar-benar berhati-hati. Pastikan wadah tinta tetap dalam keadaan aman saat Anda melepas cartridge dari dudukannya. Jangan sampai wadah tersebut mengalami kerusakan.
  7. Lepaskan stiker yang menempel pada cartridge. Hal tersebut bertujuan untuk melihat posisi pelubangan pada cartridge.
  8. Buka kap tinta bagian B. Dalam hal ini, tinta black atau hitam dengan cara menekan bagian belakang kemudian tarik ke atas.
  9. Langkah dari cara isi ulang tinta Canon IP2770 berikutnya adalah angkat dan ambil cartridge B secara perlahan. Tidak perlu terburu-buru, lakukan prosesnya dengan hati-hati.
  10. Bukalah kertas penutup lubang pada bagian atas cartridge. Khusus untuk cartridge yang baru pertama kali akan disuntik, maka Anda harus melubanginya terlebih dahulu menggunakan jarum.
  11. Lubangi cartridge secukupnya agar jarum suntik dapat masuk. Selain memakai jarum, Anda juga bisa melubanginya memakai paku kecil. Perlu diingat bahwa Anda tidak perlu melubanginya terlalu besar.
  12. Tutup bagian mulut semprot atau bagian bawah cartridge. Hal tersebut untuk menghindari terjadinya kebocoran saat pengisian tinta.
  13. Siapkan tinta hitam atau Black yang ada pada botol suntik.
  14. Setelah pembuatan lubang, pastikan bahwa lubang tersebut terlihat bisa dimasukan jarum.
  15. Langkah dari cara isi tinta Canon IP2770 berikutnya adalah mulai lakukan suntikan tinta pada botol suntik tersebut secara perlahan.
  16. Masukkan jarum suntik yang sebelumnya telah diisi tinta ke lubang hingga mengenai gabus yang terdapat pada cartridge. Perlu Anda ingat bahwa upayakan untuk melakukan suntikan tinta sekitar 10 hingga 20 ml saja ke dalam cartridge.
  17. Lakukan penyuntikan secara perlahan agar tinta tidak meluber ke luar. Ingat! Jangan pernah mengisinya terlalu banyak apalagi jika sampai tumpah.
  18. Lakukan hal yang sama untuk cara isi tinta Canon IP2770 yang berwarna. Hanya saja untuk proses ini Anda perlu ketahui letak tinta sesuai warnanya. Dalam hal ini, untuk lubang bagian atas dekat nozzle head merupakan tinta berwarna merah. Lubang bagian kiri untuk tinta yang berwarna biru sementara tinta warna kuning terletak di lubang yang berada di sebelah kanan.
  19. Isi tinta berwarna tersebut sesuai dengan lokasi lubangnya. Untuk mendapat hasil yang terbaik, maka lakukan pengisian tidak lebih dari 10 ml. Hal tersebut karena kapasitas cartridge yang berwarna memang jauh lebih sedikit daripada tinta hitam. Oleh karena itu, dosisnya juga perlu dikurangi.
  20. Setelah pengisian tinta dianggap cukup, maka tutup kembali kertas dan letakan lagi catridge pada tempatnya di printer.
  21. Tutup kap catridge dan casing printer
Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy S20 : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Nah, seperti itulah cara isi tinta Canon IP2770. Setelah mengikuti cara tersebut, printer Canon IP2770 sudah siap digunakan untuk mencetak. Sebagaimana yang dikemukakan di awal bahwa Anda jangan terkejut apabila kualitas hasil cetakan tidak sebaik tinta original seperti sebelumnya. Bahkan, pada cetakan pertama mungkin saja ada banyak tinta yang terlihat keluar di kertas secara berlebihan.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy A11 : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Semua hal tersebut normal terjadi karena Anda mengisinya dengan cara menyuntik. Namun, jangan khawatir karena Anda tetap bisa berkesempatan memperoleh hasil cetakan maksimal meski menggunakan tinta suntik. Hal itu bisa terjadi dengan memanfaatkan fitur maintenance yang terdapat di software printer komputer Anda.

Demikian tutorial tentang cara isi tinta Canon IP2770. Bagaimana? Tidak begitu sulit bukan? Anda hanya perlu memperhatikan setiap langkah-langkahnya dengan teliti dan mempraktikkannya secara hati-hati.

About Admin

Check Also

Cara Flash HP Samsung

2 Cara Flash HP Samsung Dengan Gampang dan Persiapannya

jejakblog – Cara Flash HP Samsung dengan gampang asal tahu permasalahan atau kendala pada Smartphone. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *