Cara Instal Plugin WordPress, Mudah dan Cepat!

Setelah Anda berhasil melakukan intal WordPress, selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menginstalasi plugin. Lalu, bagaimana cara instal plugin WordPress? Simak pembahasannya berikut ini…

Apa Itu Plugin?

cara instal plugin WordPress

Mungkin Anda sering mendengar kata plugin. Lalu, apa yang dimaksud dengan plugin itu sendiri? Plugin merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk situs WordPress yang Ada miliki.

Dengan plugin tersebut maka memungkinkan Anda untuk menambahkan, memperbaharui, sampai mengelola fitur ke dalam website seperti kalender, review, SEO, toko online, dan lain sebagainya.

Plugin ini diperlukan untuk dapat menunjang isi dari sebuah WordPress yang dikelola. Oleh sebab itu, tak heran bila banyak webmaster yang mengeluarkan biaya yang besar untuk membuat situs web yang profesional.

Hal yang Perlu Dipersiapkan

Sebelum mengetahui cara instal plugin WordPress maka ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. Perlu Anda ketahui, bila Anda merupakan pengguna WordPress.com maka Anda tak bisa instal plugin.

WordPress jenis tersebut punya beberapa keterbatasan. Sehingga bila Anda ingin melakukan instal plugin maka Anda harus melakukan upgrade ke paket premium terlebih dahulu.

Ada beberapa hal yang perlu Anda miliki, diantaranya:

  • Akses dashboard admin WP
  • Plugin yang telah didownload di perangkat komputer
  • Akses ke FTP

Cara Instal Plugin WordPress

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menginstal plugin WordPress, diantaranya:

  1. Instal Plugin dengan Mengunggah Plugin WordPress

Plugin WordPress berbayar tak terdaftar di direktori plugin WordPress. sehingga, plugin ini tak bisa dilakukan instal dengan mencarinya di kolom pencarian plugin.

Oleh karena itu. WordPress menyediakan metode unggah tersebut supaya webmaster dapat melakukan penginstalan plugin yang tak ada di dashboard WordPress.

Adapun bagaimana cara instal plugin WordPress dengan cara mengunggah, diantaranya:

  • Download plugin yang Anda inginkan melalui sumber resminya. Selanjutnya, Anda akan mendapatkan file dalam bentuk zip
  • Pergi ke dashboard admin WordPress, selanjutnya arahkan ke menu Plugin dan klik sub menu Tambah Baru
  • Klik pada opsi Unggah Plugin yang terletak pada bagian atas halaman
  • Klik tombol dengan tulisan Choose File. Selanjutnya, pilih file plugin yang telah didownload sebelumnya
  • Setelah Anda sukses memilih File, Anda bisa melanjutkan proses cara instal plugin WordPress dengan klik tombol dengan tulisan Instal Sekarang.

Sistem di WordPress akan memulai mengunggah file plugin dari perangkat komputer Anda.

Kalau file telah berhasil didownload, WordPress akan memberikan sebuah notifikasi bahwa file plugin telah selesai dan berhasil didownload.

  • Klik Activate Plugin dahulu untuk memulai memakai plugin. Sebab setelah plugin telah berhasil terinstal, plugin tersebut tak aktif secara otomatis.
  1. Instal Plugin Secara Manual

Cara instal plugin WordPress kedua yaitu instal plugin secara manual. Adapun bila Anda berniat untuk menginstal dengan cara ini maka Anda harus menyiapkan aplikasi pihak ketiga bernama FTP (FileZilla).

Cara ini cukup bisa membantu, terutama kalau penyedia hosting yang Anda beli memberikan batasan ukuran file yang diunggah dan Anda tak bisa menginstal plugin lewat menu dashboar WordPress.

Walaupun menggunakan aplikasi tambahan, namun cara instal plugin dengan cara ini tak begitu sulit dilakukan.

Namun, cara ini kurang disarankan untuk para pemula yang belum paham tentang penggunaan FTP atau File Manager.

Adapun langkah-langkah bagaimana cara melakukan penginstalan plugin WordPress, berikut ini:

  • Unggah file yang telah dilakukan kompres dalam bentuk .ZIP

Setelah unggah file, lakukan ekstrak terhadap file tersebut pada perangkat komputer yang Anda gunakan.

Dengan melakukan ekstrak file bentuk zip tersebut maka data-data yang ada di dalamnya akan menjadi folder yang baru dengan nama yang sama persis dengan file pluginnya.

File yang ada di dalam folder inilah yang selanjutnya akan Anda upload secara manual memakai FTP website.

  • Akses ke FTP

Untuk mengunggah file tersebut maka Anda harus mengakses aplikasi FTP. Selanjutnya, masukkan username dan password dari FTP tersebut.

Kalau Anda tak tahu keduanya maka Anda bisa menghubungi pihak provider hosting dimana Anda membeli hosting yang Anda gunakan sekarang.

  • Cek folder di website

Setelah Anda berhasil login ke dalam akun FTP, selanjutnya silakan cek folder folder/wp-content/plugins.

Berikutnya, unggah folder yang sudah Anda ekstrak sebelumnya ke dalam folder/wp-content/plugins yang ada di server hosting Anda.

  • Kunjungi dashboard admin WordPress

Setelah file tersebut berhasil diunggah, berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengunjungi dashboard admin WordPress.

Klik menu Plugin, dilanjutkan dengan pilih sub menu Plugin Terpasang. Maka di halaman tersebut Anda akan melihat plugi yang telah berhasil terpasang pada halaman plugin.

Untuk aktivasi maka Anda dapat mengklik tombol Aktifkan yang ada dibawah plugin untuk mulai menggunakannya.

Setelah itu, Anda dapat mengatur lebih lanjut terhadap plugin yang dapat Anda sesuaikan dengan isi dari website yang Anda miliki.

  1. Instal Plugin dengan Metode Pencarian

Cara instal plugin WordPress lainnya yang bisa Anda gunakan yaitu dengan metode pencarian plugin.

Akan tetapi, bila Anda ingin menggunakan metode yang satu ini maka plugin yang Anda inginkan harus ada di direktori plugin WordPress sebab dibatasi untuk plugin gratis.

Adapun cara melakukan instal plugin dengan metode ini, diantaranya:

  • Akses halaman Plugin

Akses ke halaman Plugin, selanjutnya pilih Tambah Baru yang ada di dalam dashboard admin WordPress. Anda bisa menemukan plugin yang diinginkan dengan mengetik nama plugin tersebut

  • Lakukan instal

Setelah Anda menemukan nama pluginnya, selanjutnya klik tombol dengan tulisan Install Sekarang untuk mulai melakukan penginstalan.

Saat Anda mengklik tombol tersebut maka WordPress langsung mengunduh dan menginstal plugin tersebut.

  • Lakukan Aktivasi

Setelah Anda behasil lakukan penginstalan maka Anda akan melihat tombol Pasang Sekarang yang akan berubah menjadi tombol yang bertuliskan Aktifkan.

Untuk memulai memakai plugin tersebut di situs WordPress, klik tombol yang bertuliskan Active.

Perhatikan Hal-Hal Ini saat Pilih Plugin

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat banyak sekali plugin direktori plugin WordPress, bahkan jumlahnya lebih banyak dari situs pihak ketiga.

Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum instal plugin, diantaranya:

  1. Pembaruan Rutin

Ada hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menginstal plugin WordPress diantaranya kapan terakhir plugin diperbarui, jumlah penginstalan, peringkat, dan juga kompatibilitas.

  1. Fungsinya Sesuai

Sebelum memastikan untuk menggunaka plugin WordPress, sangat disarankan untuk membaca dahulu informasi yang disediakan oleh developer.

Anda perlu membaca dokumentasinya, mengunjungi forum dukungannya, dan membaca ulasannya.

  1. Instal Plugin Satu per Satu

Saat Anda mengecek sebuah plugin maka pastikan Anda menginstal dan mengujinya satu per satu. Bila sudah plugin sebelumnya maka sebaiknya nonaktifkan terlebih dahulu sebelum mencoba plugin lainnya.

Itulah beberapa cara instal plugin WordPress yang bisa Anda coba lakukan. Semoga informasi diatas dapat membantu Anda memulai cara tambahkan plugin di WordPress.

About admin

Check Also

Google Adsense Youtube Daftar Langsung Disetujui Cepat, Simak!

Bagi seorang Youtuber harus mengetahui cara Google Adsense Youtube daftar, terutama pemula. Pengetahuan tersebut sangat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *