Simak, Cara Hapus Aplikasi Bawaan Agar Memori Tidak Penuh

jejakblog – Untuk menghindari memori pada perangkat cepat penuh, maka cara hapus aplikasi bawaan penting Anda ketahui. Pada dasarnya, ketika Anda membeli perangkat Android baru, maka umumnya sudah ada banyak aplikasi yang terdapat di dalamnya. Akan tetapi, kenyataannya adalah tidak semua aplikasi tersebut benar-benar Anda butuhkan.

Oleh karena itu, memutuskan untuk menghapusnya adalah solusi yang paling tepat. Apalagi jika aplikasi tersebut membutuhkan kapasitas memori yang besar. Sayangnya, aplikasi bawaan tersebut umumnya telah dikunci di sistem sehingga tidak dapat dihapus. Meski demikian, jangan khawatir karena ada sejumlah tips ampuh cara menghapus aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus.

cara hapus aplikasi bawaan

Cara Hapus Aplikasi Bawaan Tanpa Root

Hakikatnya, tanpa perlu melakukan rooting, Anda tetap bisa menghapus aplikasi bawaan di perangkat Android. Hal itu bisa dilakukan dengan cara masuk ke menu Settings lalu pilih menu Apps. Kemudian, Anda hanya perlu mencari dan memilih aplikasi bawaan yang akan dihapus. Namun sebelumnya perlu diketahui bahwa ada sejumlah aplikasi bawaan yang memang tidak bisa dihapus bagaimanapun caranya.

Aplikasi tersebut seperti clock, contact manager, dan device service. Akan tetapi, untuk aplikasi yang memiliki simbol kotak di bagian kanan, maka Anda tetap bisa menghapusnya. Langkah terakhir, silakan Anda langsung pilih Uninstall pada aplikasi yang ingin dihapus. Nah, ternyata mudah bukan cara hapus aplikasi bawaan meski tanpa root?

Cara Hapus Aplikasi Bawaan Menggunakan Root

Untuk menghindari terjadinya kerusakan, maka melakukan rooting terlebih dahulu sebelum menghapus aplikasi adalah langkah yang sangat tepat. Berkaitan dengan hal itu, berikut ini sejumlah aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan cara hapus aplikasi bawaan root:

Baca Juga:  8 Cara Dapat Uang Dari Google Ads, Pebisnis Wajib Tahu!

Root Explorer

Root Explorer sebenarnya memiliki sejumlah fungsi, yaitu untuk membuka, mengedit, dan menghapus berbagai macam file yang terdapat pada sistem Android. Adapun untuk menghapus aplikasi bawaan, maka pertama-tama buka Root Explorer kemudian klik tombol Mount as R/W. Menu tersebut bisa Anda temukan di bagian pojok kanan atas.

Pada saat itu, pastikan bahwa posisinya dalam keadaan read and write atau R/W bukan read and only atau R/O. Selanjutnya, buka folder system lalu pilih App. Pada saat itu, Anda bisa mengetahui berbagai macam aplikasi bawaan yang tersimpan di Android Anda. Silakan pilih salah satu aplikasi tersebut lalu tekan dan tahan kemudian klik delete.

Perlu diingat bahwa sebelum Anda melakukan langkah-langkah dari cara hapus aplikasi bawaan. Maka, sebisa mungkin Anda memastikan dengan teliti bahwa aplikasi tersebut bukan aplikasi yang penting untuk perangkat Android. Hal tersebut karena jika Anda menghapus aplikasi yang vital bagi Android, maka akan menyebabkan perangkat berjalan tidak normal bahkan bootloop.

ES Explorer

Sama dengan aplikasi sebelumnya, ES Explorer juga merupakan aplikasi file explorer yang bisa digunakan untuk mengakses dan memodifikasi file sistem. Menariknya, ES Explorer hadir dengan tampilan yang lebih bersahabat dan dari segi fitur juga terbilang lebih lengkap.

Adapun cara hapus aplikasi bawaan menggunakan ES Explorer pertama-tama adalah Anda harus mengizinkan akses root terlebih dahulu. Kemudian, Anda hanya perlu mencari dan memilih aplikasi mana yang ingin Anda hapus. Perlu diingat bahwa aplikasi ES Explorer ini dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store.

Link2SD

Aplikasi ini memiliki beragam fungsi, mulai dari memindahkan aplikasi ke SD card hingga menghapus berbagai macam bloatware yang tidak berguna. Adapun cara menghapus aplikasi bawaan Android dengan menggunakan Link2SD ini juga tidak kalah mudahnya.

Baca Juga:  5 Cara Backup Contact Android Online dan Offline

Pertama, tentu saja Anda harus menginstall aplikasi Link2SD. Kemudian, pilih aplikasi yang akan dihapus. Setelah itu, klik tombol Action lalu pilih Uninstall. Apabila ada halaman peringatan yang muncul, maka silakan langsung klik OK untuk melanjutkan proses penghapusannya.

Titanium Backup

Aplikasi yang wajib ada pada perangkat Android setelah di root adalah aplikasi Titanium Backup. Aplikasi tersebut bisa dikatakan Swiss Knife dari Android. Hal tersebut karena aplikasi itu memiliki banyak fitur yang bermanfaat.  Misalnya saja mencadangkan dan memulihkan aplikasi serta menghapus aplikasi bawaan Android yang terdapat pada sistem.

Adapun cara hapus aplikasi bawaan melalui aplikasi ini adalah dengan membuka Titanium Backup kemudian pilih aplikasi yang akan dihapus. Selanjutnya, tekan dan tahan aplikasi tersebut hingga muncul opsi delete atau uninstall. Setelah memilih opsi tersebut, maka otomatis aplikasi tersebut telah lenyap dari perangkat Anda.

Custom ROM

Jika Anda tidak ingin menggunakan berbagai cara menghapus aplikasi bawaan menggunakan aplikasi, maka alternatifnya adalah dengan menginstall custom ROM. Perlu diketahui bahwa saat ini semakin banyak custom ROM yang tersedia bahkan tanpa menggunakan bloatware sama sekali.

Adapun salah satu custom ROM yang bisa Anda gunakan adalah Cyanogenmod. Menariknya, Cyanogenmod sudah hampir digunakan untuk semua jenis Android. Oleh karena itu, jika nantinya pada proses penghapusan Anda mengalami masalah, maka Anda bisa berdiskusi bersama pengguna lainnya.

Menghapus Aplikasi Bawaan Secara Simpel

Jika Anda tidak ingin ribet melakukan rooting atau menginstall aplikasi terlebih dahulu, maka cara simpel ini bisa Anda lakukan. Pertama, buka menu Settings lalu pilih Apps kemudian geser ke bagian sebelah kanan hingga muncul tab All category. Perlu diingat bahwa langkah-langkah ini mungkin sedikit berbeda tergantung dari jenis perangkat Anda.

Baca Juga:  Cara Memindahkan Data dari Android ke iPhone Dengan dan Tanpa Aplikasi

Langkah berikutnya adalah mencari aplikasi bawaan yang ingin Anda hentikan aktivitasnya. Pilih aplikasi tersebut kemudian klik tombol Disable. Pada saat itu, pesan peringatan akan otomatis muncul. Namun, jika Anda memang sudah yakin, maka abaikan saja dan klik OK.

Hal yang perlu diingat adalah tidak semua aplikasi bawaan bisa Anda disable sesukanya. Bagaimanapun juga terdapat sejumlah aplikasi penting yang memang tidak boleh di-disable. Misalnya saja aplikasi kontak, telepon, SMS, dan lainnya. Oleh karena itu, pastikan bahwa aplikasi yang Anda disable tersebut memang tidak sedang Anda butuhkan.

Setelah prosesnya selesai, maka berbagai aplikasi bawaan pada Android Anda akan otomatis tidak aktif. Menariknya, pada cara ini Anda hanya menonaktifkan aplikasi dan tidak benar-benar menghapusnya. Oleh karena itu, jika sewaktu-waktu Anda membutuhkannya, maka Anda cukup mengaktifkannya kembali.

Dalam hal ini, caranya sangat mudah seperti ketika Anda ingin menonaktifkan. Hanya saja Anda perlu mengklik tombol Enable. Dengan demikian, aplikasi akan aktif kembali secara otomatis. Anda juga bisa mengaktifkan kembali aplikasi dengan cara melakukan factory reset.

Itulah sejumlah cara hapus aplikasi bawaan di perangkat Android. Hakikatnya, menghapus aplikasi bawaan memiliki sejumlah keuntungan. Misalnya saja, daya baterai menjadi tidak cepat habis. Begitupun dengan kapasitas memori pada perangkat Android Anda akan bertambah karena sudah banyak aplikasi yang terhapus.

Demikian tutorial seputar cara hapus aplikasi bawaan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan bisa membantu terutama bagi Anda yang masih merasa kesulitan untuk menghapus aplikasi bawaan Android. Perhatikan dan pahami setiap langkah-langkahnya dengan baik. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya.

About Admin

Check Also

layanan Google Play telah berhenti

Alasan Mengapa Layanan Google Play Telah Berhenti Dan Cara Mengatasinya

jejakblog – Anda mungkin bingung jika tiba-tiba mendapat notifikasi “layanan Google Play telah berhenti”. Karena …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *