2 Cara Flash HP Samsung Dengan Gampang dan Persiapannya

jejakblog – Cara Flash HP Samsung dengan gampang asal tahu permasalahan atau kendala pada Smartphone. Meski tidak sedikit dan memerlukan penangan melalui berbagai cara. Begitu juga dengan Hp Samsung tentu memiliki masalah bagi pengguna yang sudah lama menggunakannya. Hal itu pasti mengganggu kenyamanan dalam pemakaiannya, sehingga perlu di update kembali.

Mengatasi Hp Samsung yang terkendala atau bermasalah dengan cara flash Hp. Bisa dilakukan dengan PC atau Laptop dan tanpa PC. Flash diketahui sebagai suatu proses mengganti sistem operasi baru pada Smartphone. Hp yang mengalami flash timbul karena beberapa hal, seperti bootloop, virus, bank, ponsel hang, lupa pola kunci, dan lainnya.

Cara Flash HP Samsung

Persiapan Sebelum Melakukan Cara Flash HP Samsung

Persiapkan terlebih dulu sebelum melakukan proses flash Hp Samsung. Persiapan penting dilakukan karena menghindarkan kegagalan atau hambatan dalam melakukan flash. Oleh karena itu, diperlukan persiapan sebagai antisipasi. Berikut persiapan yang harus diikuti sebelum melaksanakan flash :

  • Firmware Tepat untuk Smartphone Dipersiapkan Terlebih Dulu

Pasti Anda tidak ingin gagal dalam cara flash Samsung tanpa PC/Laptop. Agar tidak mengalami kegagalan harus menggunakan firmware ROM yang cocok sesuai dengan Smartphone yang dimiliki. Firmware disebut juga perangkat tegar yang mirip sistem operasi pada komputer. Fungsi firmware untuk mengontrol perangkat keras agar bisa beroperasi pada Smartphone.

  • Siapkan Aplikasi Odin

Apabila yang perlu dipersiapkan dalam flash hp memakai PC atau Laptop adalah aplikasi odin. Namun, aplikasi odin yang akan dipergunakan tidak boleh sembarangan. Dilihat juga Hp Samsung yang akan di flash merupakan Hp keluaran terbaru atau lama. Hal itu dijadikan pertimbangan Anda dalam memilih aplikasi odin yang akan dipakai.

  • Membackup Data

Cara flash Hp Samsung yang akan Anda lakukan harus terlebih dahulu membackup data pada Smartphone. Jika, tidak melakukan backup data terlebih dulu akan menyebabkan data pada Hp Samsung Anda akan hilang. Oleh karena itu, supaya lebih aman, maka lakukan backup data terlebih dahulu sebelum flash. Pastikan semua file data sudah di backup ke tempat lain.

  • Charge Hp Dulu

Sebelum melakukan flash ponsel Samsung cek dulu apakah baterai cukup digunakan. Charge Hp dulu jika lakukan flash tidak menggunakan PC atau Laptop. Dengan begitu, akan terhindar dari baterai habis ketika sedang melakukan proses flash. Kalau hp mati maka akan gagal dalam proses flash pada ponsel Anda.

  • Samsung USB Driver dan Kabel Data

Anda akan melakukan cara flash Hp Samsung dengan PC atau Laptop. Maka, perlu mempersiapkan kabel data dengan kualitas bagus dan original. Tidak ketinggalan juga untuk mempersiapkan Samsung USB Driver. Jika, semua sudah dipersiapkan, Anda bisa melakukan flash dengan mudah dan aman. Jangan sampai terlewatkan yang harus dipersiapkan.

  • Siapkan

    PC atau Laptop

Jika akan lakukan flash menggunakan PC atau Laptop tentu yang harus disiapkan oleh Anda adalah PC atau Laptop. Dengan menyiapkan secara baik PC maupun Laptop pasti cara flash Hp Samsung akan berjalan lancar. Tetapi, kalau PC atau Laptop terkendala akan berpengaruh pada proses flash yang dilakukan.

Baca Juga:  Mengulik Adsense Vs Affiliate Dari Sisi Keuntungan Dan Kekurangan

Cara Flash Hp Samsung Dengan Mudah

Melakukan cara flash Samsung dengan menggunakan PC atau Laptop maupun secara manual bisa sendiri. Belajar untuk memperbaiki masalah atau kendala pada hp yang dimiliki tentu akan lebih baik. Dengan dapat menservis sendiri artinya Anda punya nilai plus. Berikut cara flash hp Samsung yang perlu Anda ketahui :

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy A32 5G : Fitur, Keunggulan dan Harganya

1. Cara Flash Hp Samsung Tidak Memakai PC/Laptop

Anda yang pertama harus lakukan untuk cara flash Smartphone Samsung. Jika, tidak menggunakan PC atau Laptop harus menyimpan firmware ROM pada kartu memori yang sudah disiapkan. Pada tahap ini file firmware harus bentuk ZIP atau RAR. Tidak boleh di extrak. Jadi, tahap ini penting untuk diperhatikan.

Selanjutnya, Anda harus memasukan kartu memori yang terisi firmware ke Hp Samsung yang akan di flash. Kemudian, nyalakan dengan menekan tombol power + home + volume bawah secara bersamaan. Anda masuk ke wipe data atau factory reset dan pilih ok atau yes. Tunggulah proses factory reset hingga selesai.

Cara flash Hp Samsung tanpa PC atau Laptop setelah proses factory reset selesai. Anda kembali ke awal dan pilihlah instal Zip from sd card lalu cari file firmware pada kartu memori. Apabila sudah ketemu, klik Yes. Anda tunggu proses flash selesai. Jika, proses flash sudah selesai maka Hp Samsung Anda akan reboot dan re-strart secara otomatis. Flash Hp Samsung Anda selesai.

2. Cara Flash Hp Samsung Menggunakan PC atau Laptop

Apabila Anda akan melakukan flash Hp Samsung dengan PC atau Laptop. Anda harus persiapkan terlebih dulu aplikasi yang akan digunakan. Anda dapat memilih aplikasi Odin untuk digunakan dalam proses flash Hp Samsung yang dimiliki. Dengan memilih aplikasi yang tepat tentu akan memudahkan Anda dalam proses flash Smartphone memakai PC/Laptop.

Smartphone Samsung yang Anda miliki merupakan versi terbaru, maka dalam melakukan flash sebaiknya menggunakan aplikasi Odin versi baru. Anda dapat menggunakan aplikasi versi Odin 3_v3.12.4 ke atas agar tidak salah. Dengan aplikasi software Odin yang tepat sesuai dengan Hp yang akan di flash tentu akan mengurangi resiko gagal.

Apabila Smartphone Samsung yang dimiliki oleh Anda adalah keluaran lama atau jadul. Aplikasi versi Odin yang bisa dipergunakan untuk cara flash Hp Samsung milik Anda yaitu versi Odin 3_3.11.1.zip ke bawah. Anda bisa menggunakan ROM Lollipop atau Marshmallow. Jadi, tidak usah khawatir Hp Samsung lama pun masih tetap bisa lakukan flash.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy Note9 : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Nah, cara flash ponsel Samsung dengan aplikasi software Odin, Anda harus install Samsung USB Driver. Lalu, pada PC atau Laptop Anda harus install aplikasi Odin. Langkah selanjutnya, Hp Samsung Anda matikan kemudian nyalakan kembali dengan cara tahan tombol power + Home + volume bawah secara bersamaan.

Dengan menahan tombol power + home + volume bawah agar dapat masuk ke mode download firmware di Hp Samsung Anda. Sambungkan PC/Laptop menggunakan kabel data ke HP Samsung Anda. Kemudian, tekan volume atas sebagai langkah untuk mendeteksi aplikasi Odin. Apabila ada notifikasi, Anda abaikan saja.

Anda cari firmware, extrak file firmware jika sudah tersambung bentuk ZIP.RAR. Anda cari file extensi MD5 lalu masukkan ke aplikasi software Odin. Masuk ke aplikasi Odin dengan pastikan enable  di auto reboot, f.reset time dan klik AP. Anda cari file extensi MD5 dan klik Ok serta strat. Di tahap ini, Anda harus menunggu sampai proses flash selesai.

Cara flash Hp Smartphone milik Anda akan reboot kemudian melakukan re-start secara otomatis di tahap ini artinya proses flash sudah selesai. Oleh karena itu, jika sedang melakukan flash pada hp sebaiknya Anda teliti setiap tahapan dengan melihat tutorial secara detail. Hal ini, penting untuk diperhatikan agar tingkat gagal bisa diminimalisir.

Demikian tutorial atau cara flash Hp Samsung yang bisa Anda lakukan dan praktikan sendiri di rumah. Dengan belajar melakukan flash sendiri, maka Anda mempunyai peluang untuk memperbaiki dan servis Smartphone sendiri. Perhatikan tiap tahapannya agar meminimalisir terjadinya kegagalan pada waktu melakukan proses flash. Semoga bermanfaat.

About Admin

Check Also

Spesifikasi Samsung Galaxy Note9 : Fitur, Keunggulan dan Harganya

jejakblog – Spesifikasi Samsung Galaxy Note9 sangat mengejutkan ialah usaha lain dari Samsung untuk merubah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *