8 Cara Dapat Uang Dari Google Ads, Pebisnis Wajib Tahu!

jejakblog – Cara dapat uang dari Google Ads saat ini semakin banyak dilirik oleh para pebisnis. Google Ads atau dulu sering disebut dengan Google AdWords merupakan salah satu fitur dari Google yang akan menampilkan iklan berbayar. Google Ads memberikan peluang yang lebih besar bagi pebisnis untuk memperoleh pelanggan.

Cara kerja Google Ads berbeda dengan Google Adsense. Apabila dengan memanfaatkan Google Adsense, uang akan secara langsung diterima, maka lain halnya dengan Google Ads. Cara mendapatkan uang dari Google Ads yaitu dengan memasang iklan dari bisnis yang dimiliki untuk ditampilkan oleh Google.

8 Cara Dapat Uang Dari Google Ads

Beginilah Cara Dapat Uang Dari Google Ads Yang Wajib Diketahui

Mempromosikan bisnis melalui Google Ads memberikan kesempatan bagi produk yang dipromosikan untuk tampil pada urutan teratas pencarian di Google. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan untuk kemajuan bisnis. Simak langkah-langkah berikut ini sebagai cara dapat uang dari Google Ads.

  • Buka Fitur Google Ads Dan Buat Akun

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk bisa mendapatkan uang dari Google Ads tentu saja adalah membuat akun terlebih dahulu. Langkah ini sangat mudah karena cukup dengan masuk ke fitur Google Ads dan membuat akun di Google.

Akun yang digunakan untuk mendaftar pada Google Ads bisa dengan memanfaatkan akun pribadi atau dengan membuat akun khusus. Keuntungan membuat akun khusus untuk Google Ads salah satunya adalah akun pribadi tidak akan penuh terisi email dari Google Ads.

  • Memilih Tujuan Atau Goal

Setelah membuat akun di Google Ads, maka memilih goal menjadi langkah berikutnya sebagai cara menghasilkan uang dari Google Ads. Google memberikan tiga pilihan tujuan atau goal yang bisa disesuaikan dengan tujuan pemasangan iklan.

Baca Juga:  Deretan Aplikasi untuk Merekam Layar PC, Youtuber Harus Tahu!

Goal pertama memberikan pilihan bagi calon konsumen untuk menghubungi pemasang iklan melalui telepon. Hal ini tentu saja sangat sesuai bagi pemasang iklan dengan produk yang memerlukan konsultasi terlebih dahulu. Jasa konseling merupakan salah satu bisnis yang sangat sesuai jika memilih goal yang pertama ini.

Bisnis yang menuntut konsumen untuk mendatangi lokasi bisnis sebaiknya memilih goal yang kedua. Goal kedua ini akan meminta calon konsumen mengunjungi lokasi fisik dari bisnis. Kafe, restoran, rumah makan, dan tempat wisata merupakan beberapa bisnis yang cocok untuk menggunakan pilihan kedua ini.

Cara dapat uang dari Google Ads akan semakin menyenangkan apabila pebisnis memiliki website sendiri. Pada goal ketiga ini, calon konsumen akan diarahkan langsung untuk mengunjungi website dari pengiklan. Calon konsumen tidak perlu melakukan panggilan telepon ataupun datang langsung ke lokasi fisik.

  • Memilih Jangkauan Lokasi

Salah satu keuntungan melakukan promosi dengan memanfaatkan Google Ads adalah adanya pilihan jangkauan lokasi. Pemasang iklan bebas untuk memilih lokasi dari target iklannya. Lokasi ini tidak harus di Indonesia, namun juga bisa di luar negeri tergantung target pasarnya.

Apabila produk yang dipasarkan hanya diperuntukkan bagi wilayah tertentu, maka jangkauan lokasi yang dipilih bisa disesuaikan. Bahkan untuk lebih mempersempit wilayah jangkauan, bisa dipilih nama kota atau provinsi yang dituju.

  • Memilih Kategori

Memilih kategori bisnis yang akan diiklankan wajib untuk dilakukan. Hal ini akan membantu pihak Google menentukan target audience dari iklan yang dipasang. Apabila pemasang iklan tidak memilih kategori bisnis yang digeluti, sangat mungkin Google menayangkan iklan pada audience yang tidak tepat.

  • Membuat Copy Writting

Copywriting atau copy iklan untuk ditayangkan dalam Google Ads tidak bisa dibuat sembarangan. Salah satu cara dapat uang dari Google Ads haruslah memperhatikan detail copy iklan ini.

Baca Juga:  2 Cara Flash HP Samsung Dengan Gampang dan Persiapannya

Google memberikan batasan jumlah karakter yang wajib dipenuhi untuk penayangan iklan melalui Google Ads. Judul iklan tidak boleh lebih dari 30 karakter sementara isi iklan maksimal 80 karakter. Pengiklan benar-benar harus menyusun copy iklan secara efektif dan efisien namun tetap menarik calon konsumen.

  • Memasukkan Foto (Tidak Wajib)

Meskipun tidak wajib memasukkan foto di Google Ads, namun foto yang menarik tentu saja akan semakin mengundang ketertarikan calon konsumen. Memilih foto yang bagus dan menarik akan menjadi nilai tambah sehingga diharapkan calon konsumen tertarik bertransaksi. Foto yang diunggah maksimal adalah tiga buah foto.

  • Menentukan Anggaran

Memasang iklan berbayar tentunya tidak terlepas dari masalah anggaran atau budget. Google memberikan keleluasaan bagi pemasang iklan untuk menentukan anggaran iklan. Anggaran bisa ditentukan per hari sehingga apabila anggaran harian sudah terpenuhi, Google tidak akan menampilkan iklan di sisa hari tersebut.

Pengiklan tidak perlu kawatir tentang anggaran iklan ketika memanfaatkan Google Ads. Google menerapkan sistem Pay Per Click atau membayar hanya jika ada orang yang mengklik iklan. Jadi apabila iklan tersebut  muncul namun tidak diklik oleh orang yang melihat iklan, maka anggaran iklan tidak akan berkurang.

Bagi pemula di Google Ads, ada baiknya untuk beriklan dengan anggaran rendah terlebih dahulu. Lakukan analisa hasil yang diperoleh dari pemasangan iklan untuk menentukan anggaran iklan selanjutnya. Cara mendapat uang dari Google Ads salah satunya adalah dengan jeli melakukan analisa anggaran.

  • Memilih Metode Pembayaran

Langkah terakhir yang perlu dilakukan sebagai cara dapat uang dari Google Ads adalah dengan memilih metode pembayaran yang akan digunakan. Saat ini pengiklan tidak harus memiliki kartu kredit untuk bisa memasang iklan di Google Ads.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy A12 : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Google memberikan pilihan bagi para pengiklan terkait dengan pembayaran iklan mereka. Jika dulu pengiklan harus memiliki kartu kredit untuk bisa beriklan di Google Ads, maka saat ini bisa memanfaatkan transfer bank. Hal ini semakin mempermudah pebisnis menemukan cara dapat uang dari Google Ads.

Beginilah Mekanisme Cara Dapat Uang Dari Google Ads

Bagi pemula di bidang Google Ads, kemungkinan akan menjadi penasaran bagaimana cara dapat uang dari Google Ads. Setelah berhasil memasang iklan di Google Ads seperti langkah yang dijelaskan di atas, maka pengiklan cukup menunggu laporan dari Google.

Analoginya adalah sebagai berikut. Ketika orang melakukan pencarian suatu produk pada kolom pencarian Google, maka produk-produk yang terkait akan dimunculkan oleh Google. Produk yang telah didaftarkan pada Google Ads akan muncul pada deretan paling atas.

Produk yang muncul pada deretan atas memiliki peluang lebih besar untuk dilihat dan klik oleh orang yang mencari produk tersebut. Dengan demikian maka peluang untuk mendapatkan uang atau penghasilan lewat Google Ads juga lebih besar.

Pemilihan kata kunci yang sesuai saat pemasangan iklan menjadi sangat penting. Kata kunci atau keyword yang menjual biasanya tidak hanya ditarget oleh satu pebisnis saja. Persaingan dalam penggunaan kata kunci ini juga akan mempengaruhi kemunculan iklan yang dipasang.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kemunculan iklan pada kolom pencarian. Google memiliki penilaian khusus untuk menentukan siapakah yang memenangkan persaingan penggunaan kata kunci. Hal ini akan berpengaruh terhadap cara dapat uang dari Google Ads.

Seiring dengan perkembangan pemasaran online, Google AdWords atau biasa disebut Google Ads menjadi salah satu pilihan yang harus dipertimbangkan. Cara dapat uang dari Google Ads haruslah dipahami dan dipraktikan secara tepat agar memperoleh hasil sesuai dengan target. Selamat mencoba.

About Admin

Check Also

Cara Isi Tinta Canon IP2770

Mudah! Begini Cara Isi Tinta Canon IP2770 Sendiri

jejakblog – Cara isi tinta Canon IP2770 merupakan hal yang penting diketahui terutama bagi orang-orang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *