Cara Dapat Bantuan Bank Mekar Bagi Pengusaha UMKM, Mudah!

jejakblog – Masa pandemi yang berkepanjangan membuat semua sektor usaha menjadi rontok termasuk bagi  usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Oleh karenanya  pemerintah menyalurkan bantuan yang lebih dikenal dengan bantuan Bank Mekar

Bantuan PNM Mekar  adalah  bantuan dari pemerintah yang diberikan melalui Kementerian Koperasi dan UKM. BLT yang familiar disebut dengan bantuan Bank Mekar diperuntukan bagi pelaku UMKM yang terdampak pandemik Covid 19.

bantuan Bank Mekar

Tata Cara Penerimaan Bantuan Bank Mekar

Bagi Anda pelaku UMKM yang ingin mengetahui apakah menjadi penerima   Bantuan Bank Mekar 2021 dapat mengakses banpresbpum.id terlebih dahulu. Setelah itu, Anda dapat mencarinya pada bank yang ditunjuk.

1. Syarat Bantuan Bank Mekar

Untuk mendapatkan  Bantuan Bank Mekar Dari Jokowi Anda harus menyiapkan dokumen yang menjadi persyaratannya. Dengan  melengkapi dokumen yang diminta, maka pelaku usaha tidak akan mengalami kesulitan pada saat pencairan dana.

  • Anda adalah pelaku UMKM berkewarganegaraan Indonesia.
  • Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Memiliki Kartu Keluarga (KK).
  • Memiliki usaha mikro. Hal ini dibuktikan dengan adanya surat usulan calon penerima BPUM dari lembaga yang  mengusulkan. Disertakan lampirannya sebagai suatu kesatuan yang tidak terpisah.
  • Anda bukan pelaku usaha UMKM  yang mempunyai jabatan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), anggota TNI/Polri maupun pegawai BUMN/BUMD.
Baca Juga:  Yakin Bitcoin adalah Investasi Terbaik di Tahun 2021? Simak Dulu Ini!

2. Langkah-Langkah Mengecek

  1. Kunjungi laman banpresbpum.id
  2. Ketikanlah nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP) Anda. Lanjutkan dengan “Cari”.
  3.  Selanjutnya Anda akan melihat apakah termasuk dalam pelaku usaha yang menerima bantuan Bank Mekar alias BLT UMKM program BPUM 2021.
  4. Jika Anda dinyatakan  mendapatkan bantuan, maka wajib memenuhi syarat-syarat dokumen yang diminta.  Bantuan Bank Mekar Tahap 3 sudah cair dan kini memasuki pencairan tahap keempat.
  • KTP elektronik

Kartu identitas ini diperlukan untuk membuktikan bahwa Anda adalah pelaku UMKM yang menerima bantuan  Bantuan Bank Mekar

  • SPTJM UMKM

Anda wajib melengkapi SPTJM UMKM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak UMKM) yang dikeluarkan oleh kabupaten. Surat ini adalah pernyataan yang berisikan pernyataan sebagai penerima bantuan UMKM.

SPTJM dapat disesuaikan dengan  lokasi Anda berusaha. Surat pernyataan ini juga bisa Anda dapatkan di Bank BNI terdekat.

  • Buku Tabungan dan Kartu Debit

Untuk menerima   bantuan Bank Mekar Anda harus terdaftar sebagai pemilik rekening di Bank BNI. Ini  dibuktikan dengan kepemilikan buku tabungan. Buku tabungan ini juga digunakan untuk melakukan pengecekan mutasi pada rekening.

Baca Juga:  Wajib Tahu! Inilah Daftar Biaya Administrasi Bank di Indonesia

Petugas akan melakukan verifikasi dan pencocokan data. Setelah semuanya sesuai, maka petugas akan membuka blokir pada dana bantuan UMKM yang telah diterima.

Dana sebesar 1,2 juta akan masuk pada rekening Anda setelah sehari  pembukaan blokir. Anda dapat menariknya  menggunakan teller, mesin ATM, agen BNI dan lainnya.

3. Tahap 3

Sudah menjelang akhir tahun, mungkin bagi  bagi pelaku usaha sudah  banyak yang menanyakan kapan bantuan Bank Mekar Kapan cair? Sila Anda kunjungi laman banpresbpum.id. Atau Anda juga dapat mengunjungi Bank BNI terdekat.

Untuk pencairan tahap 3 telah berlangsung pada September 2021,yang diberikan hanya kepada pelaku usaha nasabah PNM Mekar yang sebelumnya tidak pernah mendapatkan bantuan pada tahun 2020 dan 2021.

4. Kesulitan Mengecek Bantuan

Jika Anda mengalami kesulitan  untuk masuk ke laman banpresbpum.id, cobalah langkah berikut ini

  • Bukalah halaman browser Anda kemudian  pilihlah “History”.
  • Hapus data yang ada.
  • Bersihkan “Cache.”
  • Pastikanlah jaringan internet yang digunakan pada saat Anda login stabil. Jika koneksi internet Anda tidak stabil,maka koneksi akan terputus.
  • Karena laman dibuka serentak oleh banyak orang, maka disarankan Anda membukanya pada saat waktu yang sepi. Misalnya tengah malam atau dini hari.
  • Jika masih mengalami kendala, Anda disarankan untuk menghubungi Bank BNI untuk mengecek apakah masuk ke dalam penerima  bantuan ini.
Baca Juga:  Cara Buat Rekening Online dengan Cepat, Yuk Ikuti!

5. Eformbri.co. id

Jika Anda belum bisa mengaksesnya pada laman resmi banpresbpum.id, cobalah untuk mengakses eformbri.co.id. dengan langkah sebagai berikut :

  • Bukalah website  https://eform.bri.co.id/bpum
  • Masukanlan nomor KTP dan kode verifikasi
  • Tekan proses “INQUIRY” yang ada pada halaman tersebut.
  • Selanjutnya pada halaman berikutnya Anda akan melihat keterangan apakah nomor KTP yang Anda masukan terdaftar sebagai penerima bantuan atau tidak.JIka tidak, maka akan ada notifikasi “Nomor e-KTP tidak terdaftar sebagai penerima BPUM”.

Bantuan Bank Mekar ini adalah bantuan agar pelaku UMKM tetap dapat berusaha di tengah pandemi ini. Kelola dengan bijak dana yang diberikan agar usaha Anda tetap berjalan.

About Admin

Check Also

daftar Bank Perkreditan Rakyat

Daftar Bank Perkreditan Rakyat dan Jenis Pelayanannya

jejakblog – Termasuk dalam golongan perbankan yang ada di Indonesia, daftar Bank Perkreditan Rakyat (BPR) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *