Cara Daftar Pinjaman Bank BRI Mudah dan Praktis, Simak Yuk!

jejakblog – Bagi nasabah BRI penting kiranya untuk mengetahui cara daftar pinjaman Bank BRI. Jadi, jika suatu saat membutuhkan uang, baik untuk tambahan modal atau lainnya. Maka, tidak perlu lagi memikirkan bagaimana caranya.

Namun, sebelum melakukan pinjaman ke bank, sebaiknya mempertimbangkannya terlebih dahulu. Apakah mampu mencicil dana pelunasannya atau tidak.

cara daftar pinjaman Bank BRI
cara daftar pinjaman Bank BRI

Cara Daftar Pinjaman Bank BRI

Terdapat berbagai cara daftar pinjaman Bank BRI, baik  itu secara online maupun offline. Tinggal memilih saja, cara mana yang lebih mudah menurut masing-masing perseorangan. Berikut ini rinciannya:

  • Daftar Pinjaman Bank BRI Melalui Kantor Cabang

Cara mengajukan pinjaman ke Bank BRI bisa melalui kantor cabang terdekat. Sebelum itu, sebaiknya menyiapkan dokumen yang kiranya dibutuhkan nanti, berupa KK atau lainnya.

Dengan begitu, ketika sampai di lokasi dan melakukan pengajuan, maka tidak perlu bolak-balik mengambil berkas. Prosesnya juga akan lebih cepat. Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Datang ke kantor cabang Bank BRI terdekat.
  2. Kemudian, mengisi formulir pinjaman sesuai dengan jenis pinjaman yang ingin diajukan.
  3. Lalu, petugas akan meminta berkas-berkas yang harus peminjam lengkapi. Diantaranya seperti KK, KTP, NPWP, dan Surat Keterangan Usaha. Jika jaminannya berupa kendaraan, maka juga harus membawa BPKB.
  4. Jika semua berkas sudah peminjam bawa dan lengkap semuanya, maka tinggal memberikannya saja.
  5. Selanjutnya, petugas atau pihak BRI akan memproses pengajuan tersebut.
  6. Kemudian, akan ada uji kelayakan usaha untuk calon peminjam. Caranya dengan melakukan survei ke lapangan.
  7. Jika di tahap uji kelayakan usaha pihak bank menganggap memenuhi persyaratan. maka, pengajuan pinjaman akan disetujui.
  8. Setelah itu, baru melakukan penandatanganan kontrak perjanjian kresit pinjaman.
  9. Kemudian, pinjaman online BRI langsung cair sesuai dengan kesepakatan sebelumnya.
Baca Juga:  15 Cara Buat Rekening Permata Online, Syarat dan Keuntungannya

Pelunasan dana pinjaman tersebut harus diangsur setiap bulannya. Angsurannya meliputi dana pokok dan bunga sesuai dengan kesepakatan awal yang telah tercantum dalam kontrak perjanjian.

  • Cara Daftar Pinjaman Online Bank BRI

Jika ingin meminjam uang di BRI, tidak harus mendatangi kantornya langsung. Sebab, sekarang sudah ada cara yang lebih praktis, yaitu melalui akses online. Berikut ini tahapannya.

  1. Buka browser di perangkat yang digunakan.
  2. Kemudian, menuju halaman situs https://pinjaman.bri.co.id/
  3. Setelah masuk ke halaman pinjaman BRI, lalu pilih menu Simple Form.
  4. Ada syarat dan ketentuan yang akan terlampir. Jadi, bisa membacanya secara saksama terlebih dahulu. Tujuannya agar mengetahui bagaimana kinerja dan hal-hal yang wajib dipatuhi.
  5. Setelah membacanya, silakan checklist opsi Syarat dan Ketentuan.
  6. Lalu, tekan tombol Setuju & Ajukan Pinjaman.
  7. Selanjutnya, tinggal mengikuti langkah-langkahnya sampai selesai.
  • Cara Daftar Pinjaman Bank BRI Melalui Aplikasi

Melakukan pinjaman BRI online bukan hanya dapat melalui situs web, melainkan juga ada aplikasinya. Namanya adalah BRISPOT. Jika ingin mengetahui cara-caranya, maka bisa menyimak penjelasan berikut.

  1. Langkah pertama ialah melakukan pengunduhan aplikasi BRISPOT terlebih dahulu. Kemudian, lakukan penginstalan agar bisa memulai prosesnya.
  2. Kemudian melakukan registrasi diri. Biasanya, akan diminta untuk memasukkan beberapa data yang sesuai dengan KTP. Jadi, pastikan nama atau nomor yang dimasukkan sudah benar.
  3. Selanjutnya, memilih pinjaman. Pengguna bisa menyesuaikan dengan jenis pinjaman yang akan diajukan.
  4. Pinjaman juga tersedia dalam beberapa pilihan. Diantaranya Briguna Umum, Briguna Purna, dan Briguna Pekerja BRI.
  5. Setelah memilih, maka bisa mengikuti langkah-langkah selanjutnya sampai selesai.
Baca Juga:  Cara Ambil Kartu ATM BCA Setelah Daftar Online, 4 Langkah Saja!

Tips Memperoleh Pinjaman Bank BRI dengan Cepat

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar memperoleh pinjaman BRI dengan cepat. Dengan begitu, suntikan modal usaha yang ingin peminjam peroleh, bisa segera cair.

  • Memiliki Jaminan

Jika ingin melakukan pengajuan pinjaman, sebaiknya ada yang jaminannya. Jadi, peminjam bisa menggunakannya sebagai bukti bahwa mampu untuk melunasi pinjaman tersebut.

Baca Juga:  Cara Daftar BRIS Online Tanpa ke Bank dan Cara Registrasinya

Surat jaminan bisa berupa BPKB, adanya usaha, sertifikat tanah, atau SK pengangkatan. Jika sudah melampirkan hal tersebut, maka pihak bank tidak khawatir jika peminjam akan lari dari tanggungjawab.

  • Tidak Memiliki Utang atau Kredit di Tempat Lain

Tips selanjutnya adalah tidak memiliki daftar pinjaman di tempat lain. Pihak bank dapat melakukan survei kepada data diri peminjam dan transaksi keuangannya. Jadi, jika mempunyai utang di tempat atau bank lain bisa diketahui.

  • Mempunyai Usaha Legal

Hal ini jika melakukan pengajuan pinjaman untuk suntikan modak usaha. Jadi, peminjam harus terbukti memiliki usaha yang legal dan tidak melanggar aturan hukum Indonesia.

  • Usaha Tidak Sedang Berhenti

Selain perlu bukti adanya usaha yang dilakukan tersebut legal. Hal lainnya adalah usaha tersebut masih berjalan dan bisa menggambarkan potensi omzet usaha.

Demikianlah pembahasan mengenai cara daftar pinjaman Bank BRI. Langkah-langkah tersebut sangat mudah diterapkan bagi siapa saja yang ingin melakukan peminjaman modal.

About Admin

Check Also

daftar Bank Perkreditan Rakyat

Daftar Bank Perkreditan Rakyat dan Jenis Pelayanannya

jejakblog – Termasuk dalam golongan perbankan yang ada di Indonesia, daftar Bank Perkreditan Rakyat (BPR) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *