Bingung Cara Daftar Bansos UMKM? Penuhi Syarat-Syaratnya Mudah Tanpa Ribet

jejakblog – Bantuan sosial atau bansos UMKM kini hadir untuk Anda. Salah satu program pemerintah yang tergolong dalam Banpres 2020 telah digalakkan bagi pemilik Usaha Kecil Menengah. Bantuan ini bertujuan untuk meningkatkan stabilitas perekonomian nasional akibat terdampak pandemi Corona atau Covid 19.

Anda memiliki usaha rumahan? Ikutilah program pemerintah berupa bantuan sosial UMKM ini guna memajukan usaha dirumah. Anda tentunya perlu melengkapi beberapa dokumen pengantar serta syarat-syarat yang berlaku sebelum mendaftar. Apa saja syarat-syaratnya? Bagaimana cara daftar bansos UMKM dengan mudah tanpa ribet? Simak pemaparannya berikut ini.

Cara Daftar Bansos UMKM

Apa Itu Program Bantuan Sosial UMKM?

Sebelum memahami cara daftar bansos UMKM, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai apa itu bantuan sosial UMKM. Bansos UMKM merupakan program bantuan pemerintah terhadap pelaku usaha mikro kecil menengah yang terdampak pandemi Covid 19 dan dibuka pada kurun tahun 2020.

Pemerintah memberikan bantuan sosial ini kepada para pelaku UMKM melalui program BPUM. BPUM merupakan Bantuan Produktif Usaha Mikro dari pemerintah yang dibentuk sebagai upaya dalam membantu pemilik Usaha Kecil Menengah atau UKM di masa pandemi ini. Bagi Anda yang ingin mendapat bansos ini perlu memenuhi beberapa syarat-syarat yang sudah ditentukan.

Baca Juga:  BNI Kartu Debit Bansos 2020, Bantu Salurkan Dana Bantuan Covid 19

Apa Saja Syarat Yang Harus Dipenuhi untuk Mendapat Bansos UMKM?

Adapun cara daftar bansos UMKM ini adalah dengan memenuhi beberapa persyaratan tertentu. Anda harus membawa sejumlah berkas yang dibutuhkan. Calon penerima bantuan sosial juga tidak sembarangan. Terdapat beberapa kriteria bagi orang-orang yang berhak mendapat bansos menurut Kementerian Koperasi dan UMKM, sebagai berikut.

WNI Yang Memiliki Nomor Induk Kependudukan atau NIK

Bansos UMKM ini merupakan program bantuan presiden bagi masyarakat Indonesia yang terdampak pandemi Covid 19. Program ini tentunya ditujukan khusus bagi Warga Negara Indonesia asli. Warga negara asing ataupun pendatang yang berkunjung ke Indonesia tidak berhak menerima bansos UMKM tersebut.

Calon penerima bantuan sosial UMKM merupakan warga Indonesia asli. Anda harus memiliki Nomor Induk Kependudukan yang dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Tanda Penduduk atau KTP sebagai bagian dari proses cara daftar bansos UMKM. Selain KTP, Anda juga bisa melampirkan Kartu Keluarga sebagai dokumen pendukung.

Calon Penerima Bansos Tidak Sedang Menerima Kredit Modal atau Investasi dari Perbankan

Menteri Koperasi menyatakan bahwa syarat utama bagi calon penerima bansos adalah benar-benar memiliki Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM. Selain itu pemilik usaha ini juga tidak dalam keadaan sedang menerima keredit modal atau interaksi pinjam meminjam dengan bank manapun.

Baca Juga:  Simak 5 Cara Dapat Beasiswa di Universitas Sebelas Maret (UNS)! Ragam Beasiswa yang Ditawarkan

Calon penerima bansos adalah benar-benar bersih dari tunggangan bank. Saat ini pemerintah sudah mengumpulkan data dari tujuh belas juta Usaha Mikro Kecil Menengah sebagai penerima bansos. Informasi mengenai data tersebut adalah berasal dari Dinas Koperasi, OJK, dan bank wakaf mikro.

Bukan Berasal Dari Golongan PNS, TNI/ Polri, Pegawai BUMN/ BUMD

Cara daftar bansos UMKM juga harus memenuhi syarat yang satu ini, yaitu bukan bagian dari ASN, Pegawai BUMN/ BUMD, ataupun anggota TNI/ Polri. Anggota keluarga semisal suami/istri atau anak dari aparatur tersebut masih boleh mendaftar dengan syarat memiliki usaha atas namanya sendiri.

Sebenarnya bantuan sosial ini diprioritaskan bagi pemilik UMKM dan yang merupakan warga miskin dan memerlukan dana bantuan untuk memajukan usahanya, apalagi dalam keadaan terdampak Covid 19 yang banyak membutuhkan pendapatan lebih sebagai usaha untuk memajukan perekonomian serta kesejahteraan keluarganya.

Sudah Mendaftar ke Aparat Desa atau Wilayah Setempat

Setelah Anda memenuhi beberapa syarat diatas, Anda harus mendaftarkan diri ke RT/ RW serta Kelurahan di wilayah masing-masing. Pastikan Anda juga membawa dokumen-dokumen yang dibutuhkan sebagai lampiran. Dokumen wajib yang harus dipenuhi yaitu identitas diri berupa KTP dan NIK.

Langkah yang harus Anda lakukan ketika melengkapi dokumen sebagai cara daftar bansos UMKM yaitu dengan meminta surat pengantar dari RT dan RW. Selanjutnya, Anda bisa meminta persetujuan rekomendasi dari kelurahan untuk memasukkan nama Anda sebagai calon penerima bantuan sosial UMKM.

Bagaimana Cara Mengecek Nama Pendaftar Bansos UMKM?

Anda sudah memahami cara daftar bansos UMKM dan telah memenuhi syarat-syaratnya? Kini Anda bisa mengecek nama Anda melalui website resmi BPUM atau mengakses menggunakan laman resmi Bank BRI dengan cara memasukkan nomor KTP beserta kode verifikiasi untuk memastikan kevalidan akun pendaftar.

Baca Juga:  Simak, 5 Cara Dapat Beasiswa PPA 2021 ! Ikuti Trik Ini

Jika sudah berhasil terverifikasi sebagai pendaftar, maka nama Anda akan muncul dan teridentifikasi bahwa nomor KTP sudah terdaftar sebagai calon penerima bansos UMKM. Langkah selanjutnya adalah Anda harus menyiapkan beberapa lampiran dokumen untuk memenuhi syarat sebelum mencairkan bantuan sosial UMKM.

Proses Pencairan Dana Bantuan Sosial UMKM

Tahapan pencairan dana bansos UMKM adalah para calon penerima harus melampirkan dokumen sebagai persyaratannya. Anda harus menyiapkan buku tabungan, kartu ATM, dan juga identitas diri berupa KTP asli. Anda juga perlu melengkapi dokumen-dokumen lain, seperti Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak atau SPTJM serta Surat Kuasa Penerima.

Bantuan sosial presiden ini merupakan dana bantuan produktif kepada para pelaku Usaha Kecil Menengah yang termasuk ke dalam bentuk hibah, bukan suatu pinjaman ataupun kredit. Oleh karena itu, pada saat proses pencairan dana bansos UMKM ini, Anda tidak akan dikenakan biaya apapun.

Demikian informasi mengenai cara daftar bansos UMKM tanpa ribet. Syarat-syarat yang harus Anda lampirkan pun sangat mudah. Apabila masih mengalami kebingungan atau ketidakjelasan dalam proses melampirkan dokumen-dokumen pengantar, Anda bisa menanyakan dan konsultasi langsung kepada aparat wilayah setempat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi calon penerima bansos.

About Admin

Check Also

4 Cara Mendapatkan Beasiswa MEXT Ampuh! Wujudkan Impian Sekolah Tinggi

jejakblog – Beasiswa MEXT adalah idaman para mahasiswa, bahkan sejak masih di tingkat SMU. Tentu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *