Cara Daftar Bansos UMKM Online BLT Terbaru

jejakblog – Di era pandemi saat ini, Pemerintah memberikan bantuan sosial untuk pelaku UMKM. Para pengusaha UMKM memang benar-benar membutuhkan perhatian khusus di era yang tidak menentu seperti ini. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui bahwa ternyata terdapat beberapa daftar Bansos UMKM online di Indonesia.

Untuk kali ini, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara daftar bansos UMKM secara online terbaru di tahun 2021. Oleh karena itu, pahami penjelasan ini hingga akhir.

daftar Bansos UMKM online

Mengenal Bansos UMKM BLT

Cara daftar Bansos UMKM online ini mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, sebelumnya Anda harus mengetahui apa itu Bansos BLT. BLT merupakan kepanjangan dari Bantuan Langsung Tunai yang ditunjukkan oleh para pelaku usaha di Indonesia.

Program ini ini sudah dijalankan sejak 2020 yang lalu melalui topangan dana pemerintah. Jika Anda terdaftar ke dalam penerima Bansos BLT ini maka nantinya akan diberikan bantuan dana sebesar Rp. 2,4 juta rupiah.

Syarat-Syarat Daftar Bansos UMKM Online

Untuk mendapatkan Bansos UMKM online Anda harus mengetahui syarat-syarat untuk menjadi salah satu data di dalamnya. Bersumber pada website resmi kemenkop UKM, berikut adalah syarat-syarat untuk mengajukan bansos 2021 BLT

Baca Juga:  Simak 5 Cara Dapat Beasiswa di Universitas Malikussaleh (UNIMAL)! Ragam Beasiswa yang Ditawarkan

Warga Negara Indonesia

Syarat pertama untuk daftar Bansos UMKM online, Anda harus merupakan Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan adanya KTP. Karena pada dasarnya bantuan sosial ini memang benar-benar ditujukan untuk para pelaku usaha yang ada di Indonesia dan asli dari negara sendiri. Oleh karena itu, warga negara asing tentu saja tidak boleh mendaftar pada bantuan Bansos UMKM online BLT ini.

Mempunyai NIK

Cara daftar Bansos UMKM online ini Anda harus mempunyai NIK (Nomor Induk Kewarganegaraan). Diharuskan kepada Anda agar cek terlebih dahulu mengenai NIK yang ada di KK dan juga di KTP. Beberapa problem yang ada mengatakan bahwa terdapat seseorang yang mempunyai NIK yang berbeda antara KK dan KTP. Oleh karena itu, pastikan Anda mempunyai nomor induk kewarganegaraan yang benar-benar resmi dari pemerintah Indonesia.

Mempunyai Usaha UMKM

Syarat yang ketiga untuk mendapatkan bansos UMKM BLT Anda harus mempunyai sebuah usaha. Adapun usaha yang dimaksud disini antara lain seperti peternakan, kerajinan, pertanian, produk makanan, warung, dan lain sebagainya. Untuk peresmian usaha yang sedang dijalankan ini nantinya Anda akan dimintai surat pelaku usaha atau semacamnya. Ini untuk membuktikan bahwa Anda benar-benar sedang melakukan bisnis atau usaha di era pandemi ini.

Tidak Menerima Pembiayaan atau Kredit dari Pihak Lain

Cara daftar Bansos UMKM online juga menuliskan syarat agar penerimanya tidak menerima kredit dari bank atau kredit usaha rakyat atau KUR. Ini mungkin ditunjukkan karena pemerintah ingin fokus kepada pemberian bantuan satu program untuk 1 pelaku usaha. Sehingga, bantuan sosial ini bisa tersebar merata di kalangan masyarakat Indonesia.

Baca Juga:  Begini Cara Cek Bansos UMKM Dengan Mudah 2021

Bukan Aparatur Sipil Negara, PNS, TNI, dan Polri

Penerima bantuan UMKM ini ditujukan untuk pelaku usaha yang notabene pekerjaannya adalah hanya sebagai pengusaha. Jika Anda adalah seorang aparatur sipil negara, PNS, TNI, maupun Polri maka tidak diperkenankan untuk mendapatkan bantuan sosial ini.

Mengisi Formulir Pendaftaran dan Melampirkan Surat Keterangan Usaha

Syarat yang terakhir yaitu Anda harus mengisi formulir pendaftaran BLT yang sudah disediakan dari Dinas Koperasi dan UKM. Ini bisa Anda dapatkan di perangkat desa atau kelurahan sekitar. Anda juga harus melampirkan surat keterangan usaha atau SKU sebagai bukti pengusaha yang mempunyai usaha di domisili sekitar rumah.

Cara Daftar Bansos UMKM online BLT

Untuk cara daftar Bansos UMKM online BLT ini sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan identitas KTP dan KK. Jangan lupa untuk membawa surat keterangan usaha dari kelurahan yang sudah diresmikan. Setelah itu, kunjungi kantor dinas koperasi sesuai dengan wilayah Anda masing-masing untuk mengkonfirmasikan mengenai daftar UMKM online.

Jika pendaftaran sudah dibuka, Anda akan diminta untuk mengisi beberapa form online yang ada di dalam website. Anda harus mengisi form yang disediakan oleh pemerintah Kabupaten setempat dan diisi berdasarkan data yang sebenar-benarnya. Sebenarnya, untuk pengisian ini bisa Anda isi langsung dari rumah.

Baca Juga:  Mudah! Inilah Cara Daftar Bansos Online Tangerang

Akan tetapi, Anda juga bisa meminta bantuan pada pihak sekitar kelurahan untuk mendampingi dalam mengisi form online. Ini dikarenakan terdapat beberapa orang terutama di desa yang tidak mampu untuk mengakses form yang sudah disediakan karena keterbatasan sinyal atau yang lainnya.

Prioritas Wirausaha yang Akan Mendapatkan Bantuan Sosial BLT

Setelah mengetahui cara daftar Bansos UMKM online terbaru, Anda harus mengetahui beberapa prioritas yang di dituliskan oleh pemerintah melalui keputusan resminya. Adapun syarat yang menjadi prioritas adalah pelaku usaha yang mempunyai potensi dalam hal pengembangan usaha yang sudah berjalan paling singkat 6 bulan dan paling lama selama 3 tahun.

Selain itu, Anda belum pernah menerima bantuan dana sejenis dari Kementerian Koperasi dan juga UKM. Diharapkan juga bagi para pendaftar untuk mempunyai usia paling tinggi 45 tahun dan pendidikan paling rendah SLTP. Akan tetapi, jika Anda tidak termasuk kriteria dari prioritas yang sudah dituliskan tersebut Anda masih bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan bantuan sosial UMKM ini.

Itulah penjelasan lengkap mengenai daftar Bansos UMKM online dan bagaimana cara mendaftarnya. Banyak sekali syarat-syarat yang diajukan oleh pemerintah di atas dan diharapkan kepada Anda untuk memenuhi jika ingin mendapatkan bantuan untuk usaha yang sedang dijalankan.

Carilah informasi sebanyak mungkin mengenai Bansos UMKM online agar Anda bisa lebih paham dan juga mengetahui seberapa besar dana yang diluncurkan oleh pemerintah kepada para pelaku usaha di era pandemi seperti ini.

About Admin

Check Also

Beasiswa S1 hukum di Indonesia

Ingin Mendapat Beasiswa S1 Hukum di Indonesia, 6 Syarat Ini Harus Dipenuhi

jejakblog – Beasiswa S1 hukum di Indonesia memberikan kesempatan yang terbuka lebar bagi calon mahasiswa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *