Cara Daftar Bansos Jawa Tengah, Verifikasi Melalui Android Mudah dan Tepat Sasaran

jejakblog – Bansos atau bantuan sosial yang merupakan program bantuan presiden atau bansos tahun 2020 melalui Kemensos (Kementerian Sosial) untuk diberikan kepada masyarakat Indonesia yang terdampak pandemi Covid  19. Penyaluran bantuan ini dilakukan secara merata di seluruh Indonesia, termasuk wilayah Jawa Tengah.

Lantas, bagaimana cara daftar bansos Jawa Tengah dengan mudah? Anda hanya perlu memenuhi syarat-syarat yang berlaku. Untuk mengetahui nama penerima yang sudah terverifikasi, Anda bisa menanyakan langsung ke aparat desa setempat atau melakukan pengecekan menggunakan aplikasi android. Simak pemaparan berikut ini!

Cara Daftar Bansos Jawa Tengah

Siapakah yang Berhak Menerima Bansos Jawa Tengah?

Sebelum Anda memahami cara daftar bansos Jawa Tengah, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu tentang siapa saja yang berhak menerima bantuan sosial dari pemerintah ini. Calon penerima yang boleh mendaftarkan diri, adalah mereka yang saat ini tengah kehilangan mata pencaharian akibat pandemi covid 19 ataupun yang sedang mengalami kerugian usaha.

Pendaftar yang akan memperoleh bansos merupakan warga asli Jawa Tengah dengan dibuktikan identitas diri berupa KTP dan NIK. Pendaftar bansos yang sebelumnya belum pernah menerima bantuan apapun, silahkan terlebih dahulu mendaftarkan diri melalui RT/RW setempat untuk mendapatkan pengajuan rekomendasi.

Baca Juga:  Simak 5 Cara Dapat Beasiswa di Universitas Nusa Cendana (UNDANA)! Ragam Beasiswa yang Ditawarkan

Syarat Apa Saja yang Harus Dipenuhi Sebagai Cara Daftar Bansos Jawa Tengah?

Anda sudah merasa pantas dan berhak sebagai penerima bantuan sosial sesuai dengan karakteristik subjek yang sudah ditetapkan? Informasi lengkap mengenai syarat lebih lanjut yang bisa Anda pahami dan perlu disiapkan sebagai bagian dari cara daftar bansos Jawa Tengah berikut ini. Mari simak pemaparannya.

Nama Sudah Terdaftar sebagai Penerima Bansos

Lakukan konfirmasi kepada aparat desa setempat bahwa nama Anda sudah teridentifikasi sebagai daftar warga yang berhak menerima bantuan sosial ini. Jika sebelumnya sama sekali belum pernah terlibat sebagai daftar penerima bantuan, maka Anda bisa mengajukan diri, dengan catatan memenuhi karakteristik subjek yang ada.

Nama yang belum pernah terdaftar dalam penerima bantuan sosial Jateng ini, bisa dikarenakan sebelumnya merupakan bukan warga asli Jawa Tengah atau berperan sebagai warga baru dari wilayah Jawa Tengah. Tetap ikutilah prosedur yang ada dengan melampirkan dokumen-dokumen yang telah ditetapkan.

Warga Jawa Tengah yang Bukan Bagian dari Aparatur Negara

Bantuan sosial Jawa Tengah ini diprioritaskan bagi warga miskin dan tidak mampu. Anda harus menyertakan surat kuasa serta rekomendasi dari RT atau RW setempat. Surat tersebut adalah sebagai bukti bahwa Anda benar-benar termasuk dari kalangan warga Jawa Tengah yang saat ini sedang membutuhkan bantuan sosial akibat terdampak pandemi Covid 19 ini.

Cara daftar bansos Jawa Tengah ini tidak berlaku bagi warga Jawa Tengah dengan status sosial tinggi seperti PNS, aparatur negara TNI atau Polri, pegawai BUMN serta  BUMD. Rincian penerima bantuan sosial ini berlaku untuk ibu hamil, anak usia dini, penyandang disabilitas, lansia, pelajar, pemilik UKM dengan standarisasi strata sosial seperti ketentuan yang berlaku, yaitu selain aparatur negara.

Baca Juga:  Simak 5 Cara Dapat Beasiswa di Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh (POLITANIPYK)! Ragam Beasiswa yang Ditawarkan

Warga Jawa Tengah yang Berdomisili di Jakarta

Bagi Anda warga Jawa Tengah, namun masih harus stay di Jakarta karena tuntutan pekerjaan sehingga terjebak lockdown, maka Anda tidak perlu khawatir untuk tidak mendapat bantuan sosial ini. Pemerintah provinsi Jawa Tenga sudah bekerjasama dengan Gubernur DKI Jakarta untuk memudahkan prosesnya, yaitu melalui sistem aplikasi android.

Cara Daftar bansos Jawa Tengah memang sangat mudah dan menyeluruh bagi seluruh warga Jawa Tengah yang berhak mendapatkannya. Jika Anda sedang berada di Jakarta, Anda cukup mengunjungi alamat website yang sudah ditetapkan oleh Pemprov Jateng dan mengisi data diri dengan lengkap dan benar. Anda juga perlu mengunggah foto KTP Jawa Tengah dengan ukuran foto tidak lebih dari 1 MB.

Mengapa Penyaluran Bansos Melalui Sistem Aplikasi Android?

Setelah memahami cara daftar bansos Jawa Tengah, Anda juga perlu mengetahui bagaimana proses bansos ini dapat tersalurkan secara tepat sasaran kepada Anda ataupun para calon penerima yang berhak. Penyaluran bantuan sosial ini didukung dengan adanya sistem aplikasi berbasis android. Hal tersebut dapat dipastikan relevan serta tepat sasaran sesuai data penerima bansos.

Baca Juga:  Mau Tahu Bansos 300 Ribu Bulan Juni Kapan Cair? Cek Jadwalnya Disini!

Gubernur Jawa Tengah melepas bansos kepada masyarakat yang terdampak covid 19 ini di Kantor Pos Kota Semarang. Adapun proses penyaluran tersebut tentunya dibagi atas beberapa paket dan tahapan. Pada tahap pertama, terhitung sebanyak kurang lebih dua puluh delapan ribu paket untuk tiga kota di Jawa Tengah dengan rincian masing-masing 26.954 paket di Kota Semarang, 201 paket di Salatiga, dan 1.316 di Surakarta.

Bagaimana Proses Penyaluran Bansos Melalui Aplikasi Android?

Cara daftar bansos Jawa Tengah memanglah sangat mudah. Selain itu, proses penyalurannya pun juga mendapatkan jaminan secara tepat sasaran oleh gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Penyaluran bantuan yang didukung oleh sistem aplikasi android ini juga bekerja sama dengan pasukan yang nantinya akan mengantarkan bantuan tersebut secara langsung kepada calon penerima.

Sebagai calon penerima bantuan sosial Jawa Tengah, nantinya pasukan pos akan mendatangi rumah Anda, sesuai dengan alamat yang terdata. Mereka juga akan memintai foto diri Anda, NIK, serta Kartu Keluarga untuk dikirim ke server. Proses ini dapat memudahkan proses konfirmasi oleh pihak Kantor Pos ataupun Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Itulah informasi mengenai bagaimana cara daftar bansos Jawa Tengah dengan mudah. Bagi Anda yang sedang berada diluar Jateng, bisa memanfaatkan link website yang sudah ditetapkan oleh Pemprov Jawa Tengah. Proses penyalurannya pun sudah dijamin tepat sasaran. Hal tersebut dibuktikan dengan usaha pemerintah menggunakan verifikasi melalui sistem android bersama pihak Kantor Pos.

About Admin

Check Also

4 Cara Mendapatkan Beasiswa MEXT Ampuh! Wujudkan Impian Sekolah Tinggi

jejakblog – Beasiswa MEXT adalah idaman para mahasiswa, bahkan sejak masih di tingkat SMU. Tentu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *