Mau Tahu Cara Daftar Bansos 500 Ribu? Ini Caranya!

jejakblog – Sejak awal pandemi, pemerintah gencar memberikan bantuan-bantuan sosial kepada masyarakat. Hal ini dilakukan pemerintah untuk menunjang kesejahteraan masyarakat akibat covid-19. Bantuan tersebut berupa bahan sembako, hingga bantuan sosial berupa uang tunai. Salah satu bantuan sosial berupa uang tunai yaitu bansos tunai Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

KKS merupakan program pemerintah yang dahulu disebut KPS (Kartu Perlindungan Sosial). Kartu ini dapat digunakan untuk mengambil bantuan-bantuan sosial seperti sembako maupun bantuan non-tunai. Kartu ini diperuntukkan bagi mereka yang memiliki taraf hidup dengan ekonomi rendah. Lalu, bagaimana cara daftar bansos 500 ribu? Berikut penjelasan rincinya.

Kartu ini diperuntukkan bagi mereka yang memiliki taraf hidup dencara daftar bansos 500 ribu

Apa Saja Persyaratannya?

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum Anda mendaftarkan diri sebagai penerima bansos 500 ribu. Syarat utama mendapatkan bansos 500 ribu yaitu, Anda harus memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Sebelum mengetahui cara daftar bansos 500 ribu lebih lanjut, maka sebaiknya simak terlebih dahulu persyaratan yang harus dipenuhi berikut ini.

Memiliki Kartu Keluarga Sejahtera

Syarat pertama untuk mendaftar bantuan sosial 500 ribu yaitu memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). KKS merupakan program pemerintah yang dilakukan sebagai bukti rumah tangga miskin. Manfaat adanya Kartu Keluarga Sejahtera sendiri yaitu dapat digunakan untuk mengambil bantuan non-tunai dan dapat digunakan sebagai uang elektronik.

Baca Juga:  Begini Cara Cek Bansos UMKM Dengan Mudah 2021

Pada awalnya, Kartu Keluarga Sejahtera memiliki nama Kartu Perlindungan Sosial (KPS). Namun berdasarkan keputusan Peraturan Presiden Nomor 63 tahun 2017, kartu ini berubah nama menjadi Kartu Keluarga Sejahtera. Dengan bergantinya nama, maka bantuan yang awalnya diberikan secara tunai, berubah menjadi non-tunai.

Tidak Menerima Program Keluarga Harapan (PKH)

Persyaratan kedua yang harus Anda penuhi yaitu, tidak terdaftar sebagai penerima manfaat Program Keluarga Harapan. Program Keluarga Harapan merupakan program yang memberikan bantuan berupa fasilitas pelayanan kesehatan maupun pendidikan kepada keluarga miskin yang ditetapkan oleh Pemerintah sejak tahun 2007.

Program Keluarga Harapan berfokus pada fasilitas masyarakat miskin. Apabila Anda merupakan salah satu penerima manfaat Program Keluarga Harapan, maka dapat dipastikan bahwa Anda tidak akan menerima bantuan sosial dari Kartu Keluarga Sejahtera, seperti yang dijelaskan oleh Pemerintah. Diharapkan adanya bansos 500 ribu non PKH dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat

Bagaimana Cara Daftar Bansos 500 Ribu?

Sudah melengkapi syarat-syarat yang disebutkan diatas? Apabila beberapa persyaratan diatas sudah terpenuhi, maka selanjutnya Anda dapat melanjutkan cara daftar bansos 500 ribu. Adapun cara mendaftar bansos 500 ribu non PKH ini dilakukan secara online dengan melakukan cara dibawah ini.

Mengakses Cekbansos.siks.kemsos.go.id.

Anda tidak perlu bersusah payah untuk mencari tahu cara daftar bansos 500 ribu. Cukup buka laman kementerian sosial cekbansos.siks.kemsos.go.id. atau buka aplikasi SIKS-Dataku yang dapat diunduh melalui HP android/iOS yang Anda miliki. Kemudian, masukkan nomor identitas yang Anda miliki. Terdapat tiga pilihan nomor identitas untuk melakukan pencarian.

Baca Juga:  Sejarah Hari Lahir Pancasila, Tujuan Diperingati dan Makna Pancasila

Tiga nomor untuk melakukakn pencarian yang dimaksud yaitu nomor identitas yang terdaftar dalam sistem Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), nomor kepesertaan BPJS Kesehatan, dan yang terakhir Nomor Induk Kependudukan (NIK). Anda bisa memilih salah satu saja.

Masukkan Kode Captcha

Setelah memasukkan nomor identitas yang Anda miliki, akan muncul kode captcha. Masukkan kode captcha yang muncul. Setelah itu klik “cari”. Tunggu sebentar. Kemudian sistem akan memberikan informasi, apakah Anda sudah terdaftar dalam penerima bantuan sosial tersebut atau tidak.

Apabila Anda tidak terdaftar dalam bansos Kartu Keluarga Sejahtera, coba ulangi kembali dengan menggunakan dua nomor identitas lain yang Anda miliki. Jika masih belum terdaftar, hubungi aparat pemerintah setempat untuk dilakukan survey terkait kondisi ekonomi keluarga Anda serta mendapat tindak lanjut dari pihak yang berwenang.

Bagaimana Jika Tidak Terdaftar?

Sudah mengikuti tahap cara daftar bansos 500 ribu, namun tetap tidak terdaftar sebagai penerima bansos Kartu Keluarga Sejahtera? Jangan risau. Kini Anda dapat melakukan beberapa tindakan lain untuk mengatasi permasalahan Anda. simak uraian terkait pemecahan masalah Anda berikut ini.

Lapor Kepada Aparat Pemerintah

Apabila terjadi kesalahan dan tidak dapat melakukan pendaftaran sebagai calon penerima bansos, Anda dapat melaporkan kepada RT/ RW tempat tinggal Anda mengenai hal ini. Apabila Anda diberi masukan untuk mendatangi Kantor Kelurahan/ Kantor Desa tempat Anda tinggal, segera lakukan.

Baca Juga:  Simak, 5 Cara Dapat Beasiswa Tunai Bumi ! Ikuti Trik Ini

Anda juga wajib membawa dokumen-dokumen penting sebagai pengantar laporan Anda. Beberapa dokumen penunjang yang bisa Anda bawa yaitu, Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Tidak lupa membawa Kode Unik Keluarga yang diberikan oleh RT/RW Anda.

Menghubungi Kementerian Sosial

Cara kedua yang dapat Anda lakukan apabila tidak terdaftar, yaitu menghubungi pihak Kementerian Sosial melalui email bansoscovid19@kemsos.go.id. Anda juga bisa menghubungi costumer service Kementerian Sosial melalui Whatsapp di nomor 0811-1022-210.

Apabila kedua cara tersebut terasa sulit dilakukan, Anda bisa mengirimkan pesan singkat di nomor 0811-1022-210 dengan menggunakan format “Nama Lengkap (spasi) Nomor KTP (spasi) Alamat Lengkap (spasi) Aduan”.

Bagaimana Cara Mencairkan Dana Bansos 500 Ribu?

Setelah proses diatas sudah dilakukan, Anda tinggal menunggu proses pencairan bansos 500 ribu. Cara mencairkan bansos 500 ribu cukuplah mudah. Karena setelah Anda menerima Kartu Kesejahteraan Sosial, Anda juga akan mendapatkan nomor rekening bank yang nantinya dapat digunakan untuk mencairkan bansos 500 ribu.

Adapun bank yang bekerjasama dengan program Kartu Kesejahteraan Sosial antara lain Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, dan Bank BTN. Sekedar informasi, pencairan dana bansos hanya dapat dilakukan melalui bank saja, tidak dapat dilakukan menggunakan mesin ATM.

Demikian informasi mengenai cara daftar bansos 500 ribu. Apabila Anda nantinya menerima bantuan sosial Kartu Keluarga Sejahtera ini, pergunakanlah uang tersebut dengan bijaksana dan hati-hati. Karena tidak semua orang dapat menerima bantuan sosial ini. Semoga bermanfaat.

About Admin

Check Also

4 Cara Mendapatkan Beasiswa Kaist S2 Ampuh! Wujudkan Impian Sekolah Tinggi

jejakblog – Beasiswa Kaist S2 adalah incaran para mahasiswa, bahkan sejak masih di tingkat Sekolah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *