Ternyata Mudah, Begini Cara Daftar Bansos 3,5 Juta

jejakblog – Pemerintah tengah berupaya menghadapi dan mengatasi perekonomian yang semakin memburuk di Indonesia. Salah satunya Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) yang sekarang sedang menyelenggarakan program kerja Bantuan Sosial (Bansos)  yang ditujukan sebagai modal para pelaku usaha mikro.

Program Bantuan Sosial Insentif Modal Usaha (BSIMU) ini diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tergabung dalam Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) yang telah mendapat graduasi oleh Kemensos. Bantuan ini dalam bentuk uang senilai 3,5 juta (tiga juta lima ratus ribu rupiah) sebagai bantuan modal usaha masyarakat KPM PKH. Lalu, bagaimana cara daftar bansos 3,5 Juta?

cara daftar bansos 3,5 Juta

Apa Itu Bansos 3,5 Juta?

Sebelum mengetahui cara daftar bansos 3,5 Juta, Anda harus memahami terlebih dahulu apa maksud dari program tersebut. Program bantuan sosial ini dimaksudkan untuk masyarakat agar tidak terus bergantung pada bantuan dari pemerintah, sehingga menjadi masyarakat yang mendiri dan berdaya, yang ditujukan untuk KPM PKH yang telah di graduasi.

Sejak tahun 2021 Kementerian Sosial telah menetapkan target bantuan program ini untuk tujuh ribu KPM. Dengan rincian bantuan 3,5 juta yang dibagi dalam tiga bagian, yaitu modal usaha sebesar dua juta rupiah, inkubasi dan mentoring sebesar satu juta rupiah, dan sisanya adalah untuk pengamanan usaha sebesar lima ratus ribu rupiah.

Baca Juga:  Bansos UMKM Kapan Cair? Catat Jadwalnya pada 2021

Bagaimana Cara Daftar Bansos 3,5 Juta?

Anda perlu terdaftar dalam PKH terlebih dahulu untuk memperoleh bantuan sosial modal usaha 3,5 juta ini. Apa itu PKH graduasi? PKH graduasi merupakan bagian dari program KPM untuk meningkatkan kondisi sosial ekonomi keluarganya. Hal ini dibuktikan dengan pembaharuan data yang didapat oleh Kemensos. PKH graduasi dibagi menjadi dua yaitu, graduasi alamiah dan graduasi sejahtera mandiri.

Graduasi alamiah merupakan berakhirnya kepesertaan KPM PKH yang sudah tidak terdaftar lagi di kepesertaan PKH, atau tidak lagi memenuhi komponen ketentuan PKH. Sedangkan graduasi sejahtera mandiri yaitu berakhirnya kepesertaan KPM PKH sebab kondisi ekonomi KPM telah dinyatakan meningkat dan juga sejahtera, sehingga KPM sudah tidak berhak lagi memperoleh bantuan PKH.

Apa Saja Ketentuan untuk Mendapat Bansos 3,5 Juta?

Cara daftar bansos 3,5 juta adalah dengan memperhatikan beberapa syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan. Syarat-syarat tersebut perlu Anda perhatikan dengan benar agar memudahkan proses penyaluran dana nantinya, sehingga dapat terlaksana secara tepat sasaran. Simak pemaparan mengenai cara daftar bansos 3,5 juta berikut ini.

Warga Negara Indonesia yang Miskin atau Rentan Miskin

Ketentuan pertama yang merupakan bagian dari proses dan cara daftar bansos 3,5 juta yaitu warga negara Indonesia yang miskin atau rentan miskin. Kalangan bawah ini menjadi prioritas penerima bansos yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Warga miskin atau rentan miskin ini harus dibuktikan dengan surat pernyataan dari lingkungan daerah masing-masing.

Baca Juga:  4 Cara Mendapatkan Beasiswa Tata Boga Ampuh! Wujudkan Impian Sekolah Tinggi

Anda bisa mengajukan surat keterangan tidak mampu. Surat tersebut bisa Anda peroleh dari kelurahan melalui pengantar RT serta RW setempat. Apabila surat pernyataan miskin tersebut telah disetujui dan ditandatangani oleh kepala lurah, maka Anda bisa mengajukan syarat-syarat yang lainnya.

Bukan Bagian Anggota Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan Polri

Subjek penerima bantuan sosial ini adalah warga Indonesia yang tidak mampu, miskin atau rentan miskin. Tentu saja, para aparatur sipil negara, baik TNI maupun Polri tidak diperkenankan mengajukan atau mendaftarkan diri ataupun anggota keluarganya untuk menerima bantuan dana sosial dari pemerintah tersebut.

ASN, TNI, dan Polri sudah memperoleh bagian bantuan oleh negara sebagai abdi negara. Bantuan tersebut juga sudah ditetapkan oleh pemerintah dan peraturan perundang-undangan negara. Oleh karena itu, informasi mengenai cara daftar bansos 3,5 juta ini cukup bisa dipahami oleh sebagian warga negara Indonesia yang membutuhkan saja.

Sudah Terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS

Sebagai bagian dari cara memperoleh bansos 3,5 juta, Anda juga harus memperhatikan salah satu ketentuan yang satu ini. Anda harus memastikan bahwa nama Anda telah berhasil terdaftar dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) untuk perlindungan sosial. DTKS merupakan sistem data elektronik yang memuat informasi sosial, ekonomi, dan juga demografi dari tiap individu yang memiliki status kesejahteraan rendah di Indonesia.

Baca Juga:  Sudah Tahu Mengenai Bansos Bank BRI? Simak Penjelasannya!

DTKS ini sangat berguna untuk memperbaiki kualitas penetapan sasaran dari tiap-tiap program perlindungan sosial yang ada, salah satunya yaitu banpres bantuan sosial 3,5 juta ini. Pemerintah setempat akan melakukan pengecekan data diri Anda, baik sebagai penanggulangan ataupun perlindungan kemiskinan melalui sumber data DTKS tersebut.

Anggota KPM PKH dan Memiliki Usaha

Apakah Anda sudah mulai memahami bagaimana cara mendapatkan bansos 3,5 juta? Selain ketentuan-ketentuan yang sudah disebutkan diatas, ada satu lagi ketentuan sebagai prasyarat agar Anda bisa mendapatkan bantuan sosial ini, yaitu Anda sudah menjadi anggota KPM PKH serta memiliki usaha kecil menengah atau UKM. Lantas, bagaimana untuk mendaftar PKH?

Anda hanya perlu datang ke aparat desa termasuk kelurahan untuk dilakukan pendataan, sehingga nantinya dapat terverifikasi dan terdaftar dalam PKH. Pada prosesnya, Anda perlu menyerahkan identitas asli berupa KTP, KK, dan juga NIK sebagai teknisnya, serta kode unik keluarga yang sudah diberikan oleh pihak RT/RW atau kelurahan sebelumnya.

Itulah informasi mengenai cara daftar bansos 3,5 juta yang bisa Anda perhatikan. Ketentuan-ketentuan tersebut dapat Anda pertimbangkan sebelum mendaftarkan diri dan memperoleh bantuan sosial dari pemerintah. Semoga informasi diatas bermanfaat serta dapat menambah pengetahuan Anda ketika hendak mendaftarkan diri sebagai penerima bansos. Semoga juga mendapatkan bantuan yang diinginkan.

About Admin

Check Also

4 Cara Mendapatkan Beasiswa MEXT Ampuh! Wujudkan Impian Sekolah Tinggi

jejakblog – Beasiswa MEXT adalah idaman para mahasiswa, bahkan sejak masih di tingkat SMU. Tentu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *