6 Tutorial Cara Convert Excel Ke Word dengan Mudah

jejakblog – Cara convert Excel ke Word perlu diketahui karena terkadang dalam melakukan pekerjaan, perlu menggabungkan keduanya. Excel dan Word Merupakan dua program yang banyak digunakan orang untuk pengolahan data. File  dari kedua program tersebut dapat disatukan jika diperlukan. Namun, untuk penggabungan file dalam kedua program itu memerlukan cara tertentu.

Karakteristik file kedua program tersebut memiliki perbedaan yang cukup kentara. File dalam Word umumnya berupa narasi dan berbentuk DOC atau DOCX. Adapun file dalam Excel berupa tabel dan merupakan pengolahan data-data dalam bentuk angka. Bentuk dokumen Excel adalah XLS. Jika perlu menggabungkan kedua data tersebut, perlu memahami  cara convert Excel ke Word.

cara convert Excel ke Word

Cara Convert Excel Ke Word Dengan Mudah

Dalam menyajikan sebuah data, terkadang perlu menggabungkan data narasi dan data tabel agar semakin lengkap. Jika data tabel yang diperlukan berada di file Excel, perlu mengubahnya untuk dapat digabungkan ke dalam Word. Jadi, perlu cara convert file Excel ke Word dengan mudah. Berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk melakukannya.

1. Mengubah Excel ke Word menggunakan fitur salin tempel.

Salin tempel atau lebih dikenal dengan copy paste (copas) adalah metode menyalin suatu file berupa tulisan, gambar, maupun bagan dari satu file ke file lainnya. Cara ini juga bisa digunakan untuk menyalin dari Excel ke Word. Cara ini tergolong cukup mudah dan dapat dilakukan secara manual. Artinya, tidak memerlukan tambahan aplikasi untuk melakukannya.

Langkah melakukan copy paste ini adalah sebagai berikut:

  • Pada program Excel, sorot (blok) tabel yang akan disalin, kemudian tekan tekan Ctrl dan C bersamaan pada papan ketik.
  • Kemudian, buka program Word dan letakkan kursor di tempat yang diinginkan untuk meletakkan data Excel tadi.
  • Tekan Ctrl bersamaan dengan tombol V pada papan ketik. Dengan demikian, data Excel tersebut telah tersalin di Word.
  • Pilih salah satu dari paste option yang ada.
Baca Juga:  11 Cara Menghemat Baterai Xiaomi yang Mudah dan Ampuh

Paste option yang muncul adalah “keep source formatting and link to Excel”. Artinya, tabel yang telah disalin akan diperbarui jika tabel sumbernya yang ada di Excel diubah. Dalam Opsi berikutnya adalah “match destination table style and link to excel”. Opsi ini memungkinkan untuk membuka berkas asli di Excel dari word. Selanjutnya ada opsi “paste as picture”. Tabel akan ditempel pada Word dalam bentuk gambar.

2. Mengubah File Excel Ke Word Melalui pdfmall

Selain cara manual dengan menggunakan fitur salin tempel, ada cara mengubah excel ke word yang lainnya. Cara ini cukup mudah yaitu dengan melakukannya secara online melalui situs tertentu. Ada beberapa situs online yang menyediakan jasa mengonversi file Excel ke Word. Salah satunya adalah menggunakan situs pdfmall.com yang dapat diakses melalui browser.

Berikut ini adalah Cara convert excel ke word menggunakan pdfmall.com.

  • Buka pdfmall (dot) com melalui browser
  • Pilih file Excel yang akan dikonversi ke Word, kemudian upload file tersebut
  • Pilih “gunakan hanya teks dari XLS” atau “gunakan OCR” kedua pilihan tersebut berfungsi untuk memilih tipe pengenalan file
  • Klik tombol convert
  • Tunggu beberapa saat, jika selesai dikonversi, file sudah siap di-download.

3. Mengonversi file Excel ke Word dengan menggunakan Covertio

Begitu banyak pilihan website yang menawarkan jasa mengonversi file ke bentuk file lainnya. Begitu juga website convertio. Website ini sering digunakan untuk mengubah jenis file. Contohnya dari file excel (XLS) ke word (DOC).Cara mengubahnya pun cukup mudah karena situs-situs tersebut, termasuk convertio, mengubah bentuk file secara otomatis, sehingga pengguna hanya perlu mengunggah file-nya.

Baca Juga:  8 Cara Mengambil Video Di Facebook Paling Populer

Langkah yang perlu dilakukan sebagai cara convert Excel ke Word online adalah mengunjungi website convertio melalui browser. Situs ini dapat diakses melalui gadget apa pun, baik laptop maupun smartphone. Kemudian setelah masuk di laman convertio, yang perlu dilakukan adalah mengunggah file Excel yang akan diubah ke dalam word. Setelah proses pengonversian selesai, file dapat diunduh.

Cara convert Excel ke Word menggunakan Convertio ini dapat diakses secara gratis oleh siapa pun. Namun, ada batasan yang ditetapkan pihak pemilik website untuk penggunaan layanan gratis ini. Batasan tersebut adalah berupa layanan gratis yang hanya bisa diakses selama beberapa kali saja dalam sehari. Untuk mengonversi banyak file, perlu membeli paket berbayarnya.

4. Mengonversi Excel Ke Word Menggunakan Anyconv

Sama seperti website lainnya yang menawarkan cara convert excel ke word secara online. Langkah-langkahnya adalah dengan mengunjungi situsnya melalui browser, kemudian mengunggah file Excel yang akan diubah ke Word. Biasanya proses akan berlangsung selama beberapa waktu sebelum file Word siap diunduh, Namun, Anyconv ini memiliki batasan mengenai besar file yang digunakan, yaitu hingga maksimal 50MB saja.

5. Mengubah File Excel Ke Word Melalui Website Smallpdf

Cara convert Excel ke Word juga dapat dilakukan melalui website smallpdf dot com. Meskipun situs ini sebenarnya merupakan situs untuk mengubah file teks menjadi pdf atau sebaliknya, tetapi dapat juga digunakan untuk mengubah Excel ke Word. Hanya saja, untuk melakukannya sedikit rumit dan bertele-tele karena perlu melewati dua kali konversi file.

Caranya adalah membuka situs tersebut, kemudian mengunggah file Excel yang dipilih untuk diubah menjadi pdf. Kemudian, hasilnya diunduh untuk diunggah ulang ke website tersebut. Pada pengonversian kedua ini, file pdf diubah menjadi file word, kemudian hasilnya diunduh. Meskipun cukup merepotkan, pada kenyataannya ini merupakan cara mengonversi file yang bisa dilakukan.

Baca Juga:  Mau Download Aplikasi Kamera Tembus Pandang? Cukup 2 Langkah

Cara Convert Excel Ke Word Agar Tetap Utuh

Beberapa cara mengonversi file Excel ke Word yang telah disebutkan sebelumnya dapat dipilih sesuai kebutuhan dan kenyamanan masing-masing pengguna. Cara online maupun offline yang dipilih, bisa jadi memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. Meskipun demikian, cara apa pun yang dipilih, diharapkan yang dapat mengubah file tanpa ada kecacatan pada file yang dikonversi.

Seperti halnya yang mungkin terjadi saat menyalin tempel tabel file yang ada di Excel ke dokumen Word. Terkadang hasil copy paste tabel tersebut menjadi terpotong atau tidak sesuai dengan halaman Word yang tersedia. Tentu saja hal ini akan mengakibatkan data yang ditempeli tabel tersebut menjadi tidak rapi. Untuk itu perlu tahu cara mengubah Excel ke Word tanpa terpotong.

Langkah pertama adalah memilih tab yang akan disalin. Kemudian, gunakan tombol Ctrl dan C pada waktu bersamaan. Cara kedua adalah menekan klik kanan pada mouse. Langkah selanjutnya adalah membuka file Word yang diinginkan dan menempelkan hasil copy tadi dengan menggunakan tombol Ctrl dan V bersamaan. Dapat juga menekan klik kanan, kemudian klik paste.

Jika didapati tabel Excel tersebut melebihi batas kertas, artinya harus dilakukan penyesuaian terlebih dahulu. Cara convert Excel ke Word dan membuat tabel sesuai dengan Word adalah menggunakan fitur autofit. Caranya, sorot tabel, kemudian tekan klik kanan pada mouse. Selanjutnya pilih autofit . autofit to contents. Dengan cara ini, tabel akan menjadi sesuai dengan lembar Word secara otomatis.

Itulah tadi beberapa cara convert Excel ke Word dengan metode offline dan online. Cara-cara tersebut dapat digunakan dalam mempermudah pengolahan dokumen yang berasal dari file berbeda. Jika menggunakan website pengonversi, dapat dipilih yang gratis maupun berbayar. Sebelumnya, pastikan kapasitas data yang akan dikonversi agar sesuai dengan kemampuan program dalam website tersebut.

About Admin

Check Also

cara reset hp Oppo

Begini Cara Reset Hp Oppo Jika Lemot Atau Terkunci, Mudah!

jejakblog – Mungkin Anda sedang bingung bagaimana cara reset hp Oppo yang benar. Jika tiba-tiba …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *