Begini Cara Cek Bansos UMKM Dengan Mudah 2021

jejakblog – Bantuan sosial UMKM sangat dinanti-nanti oleh masyarakat Indonesia, khususnya bagi mereka yang memiliki usaha kecil menengah. Setelah Anda mendaftarkan diri, Anda harus melakukan pengecekan nama sebelum nantinya melakukan proses pencairan dana bantuan. Pencairan dana bansos UMKM 2021 dapat Anda lakukan mulai bulan Februari.

Untuk mengetahui apakah nama Anda telah lolos sebagai penerima bantuan sosial, Anda bisa melakukan pengecekan dengan mendatangi kantor bank yang bersangkutan atau melalui link website resmi masing-masing. Lantas, bagaimana cara cek bansos UMKM dengan mudah? Simak pemaparannya berikut ini.

cara cek bansos UMKM

Cara Cek Bansos UMKM Melalui BRI

Anda sudah mendaftarkan diri sebagai calon penerima bantuan sosial UMKM? Silahkan lakukan pengecekan nama Anda dan pastikan sudah terdaftar atau belum pada laman yang sudah ada. Cek nama penerima bantuan dengan mudah melalui situs website resmi BRI, yaitu eform.bri.co.id/bpum.

Cara cek bansos UMKM melalui website BRI adalah dengan membuka situs eform.bri.co.id/bpum. Setelah itu, Anda harus memasukkan nomor KTP dan juga kode verifikasi. Selanjutnya, Anda bisa memilih menu Proses Inquiry, klik menu tersebut hingga muncul keterangan bahwa nomor KTP Anda sudah terdaftar sebagai penerima bansos. Jika belum terdaftar, Anda akan mendapati tulisan “Nomor KTP tidak terdaftar sebagai penerima BPUM”

Baca Juga:  Sudah Tahu Mengenai Bansos Bank BRI? Simak Penjelasannya!

Cara Mencairkan Dana Bansos UMKM di Bank BRI

Selain informasi mengenai nama-nama penerima bantuan sosial yang Anda ketahui melalui website BRI, Anda juga bisa mendapatkan notifikasi melalui pesan SMS ke nomor telepon yang Anda cantumkan saat proses pendaftaran. Jika Anda sudah mendapatkan pemberitahuan melalui SMS, maka siapkan beberapa dokumen untuk kelengkapan proses pencairan dananya.

Anda sudah melakukan cek nama penerima bantuan, kini datangilah teller bank BRI sesuai jadwal di wilayah masing-masing dengan membawa buku tabungan, kartu ATM, KTP, SPTJM atau Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak, Surat Kuasa penerima dana, serta Surat Pernyataan dari pendaftar yang menerima dana bantuan sosial.

Cara Cek Bansos UMKM di Bank BNI/ BNI Syariah

Apakah link eform.bni.co.id/bpum bisa digunakan sebagai bagian dari cara cek bansos UMKM? Jawabannya adalah belum bisa. Bagi pemilik rekening BNI ataupun BNI Syariah, link tersebut belum bisa digunakan. Jika nama Anda sebelumnya tidak terdaftar di BRI, bisa dipastikan bahwa penyalur dana bantuan Anda adalah menggunakan BNI/ BNI Syariah.

Walaupun link eform.bni.co.id/bpum belum bisa digunakan, Anda masih bisa mendatangi teller BNI/ BNI Syariah secara langsung untuk melakukan pengecekan. Perlu diketahui, Anda harus membawa dokumen-dokumen wajib, seperti buku tabungan, kartu ATM, identitas diri berupa KTP, serta Surat Pernyataan yang sudah ditanda tangani oleh aparat desa setempat di wilayah masing-masing.

Baca Juga:  Simak 5 Cara Dapat Beasiswa di Politeknik Negeri Cilacap (POLTEK Cilacap)! Ragam Beasiswa yang Ditawarkan

Mengapa Dana Bantuan Tidak Kunjung Cair?

Setelah Anda mengetahui cara cek bansos UMKM, tidak sedikit yang menanyakan tentang dana bantuan yang tidak kunjung tersalurkan. Anda belum mendapatkan notifikasi melalui SMS? Sudah melakukan pengecekan melalui link website bank bersangkutan, nanun nama tetap tidak muncul? Simak alasannya berikut ini.

Bantuan UMKM Diblokir Oleh Bank Penyalur

Jawaban dari keluhan beberapa pelaku usaha mengenai pencairan bansos yang tidak kunjung turun yang pertama adalah karena bantuan UMKM diblokir oleh bank penyalur. Pemblokiran data penerima tersebut disebabkan karena telah ditemukan data pada Surat Keterangan yang tidak sesuai dengan data pada tim bank penyalur.

Ketidaksesuaian data tersebut menjadikan pihak bank melakukan tindakan blokir data. Karena kesalahan input data, seperti salah ketik, maka tindakan blokir tersebut otomatis terjadi. Sebagai calon penerima bantuan, tentunya Anda bisa melakukan klarifikasi kepada pihak bank terkait untuk dilakukan proses koordinasi bersama Dinas Koperasi, sehingga dapat menangani masalah yang ada.

Bank Memerlukan Waktu Pencairan Secara Fisik

Proses pencairan dana bantuan ini pastinya juga memerlukan waktu yang signifikan. Penyaluran dana tidak dilakukan dengan metode transfer uang ke ATM bank, melainkan menggunakan cara fisik. Para penerima bansos akan dipanggil dan harus mendatangi langsung ke kantor bank terkait untuk proses pencairannya.

Baca Juga:  Bansos UMKM Kapan Cair? Catat Jadwalnya pada 2021

Mengapa demikian? Pencairan dana bantuan fisik dilakukan secara langsung dari pihak bank kepada penerima bansos karena penerima akan dimintai tanda tangan. Hal tersebut guna sebagai bentuk perjanjian pemberian dana yang relevan, sehingga dana dapat tersalurkan secara efektif dan tepat sasaran.

Bagaimana Cara Cek Bansos UMKM yang Mengalami Kendala?

Bagi Anda yang mengalami kendala ketika proses pendaftaran hingga pencairan dana bansos UMKM ini, dimohon untuk tidak tergesa-gesa dalam mengambil tindakan. Anda harus tetap tenang dengan menindaklanjuti menggunakan cara yang bijak. Apabila calon penerima memiliki kendala pada saat memasukkan data, biasanya Anda akan diminta untuk melakukan pemeriksaan ulang data, seperti NIK yang valid.

Anda juga bisa berkonsultasi mengenai kendala yang ada kepada pihak-pihak terkait, baik dari aparat desa setempat ataupun kepada pihak bank yang bersangkutan. Jika kendala-kendala lain juga didapati, calon penerima bisa melaporkan masalahnya kepada Dinas Koperasi dari masing-masing wilayah. Pihak-pihak tersebut merupakan pemegang informasi yang up to date dari Kementerian Sosial sebelum sampai pada penerima bansos.

Itulah informasi tentang cara cek bansos UMKM dengan mudah 2021. Anda bisa melakukan pemeriksaan nama dengan teliti, baik melalui link yang ditetapkan ataupun ketika mendatangi kantor bank secara langsung. Pastikan juga data-data yang Anda masukkan sudah ter input dengan benar sesuai syarat yang berlaku. Apabila terdapat kendala, segera komunikasikan bersama pihak yang berwenang.

About Admin

Check Also

Beasiswa S1 hukum di Indonesia

Ingin Mendapat Beasiswa S1 Hukum di Indonesia, 6 Syarat Ini Harus Dipenuhi

jejakblog – Beasiswa S1 hukum di Indonesia memberikan kesempatan yang terbuka lebar bagi calon mahasiswa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *