Cara Buat Google Adsense Untuk YouTube Bagi Pemula, Mudah Kok!

jejakblog – Cara buat Google Adsense untuk YouTube menjadi topik yang menarik terutama bagi para YouTuber pemula. YouTuber sendiri merupakan istilah untuk menyebut orang-orang yang memiliki akun di YouTube dan secara konsisten mengunggah video mereka. YouTube kini lebih dipilih oleh kaum milenial dibandingkan dengan televisi.

Beragam jenis materi video dapat dengan mudah ditemukan di YouTube. Kini media sosial ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk mengunggah konten video saja. Banyak dari YouTuber yang mendulang rupiah di YouTube dan menjadikannya pekerjaan utama.

Cara buat Google Adsense untuk YouTube

Inilah Syarat Untuk Mendaftar Google Adsense YouTube

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara membuat Google Adsense untuk YouTube, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu syarat-syaratnya. Tidak semua orang yang mengunggah video secara otomatis bisa mendaftar Google Adsense. Persyaratan berikut haruslah dipenuhi agar bisa mendaftar Adsense.

Akun YouTube Telah Terverifikasi

YouTube mewajibkan para penggunanya untuk melakukan verifikasi apabila akan mengunggah video yang memiliki durasi cukup lama. Durasi minimal yang masuk dalam kategori video panjang adalah selama 15 menit.

Proses verifikasi sebagai salah satu syarat cara buat Google Adsense untuk YouTube sangatlah mudah dan tidak memakan waktu lama. Proses verifikasi akun ini memerlukan nomor handphone yang akan digunakan untuk mengirimkan kode verifikasi.

Minimal Memiliki 1.000 Subscriber

Syarat kedua yang harus dipenuhi agar bisa mendaftar ke Google Adsense adalah memiliki minimal 1.000 subscriber. Bagi para YouTuber pemula, memiliki 1.000 subscriber mungkin terasa berat.

Salah satu cara untuk bisa mendapatkan banyak subscriber selain membagikannya kepada teman dan kerabat adalah dengan memperhatikan konten video. Membuat konten video yang menarik dan bermanfaat akan membuat orang dengan sukarela menekan tombol subscribe pada kanal tersebut.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy M62 : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Memiliki 4.000 Jam Tayang

Syarat berikutnya yang dirasa cukup berat bagi YouTuber pemula adalah banyaknya jam tayang yang harus dimiliki. Cara daftar Google Adsense YouTube mewajibkan pemilik kanal untuk memiliki jam tayang minimal selama 4.000 jam.

Bagi YouTuber yang sudah memiliki banyak video menarik, syarat jam tayang ini kemungkinan bisa segera terpenuhi. Oleh sebab itu, konten yang menarik, bermanfaat, dan memiliki durasi cukup panjang akan membuat jam tayang bisa segera tercapai.

Video yang menarik kemungkinan besar akan mengundang orang untuk melihat-lihat video lain milik kanal tersebut. Hal ini tentu saja akan sangat menguntungkan karena dapat menambah jam tayang secara keseluruhan. Membagikan tautan video melalui akun di media sosial lain juga dapat menambah jam tayang.

Tidak Melakukan Spamming

Suka melakukan spam komentar pada video milik orang lain? Jika masih melakukan hal ini, sebaiknya segera hentikan kebiasaan buruk tersebut. YouTube akan memberikan penilaian yang buruk terhadap akun yang melakukan spam komentar. Penilaian ini akan sangat berpengaruh terhadap proses pengajuan Google adsense.

Hindari Sub For Sub

Istilah sub for sub tentunya sudah tidak asing bagi para YouTuber. Sub for sub merupakan kegiatan untuk melakukan subscribe pada suatu kanal YouTube dan pihak penerima akan melakukan hal yang sama. Cara buat Google Adsense untuk YouTube salah satu ketentuannya adalah tidak diperkenankan melakukan sub for sub.

Cara Buat Google Adsense Untuk Youtube Bagi Pemula

Penghasilan dari para YouTuber dengan memanfaatkan Google Adsense ternyata cukup menggiurkan. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik bagi banyak orang untuk membuat konten di YouTube dan menjadi YouTuber. Simak penjelasan berikut ini bagi para pemula tentang cara buat Google Adsense untuk YouTube.

Baca Juga:  Contoh Iklan Google Adsense Terbaru Yang Baik Untuk Blog Atau Website

1. Masuk Ke Menu YouTube Kreator Studio

YouTuber pemula yang telah memenuhi persyaratan bisa segera melakukan pendaftaran Google Adsense. Langkah untuk mendaftarkan kanal YouTube pada Google Adsense cukup mudah dan sederhana.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan masuk ke menu YouTube Studio. Pada laman ini akan dijumpai beragam informasi yang berkaitan dengan akun YouTube yang dimiliki. Pada bagian ini juga terdapat menu monetisasi.

Monetisasi sendiri merupakan salah satu istilah dalam YouTube yang merujuk pada kegiatan untuk memperoleh penghasilan melalui kanal yang dimiliki. Apabila sebuah kanal telah dimonetisasi, maka kanal tersebut sudah bisa memberikan penghasilan bagi pemiliknya.

2. Mengaktifkan Menu Monetisasi

Cara buat Google Adsense untuk YouTube yang selanjutnya adalah dengan masuk ke menu monetisasi. Caranya yaitu dengan klik tiga baris yang ada pada bagian kiri atas kanal. Pilih monetisasi untuk mengetahui apakah kanal yang dimiliki sudah memenuhi persyaratan untuk dimonetisasi atau belum.

YouTuber dapat melanjutkan ke langkah berikutnya apabila kanal yang dimiliki sudah memenuhi syarat untuk dilakukan monetisasi. Sebaliknya apabila belum memenuhi syarat yang ditetapkan oleh YouTube, maka pemilik kanal belum bisa mendaftar Google Adsense.

Apabila semua syarat telah terpenuhi, maka tiba saatnya untuk mengaktifkan menu monetisasi. Masuklah ke menu “Saluran” kemudian pilih “Status dan Fitur”. Pada bagian tersebut akan terdapat kolom “Monetisasi”. Pilih “Aktifkan” untuk mengaktifkan fitur monetisasi akun YouTube.

Berikan tanda centang atau checklist pada semua kolom yang disediakan. Klik “Saya Setuju” setelah selesai memberikan tanda centang pada semua kolom. Setelah itu, klik pilihan “Monetisasi” agar akun atau kanal YouTube yang diajukan bisa dilakukan peninjauan oleh pihak Google.

3. Mengaitkan Akun Google Adsense

Langkah terakhir cara buat Google Adsense untuk YouTube adalah dengan mengaitkan akun Adsense. Caranya yaitu dengan memilih menu “monetisasi”, kemudian klik pada pilihan “Bagaimana saya akan dibayar”. Setelah itu, klik pada pilihan “Mengaitkan akun Adsense” dan pilih “Berikutnya”.

Baca Juga:  Pilihan Aplikasi Menyimpan Video Unduhan Dari Berbagai Sosial Media

Pada bagian berikutnya, ada beberapa data yang perlu untuk dimasukkan. Pastikan untuk memberikan data dengan benar dan sesuai ketentuan. Setelah selesai mengisi semua data yang diperlukan, klik pada pilihan “Kirim Permohonan Saya”.

Pihak Google akan melakukan peninjauan selama kurang lebih satu minggu sebelum memutuskan apakah permohonan monetisasi dikabulkan atau ditolak. Google akan memberikan pemberitahuan melalui email yang terdaftar apabila pengajuan Adsense diterima.

Cara Mendaftarkan Google Adsense YouTube Melalui Handphone

Bagi YouTuber pemula yang tidak memiliki personal computer (PC) atau laptop tidak perlu berkecil hati. Saat ini daftar Google Adsense YouTube lewat hp bisa dengan mudah dilakukan.

Cara buat Google Adsense untuk YouTube menggunakan hp langkah-langkahnya sama dengan apabila menggunakan pc atau laptop. Untuk mempermudah proses pendaftaran, sebaiknya gunakan browser Google Chrome. Ubah tampilan Chrome di hp agar menjadi tampilan desktop.

Buka Google Chrome, kemudian klik tanda titik tiga yang ada pada bagian kanan atas browser. Carilah menu “Situs Desktop” atau “Desktop site” kemudian berikan tanda centang pada kotak yang ad di sebelah kanannya. Secara otomatis layar google Chrome akan berubah seperti jika dibuka pada pc atau laptop.

YouTuber pemula yang masih kebingungan bagaimana cara buat Google Adsense untuk YouTube perlu mempelajari dengan seksama. Bagi para YouTuber yang baru saja memulai untuk mengisi kanal YouTube, ada baiknya untuk terlebih dahulu fokus pada konten video yang akan disajikan.

Demikianlah cara buat Google Adsense untuk YouTube yang perlu untuk diketahui terutama bagi para YouTuber pemula. Video yang menarik, unik, memberi manfaat, dan juga orisinil menjadi nilai lebih untuk bisa menghasilkan uang dari YouTube melalui Adsense. Selamat mencoba.

About Admin

Check Also

6 Tutorial Cara Convert Excel Ke Word dengan Mudah

jejakblog – Cara convert Excel ke Word perlu diketahui karena terkadang dalam melakukan pekerjaan, perlu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *