Begini Cara Backup Windows 7 Dengan Mudah!

jejakblog – Benarkah ada cara backup windows 7 dengan mudah? Ya. Bagi Anda pengguna Windows 7 wajib berbahagia dengan kabar ini. Karena Anda tidak perlu khawatir jika suatu hari terjadi kerusakan sistem. Laptop Anda bisa menggunakan sistem cadangan yang sudah diamankan di tempat lain. Ketika saatnya tiba, Anda tinggal “memanggilnya” kembali dan memasangnya.

Dengan menggunakan sistem yang sama, otomatis semua aplikasi yang sudah dipasang akan kembali seperti sedia kala. Jika pun ada perubahan data yang tersimpan, tidak akan berpengaruh banyak. Kecuali jika data disimpan pada drive C atau tempat sistem tersebut dipasang. Tentu tidak akan tersimpan jika menggunakan sistem cadangan.

cara backup windows 7

Pentingnya Data Dalam Laptop

Mengapa perlu mempelajari cara backup windows 7? Karena kita menyadari bahwa data dalam laptop adalah kumpulan data penting. Jika tidak dijaga keamanannya, tentu rawan terjadi kerusakan dan kehancuran data. Sesungguhnya kehilangan data penting jauh lebih menyakitkan daripada kehilangan perangkat.

Kehilangan perangkat bisa dengan mudah dibeli lagi. Namun kehilangan data akan sulit mendapatkannya kembali yang sama persis. Apalagi jika file itu merupakan kenangan atau dokumen penting. Maka back up perlu dilakukan oleh siapapun. Tidak hanya oleh mahasiswa, bahkan ibu rumah tangga dengan segudang kesibukan di dunia maya juga perlu mempelajarinya.

Data dalam laptop bagi setiap pemilik memiliki tiga kategori: sangat penting, penting dan kurang penting. Data sangat penting meliputi dokumen identitas diri, capaian prestasi, naskah penting, dan segala data yang berhubungan dengan pekerjaan. Dokumen penting meliputi software, foto atau video kenangan, dan materi-materi seminar atau pembelajaran.

Baca Juga:  Alasan Mengapa Layanan Google Play Telah Berhenti Dan Cara Mengatasinya

Untuk data sangat penting dan penting, Anda harus memahami cara backup windows 7 dan data yang menyertainya. Sedangkan untuk data kurang penting, bisa dibiarkan hilang meskipun terjadi sesuatu pada laptop dan ruang penyimpanan data. Karena kurang penting, jadi tidak harus dicadangkan, bukan? Seandainya hilang pun tidak perlu mencari gantinya.

Mengklasifikasikan data dari yang sangat penting ke yang kurang penting memang berbeda prioritas setiap orang. Bisa jadi bagi seseorang data tertentu sangat penting. Sementara bagi orang lain tidak. Oleh karena itu Anda tidak bisa menjadikan prioritas orang lain sebagai patokan. Anda bisa membuat standar sendiri untuk sebuah prioritas.

Cara Mengamankan Data Dalam Laptop

Pada prinsipnya cara backup data laptop windows 8 tidak jauh berbeda dengan back up windows pada umumnya. Selama menggunakan windows asli, sistem bisa dicadangkan. Namun jika Anda menggunakan windows bajakan, tentu tidak bisa berbuat banyak jika suatu saat terjadi sesuatu pada sistem yang Anda gunakan. Berikut pilihan untuk mengamankan data:

Menggunakan Hardisk Eksternal

Cara back up data laptop ke hardisk external adalah dengan meng-copy paste file yang ingin dicadangkan. Tidak ada pilihan cara lain. Karena transfer data ke hardisk eksternal harus dilakukan secara manual. Oleh karena itu tidak bisa dilakukan secara daring melalui sambungan internet. Kecuali jika hardisk tersebut memiliki layar kontrol, bisa menggunakan bluetooth.

Hardisk eksternal memiliki kapasitas yang jauh lebih besar daripada flashdisk atau MicroSD. Saat ini kapasitas hardisk bisa mencapai 2 TB. Sementara flashdisk hanya sampai puluhan GB saja. Apalagi VCD, hampir tidak laku lagi karena memori penyimpanan yang sangat sedikit dan menghabiskan ruang. Apalagi proses pembacaan file-nya tidak mudah.

memilih hardisk eksternal sebagai tempat penyimpanan cadangan data berarti tidak bisa digunakan sebagai cara backup windows 7. Karena pencadangan sistem berbeda dengan pencadangan data. Pencadangan data atau file bisa menggunakan ruang penyimpanan dan dihapus atau ditambahkan jika perlu. Sementara untuk sistem, sekali dimasukkan tidak bisa dipakai untuk data.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold2 : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Menggunakan Google Drive atau Cloud

Bagaimana cara backup data laptop ke Google Drive? Mudah saja. Anda tinggal unggah file yang ingin dicadangkan ke akun Google Drive. Di sana kapasitas penyimpanan maksimal setiap akun adalah 15 GB. Cukup digunakan untuk file penting saja. Sementara data yang kurang penting tidak usah dicadangkan daripada hanya memenuhi memori.

Selain Google Drive, Anda juga bisa mencadangkan data melalui akun Cloud. Tersedia beberapa GB slot penyimpanan gratis. Jika ingin lebih dari itu, maka Anda bisa menyewanya, semacam menyewa hosting untuk web atau blog. Demikian juga untuk akun Google, jika ingin mendapat kuota penyimpanan lebih banyak bisa menggunakan akun premium.

Sayangnya, cara backup windows 7 tidak bisa menggunakan Google Drive atau Cloud. Sistem yang menjadi latar belakang bekerjanya sebuah laptop ini tidak bisa dicadangkan secara daring. Hanya data atau file yang bisa ditampung di sana. Untuk Windows atau Linux sebagai motor sebuah sistem, hanya bisa dicadangkan melalui perangkat keras.

Cara Backup Data dari Hp

Selain memahami cara backup data penting dari laptop, Anda juga perlu memahami cara backup data HP ke laptop. Karena ruang penyimpanan gawai yang terbatas membuat file dalam gawai cepat penuh. Apalagi jika setiap dokumen yang masuk otomatis terdownload. Anda bisa mencadangkan data dari gawai dengan meng-copy paste ke folder yang disiapkan di laptop.

Cara Backup Windows 7 Dengan Mudah

Cara ini harus diketahui oleh para pengguna Windows 7 sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dengan sistem dalam laptopnya. Karena ketika terjadi kerusakan sistem, tanpa sistem cadangan Anda harus melakukan install ulang. Ini berarti segala aplikasi yang sudah terpasang sebelumnya harus diinstall kembali dan berisiko kehilangan banyak data penting.

Baca Juga:  6 Cara Mengisi Situs Di Google AdSense Gampang dan Simpel. Yuk, Coba!

Untuk menjalankan tutorial cara backup windows 7 yang mudah, Anda harus menyiapkan tempat sistem cadangan ini akan diletakkan. Karena tempat awalnya di drive-C, maka cadangan tidak bisa diletakkan di tempat yang sama. Anda membutuhkan VCD atau flashdisk khusus untuk mempermudah restore jika dibutuhkan. Penyimpanan file sistem cadangan juga bisa di drive D.

Tutorial cara backup windows 7 yang aman dan mudah pertama adalah dengan menyalakan laptop hingga siap dijalankan. Kemudian buka folder drive C sebagai tempat penyimpanan sistem. Di sini Anda bisa klik kanan dan pilih properties > Tools. Kemudian klik back up now. Jika sudah, tentukan folder tujuan penyimpanan file cadangan.

Cara backup windows 7 selanjutnya adalah dengan memilih create a system image. Jangan pilih drive C, tempatkan di folder lain karena file di drive C akan habis jika terjadi kerusakan sistem. Jika sudah, klik next. Tunggu konfirmasi dari aplikasi yang sedang menjalankan backup sistem. Prosesnya akan tergantung seberapa besar ukuran sistem yang sedang dibackup.

Setelah memahami cara backup windows 7, Anda perlu tahu bagaimana melakukan restore sistem yang sudah dibuat pada optical drive. Anda bisa mengatur recovery dilakukan dari VCD atau flashdisk melalui pengaturan pada BIOS. Ini bisa dilakukan seperti ketika Anda ingin menginstall ulang sistem.

Ulasan singkat mengenai cara backup windows 7 ini mungkin berguna ketika sedang membutuhkan. Namun sebaiknya tetap dipelajari agar ketika menghadapi situasi demikian dengan sistem windows yang dimiliki, dapat melakukan antisipasi dan tidak perlu repot pergi ke tukang servis.

About Admin

Check Also

Cara Isi Tinta Canon IP2770

Mudah! Begini Cara Isi Tinta Canon IP2770 Sendiri

jejakblog – Cara isi tinta Canon IP2770 merupakan hal yang penting diketahui terutama bagi orang-orang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *