Super Mudah! Begini Cara Backup Data iPhone di iCloud dan iTunes

jejakblog – Cara backup data iPhone memang menjadi hal yang penting untuk diketahui. Sebab, informasi mengenai hal tersebut memang sangat dibutuhkan terutama pada kondisi-kondisi tertentu. Misalnya saja pada saat Anda ingin menjual iPhone maupun sekadar ingin melakukan format ulang pada iPhone.

Pada dasarnya, backup data berfungsi untuk mengamankan data Anda. Permasalahannya adalah tidak semua pengguna iPhone memahami dengan baik cara backup data iPhone lama ke iPhone baru maupun ke Android. Oleh karena itu, untuk menghindari timbulnya masalah pada data Anda, maka pengetahuan mengenai hal tersebut memang wajib dimiliki.

Cara backup data iPhone

Inilah Cara Backup Data iPhone

Hakikatnya, backup data iPhone penting dilakukan secara berkala. Berikut sejumlah cara backup data iPhone yang bisa Anda coba:

Backup Data Melalui iCloud

Pada dasarnya, iCloud merupakan media penyimpanan resmi yang digagas oleh Apple. iCloud dapat menyimpan data berupa file dokumen, gambar, video, dan musik secara online. Oleh karena itu, untuk bisa mengakses semua data yang tersimpan di iCloud Anda harus terhubung dengan jaringan internet.

iCloud bekerja dan berfungsi sebagaimana Google Drive atau Dropbox pada perangkat Android. Adapun langkah-langkah dari cara backup data iPhone melalui iCloud pertama adalah pastikan bahwa perangkat iPhone Anda telah terkoneksi dengan internet. Mengenai hal tersebut, sebaiknya Anda menggunakan koneksi Wifi untuk kelancaran prosesnya.

Kemudian, khusus bagi pengguna Ios 8, maka silakan masuk ke menu Pengaturan lalu pilih iCloud lalu pilih Cadangan. Sementara bagi Anda pengguna Ios 7, silakan masuk ke menu Pengaturan lalu pilih iCloud lalu pilih Penyimpanan & Cadangan.

Baca Juga:  Sudah Top-Up Tapi Saldo Google Ads Belum Masuk, Apa Penyebabnya?

Berikutnya adalah arahkan slide di samping tulisan Cadangan iCloud sampai berwarna hijau untuk mengaktifkan menu cadangan. Setelah itu, pilih menu Cadangkan Sekarang. Pastikan semua data telah dicadangkan dengan benar dan pastikan koneksi internet Anda tetap stabil selama proses pencadangan tersebut.

Untuk mengetahui apakah semua data telah tercadangkan, maka silakan masuk ke menu Pengaturan. Kemudian, pilih iCloud lalu pilih Penyimpanan. Nah, backup yang baru saja Anda lakukan akan ditampilkan pada menu tersebut disertai waktu dan ukurannya. Bagaimana? Tidak sulit bukan cara backup data iPhone ke iCloud?

Backup Data Melalui iTunes

Selain menggunakan iCloud, Anda juga bisa melakukan pencadangan data menggunakan iTunes. Hakikatnya, perangkat yang sudah akrab bagi pengguna iPhone ini salah satunya memang berfungsi untuk melakukan backup data. Hal yang menarik adalah Anda bisa melakukan pencadangan data meski tanpa koneksi internet.

Adapun langkah-langkah dari cara backup data iPhone melalui iTunes yang pertama adalah buka itunes di komputer dan hubungkan pada iPhone. Anda bisa menyambungkan kedua perangkat tersebut menggunakan kabel data. Kemudian, pilih File lalu pilih menu perangkat lalu pilih Cadangkan.

Pada saat itu, Anda hanya perlu menunggu beberapa saat hingga proses backup data selesai. Anda bisa melihat data yang telah dicadangkan dengan cara masuk ke menu Preferensi di iTunes lalu pilih Perangkat. Secara otomatis layar komputer Anda akan menunjukan nama perangkat yang berhasil dicadangkan. Nah, cara backup data iPhone di iTunes juga tidak kalah mudahnya bukan?

Cara Backup Data yang Terbaik

Pada dasarnya, backup data di iCloud dan di iTunes sama-sama tidak sulit untuk dilakukan. Namun, kadang orang-orang bertanya diantara kedua cara tersebut, manakah yang terbaik dan seharusnya dipilih? Untuk menentukan hal tersebut, maka Anda sebaiknya harus memahami poin-poin penting perbedaan backup data di iCloud dan iTunes.

Baca Juga:  iPhone 12 vs iPhone 12 Pro, Mana yang Harus Anda Beli di Tahun 2021?

Perlu Anda ketahui bahwa untuk melakukan backup data di iCloud, maka Anda harus terus mengaktifkan fitur automatic backup. Hal itu agar proses backup lancar dan seluruh data tersimpan dengan aman. Namun, jika Anda ingin melakukan hal-hal khusus misalnya upgrade iOS, maka membuat arsip backup iPhone melalui iTunes penting untuk dilakukan.

Hal tersebut agar ke depannya Anda bisa melakukan downgrade kapanpun Anda inginkan. Adapun untuk menentukan cara yang paling baik, maka faktor penentunya bisa dilihat dari kapasitas penyimpanan. Artinya, jika PC/Mac Anda memiliki kapasitas yang terbatas, maka Anda sebaiknya melakukan backup data melalui iCloud.

Namun,  untuk lebih leluasa Anda harus upgrade storage iCloud dan hal itu mengharuskan Anda untuk membayar biaya bulanan. Adapun jika kapasitas PC/Mac Anda terbilang besar, maka silakan lakukan backup melalui iTunes. Maka, kesimpulannya adalah kedua cara backup data iPhone tersebut sama-sama baik. Anda hanya perlu menyesuaikan saja dengan keadaan.

Cara Restore iPhone

Setelah memahami cara backup data, maka Anda juga tidak boleh melewatkan mengenai cara restore. Pada dasarnya, restore merupakan upaya untuk mengembalikan data yang sebelumnya sudah dicadangkan.

Restore Melalui iCloud

Bagi Anda yang melakukan backup data melalui iCloud, maka Anda juga perlu melakukan restore melalui iCloud. Untuk melakukannya, maka pastikan terlebih dahulu bahwa koneksi internet Anda dalam keadaan stabil. Kemudian, silakan masuk ke menu iCloud lalu pilih Pulihkan dari Cadangan iCloud atau Restore from iCloud Backup.

Setelah itu, pilih backup data berdasarkan tanggal dan waktu Anda melakukan backup data iPhone. Kemudian, masukkan rincian akun Anda agar bisa mengakses iCloud. Lalu, tunggu beberapa saat hingga semua data yang sudah dicadangkan akan dikembalikan ke iPhone.

Baca Juga:  4 Cara Memindahkan Video ke iPhone Tanpa iTunes, Sudah Tahu?

Restore Melalui iTunes

Jika kondisi jaringan internet Anda sedang tidak baik, maka restore melalui iTunes paling tepat dilakukan. Namun, sebelum melakukannya pastikan bahwa Anda telah membackup data ke dalam komputer yang akan digunakan untuk melakukan restore ini. Kemudian, hubungkan iPhone ke komputer yang dulu Anda gunakan untuk mencadangkan data.

Berikutnya, buka iTunes di komputer dan pastikan Anda telah menggunakan iTunes dengan versi terbaru. Jika belum, maka notifikasi pembaruan akan otomatis ditampilkan saat Anda membuka iTunes. Silakan Anda perbarui ke versi terbaru terlebih dahulu. Jika sudah, maka klik File lalu pilih Perangkat lalu pilih Pulihkan dari Cadangan.

Silakan pilih backup data berdasarkan dengan tanggal dan waktu Anda melakukan backup data iPhone tersebut. Setelah itu, klik Pulihkan atau Restore kemudian Anda hanya perlu menunggu hingga prosesnya selesai. Selama proses berjalan, maka pastikan iPhone tetap terhubung dengan perangkat komputer.

Nah, sebagaimana melakukan cara backup data iPhone, maka cara restore pun juga sangat mudah untuk dilakukan. Mengenai hal tersebut ada sejumlah hal yang harus Anda perhatikan agar data Anda yang ada di iPhone tidak hilang. Pertama, sebaiknya Anda rutin melakukan backup data iPhone di iCloud atau iTunes setidaknya setiap satu minggu sekali.

Hal tersebut karena data di iPhone bisa hilang kapan saja tanpa terduga. Kedua, lakukan cara restore iPhone sesuai dengan cara backup yang Anda lakukan. Hal itu untuk menjamin keamanan data-data Anda.

Demikian tutorial cara backup data iPhone hingga cara memulihkannya. Hindari meminta bantuan orang lain saat proses backup dan restore iPhone, ya. Hal itu untuk menghindari kemungkinan data dicuri atau disalahgunakan.

About Admin

Check Also

Cara Isi Tinta Canon IP2770

Mudah! Begini Cara Isi Tinta Canon IP2770 Sendiri

jejakblog – Cara isi tinta Canon IP2770 merupakan hal yang penting diketahui terutama bagi orang-orang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *