5 Cara Backup Contact Android Online dan Offline

jejakblog – Mempelajari cara backup contact android menjadi hal penting untuk saat ini. Pasalnya, tidak ada yang tahu kapan ponsel akan mengalami hang atau error, sehingga menyebabkan kontak terhapus. Hal ini tentu akan sangat menyulitkan, karena kontak adalah bagian penting dari ponsel.

Semahal dan secanggih apapun ponsel yang dimiliki, daftar kontak tetap menjadi hal utama. Sebab, ponsel tersebut akan berfungsi optimal jika ada orang-orang yang dapat dihubungi, bukan? Oleh karena itu, segera terapkan cara backup contact android, sebelum penyesalan yang menjadi jawaban.

cara backup contact android

Pengertian dan Tujuan Backup Contact

Sebelum mempelajari cara backup contact android lebih jauh, mari memahami arti backup terlebih dahulu. Secara sederhana backup merupakan aktivitas untuk menyalin sebuah file ke sebuah penyimpanan sekunder, baik berupa hardisk, flashdisk, dan lain-lain.

Adapun tujuan melakukan backup, yaitu untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang dapat melenyapkan data-data penting, dalam hal ini kontak telepon. Mulai dari kontak te-reset secara tidak sengaja, hang atau sistem error, ponsel hilang, hingga kemungkinan terserang virus atau malware.

Cara Backup Contact Ponsel Android

Pada ponsel, keberadaan kontak dapat diibaratkan sebagai database. Saat data tersebut tiba-tiba lenyap begitu saja, maka ponsel akan kehilangan separuh nyawanya. Di sinilah peran penting melakukan backup pada daftar kontak yang terdapat pada ponsel. Berikut adalah cara backup contact android yang dapat diikuti:

1. Menggunakan Micro SD

Di zaman yang canggih ini, masih ada beberapa orang yang senang melakukan sesuatu dengan cara lama. Begitu juga untuk cara backup contact android masih dapat memanfaatkan micro SD atau yang biasa dikenal sebagai kartu memori. Kartu ini berukuran sebesar SIM card dan berwarna hitam.

Baca Juga:  Tutorial Simple Cara Memasang Iklan Adsense Di Youtube 

Selain tidak memerlukan jaringan internet, cara ini juga lebih mudah untuk diterapkan, bahkan oleh orang awam sekalipun. Namun, alangkah lebih baik jika hasil backup-an nanti dipindahkan ke flashdisk, Google Drive, atau laptop, agar lebih aman. Berikut cara backup contact hp android menggunakan micro SD:

  1. Buka fitur daftar kontak yang ada pada ponsel.
  2. Klik tombol Menu, lalu masuk ke Pengaturan atau Setting.
  3. Cari dan klik tombol Import/Export Contact.
  4. Tentukan lokasi penyimpanan hasil backup yang diinginkan.
  5. Saat muncul notifikasi persetujuan untuk mengekspor kontak ke micro SD, pilih Ya. Tunggu sampai proses selesai.

Untuk melihat hasil backup yang sudah dilakukan, klik File Manager, pilih Penyimpanan Eksternal (SD Card), pilih Contacts dalam format “.VCF”. Selain untuk backup, cara ini juga dapat diterapkan untuk melakukan transfer kontak. Tinggal klik Menu, pilih Eksport/Import Kontak, pilih Import dari memory.

2. Backup Ke Akun Google

Menggunakan akun Google untuk menerapkan cara backup contact android juga terbilang sangat mudah. Hal ini dikarenakan ponsel yang berbasis Android sudah terintegrasi dengan Google secara otomatis. Hanya dengan langkah mudah, semua kontak akan berpindah.

Tak hanya kontak, file jenis apapun juga dapat menerapkan cara ini. Selain praktis, keamanan data juga sangat terjamin. Dengan demikian, saat ponsel tiba-tiba rusak, hilang ataupun bermasalah, proses pengembalian data dapat dilakukan dengan cepat. Berikut cara untuk backup contact android ke akun Google:

  1. Buka menu Pengaturan atau Setting pada ponsel.
  2. Klik menu Account atau Akun.
  3. Cari tulisan Google, lalu masuk menggunakan akun yang dimiliki.
  4. Masukkan email yang akan ditautkan. Jangan lupa, pastikan kontak dalam kondisi tercentang, sehingga dapat disingkronkan secara otomatis.
Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy S9+ : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Keuntungan menggunakan langkah ini, yaitu kontak akan otomatis ter-update. Meskipun pemilik ponsel melakukan pengubahan kontak (baik menambah atau menghapus), maka kontak pada Google akan tetap sama. Dengan demikian, pemilik ponsel tidak perlu melakukan backup secara berulang-ulang.

3. Backup Melalui Google Chrome

Selain menggunakan akun Google, cara backup contact android juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur Google Chrome. Cara ini dapat dilakukan di hampir semua jenis ponsel yang dapat terhubung ke jaringan internet, serta melalui komputer atau laptop.

Bagaimana jika tidak memiliki aplikasi Google Chrome pada ponsel? Tidak perlu berkecil hati, karena langkah ini tetap dilakukan melalui Google seperti biasa. Sebab, yang dipergunakan adalah akunnya bukan aplikasi. Berikut langkah-langkah yang dapat diikuti:

  1. Buka situs https://contacs.google.com/.
  2. Jika belum login, silakan lakukan login terlebih dahulu dengan akun Google yang digunakan untuk menyimpan kontak. Jika sudah login, maka halaman akan otomatis terbuka.
  3. Klik Menu atau garis tiga yang ada di sebelah pojok kiri atas, lalu pilih ekspor.
  4. Tunggu sampai proses perpindahan selesai. Daftar kontak yang sudah diekspor akan otomatis tersimpan pada penyimpanan lokal, yakni pada folder Download.

4. Backup Melalui Aplikasi SYNCit

Cara backup contact android yang berikutnya, yaitu menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama SYNCit. Pada beberapa ponsel, aplikasi ini sudah diberikan secara default, jika tidak ada dapat diunduh melalui Playstore terlebih dahulu. Caranya pun terbilang sangat mudah, yaitu:

  1. Instal dan aktifkan aplikasi SYNCit.
  2. Register menggunakan email yang dimiliki, lalu buatlah password.
  3. Setelah berhasil masuk, pilih Cadangkan Kontak.
  4. Tunggu sampai proses selesai. Untuk jangka waktunya sendiri mungkin berbeda-beda, tergantung pada jumlah kontak yang akan dicadangkan.
Baca Juga:  Cara Menghapus Malware di Android dengan Mudah dan Cepat

Jika ingin memulihkan kontak kembali, maka cukup dengan login ke aplikasi lagi. Lalu, pilih Pulihkan Kontak. Maka semua kontak yang sebelumnya dicadangkan akan kembali seperti semula. Selain daftar kontak, cara ini juga dapat digunakan untuk menyimpan file lainnya.

5. Backup Ke Google Drive

Google drive adalah sebuah layanan dari Google yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan online atau yang biasa dikenal dengan istilah Cloud. Layanan ini dapat digunakan untuk menyimpan dokumen atau file dalam bentuk apa saja, termasuk kontak telepon. Berikut cara backup contact perangkat android ke Google Drive:

  1. Buka menu Kontak pada ponsel. Pilih Bagi Kontak, lalu centang semua kontak yang ada. Klik Bagi atau Share.
  2. Saat muncul beberapa pilihan aplikasi, pilihlah Google Drive.
  3. Judul dokumen isi dengan nama file yang diinginkan, sementara pada Akun diisi dengan alamat email. Klik Simpan atau Save. Selesai.

Pada beberapa ponsel, cara backup contact android yang satu ini mungkin ada sedikit perbedaan, seperti pada langkah ‘Bagi Kontak’. Bagi yang tidak ada pilihan tersebut, dapat memanfaatkan pilihan Impor/Ekspor Kontak, lalu pilih Kirim Kontak. Saat ada beberapa pilihan muncul, pilih Simpan ke Drive.

Adapun keuntungan untuk melakukan backup dengan Google Drive, yaitu ruang penyimpanan yang sangat besar. Oleh karena itu, tempat penyimpanan tersebut kini menjadi primadona untuk mendukung beragam kebutuhan, termasuk mengamankan data-data seperti kontak telepon. Kuncinya hanya satu, pastikan tetap mengingat alamat email berikut dengan password.

Demikian 5 cara backup contact android yang dapat dilakukan dengan mudah, tinggal sesuaikan saja dengan kenyamanan dan kemampuan. Bagi pilihan yang tidak disertai dengan update otomatis, maka sering-seringlah untuk melakukan backup. Lebih baik sedikit ribet untuk mencadangkan data-data penting daripada tidak dapat terselamatkan.

About Admin

Check Also

Cara Isi Tinta Canon IP2770

Mudah! Begini Cara Isi Tinta Canon IP2770 Sendiri

jejakblog – Cara isi tinta Canon IP2770 merupakan hal yang penting diketahui terutama bagi orang-orang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *