Beginilah 6 Cara Aktifkan Google Adsense Youtube, Mudah Banget!

jejakblog – Kian gencarnya penggunaan teknologi internet di masyarakat dewasa ini dapat Anda manfaatkan sebagai sebuah cara untuk mendapatkan penghasilan. Salah satunya adalah memiliki akun YouTube dan mendaftarkannya di Google Adsense. Anda perlu mengetahui cara aktifkan Google Adsense Youtube agar akun Anda bisa mendatangkan keuntungan.

Meski bukan artis, Anda juga bisa menjadi Youtuber dengan mengunggah hasil karya kreatif lewat akun YouTube. Menariknya, jika telah mengetahui cara mengaktifkan monetisasi YouTube, maka Anda dapat memperoleh penghasilan yang menggiurkan dari platform ini. Simak artikel berikut untuk tahu cara mendapatkan uang dari Google Adsense YouTube.

cara aktifkan Google Adsense Youtube

Apa Itu Google Adsense Youtube?

Google Adsense adalah program kerjasama iklan yang menawarkan tayangan iklan online pada berbagai platform¸ antara lain YouTube. Para pengguna YouTube yang mengetahui cara aktifkan Google Adsense Youtube berkesempatan mendapatkan uang dari iklan yang ditayangkan pada konten online yang dibuat.

Anda dapat menghasilkan uang secara mudah memanfaatkan Google Adsense hanya dengan membuat konten di YouTube. Akan tetapi konten yang dibuat harus selalu menarik agar akun YouTube Anda memiliki banyak pengunjung dan pengikut. Pada Google Adsense, monetisasi YouTube adalah melalui dua cara yaitu per-impression dan per-click.

Per-impression berarti Anda akan menerima pembayaran dari Google berdasarkan berapa kali sebuah iklan dilihat oleh pengunjung. Adapun per-click berarti pembayaran akan Anda terima berdasarkan jumlah orang yang mengklik iklan tersebut. Berikut adalah cara aktifkan Google Adsense YouTube agar akun Anda dapat menghasilkan uang dari Google Adsense.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy M21 : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Syarat Daftar Google Adsense Youtube yang Harus Dipenuhi

Hampir semua Youtuber mengaktifkan Adsense untuk akunnya. Hal ini disebabkan karena mereka bisa mendapatkan keuntungan besar melalui Adsense. Jika Anda ingin mendaftarkan YouTube Adsense, maka sebelum melakukan cara aktifkan Google Adsense YouTube, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi:

1. Akun YouTube Harus Terverifikasi

Proses verifikasi diperlukan jika Anda ingin memposting video dengan durasi lebih dari 15 menit. Caranya tidak sulit dan sangat cepat. Anda tinggal membuka halaman upload, kemudian klik “Increase Your Limit”. Kemudian pilihlah metode verifikasi, Anda kemudian akan mendapatkan kode verifikasi melalui pesan suara ataupun pesan teks.

Masukkan kode verifikasi ke dalam kolom yang tersedia, lalu klik “Submit”. Apabila proses ini berhasil, maka pada profil Anda akan tampil status “Partner Verified”. Artinya akun telah terverifikasi dan Anda bisa mengunggah video ke YouTube dengan durasi yang panjang. Lengkapi syarat selanjutnya sebelum melakukan cara aktifkan Google Adsense YouTube.

2. Akun YouTube Memenuhi Jam Tayang Minimal

Syarat yang harus dipenuhi saat melakukan cara aktifkan Google Adsense YouTube adalah harus memiliki 4000 jam tayang selama satu tahun. Mencapai jam tayang minimal tentu butuh proses, itulah sebabnya Anda harus melakukan verifikasi dan rajin-rajin mengunggah video dengan durasi panjang.

3. Akun YouTube Mencapai Minimal 1000 Subscriber

Terdapat syarat lain yang cukup sulit untuk bisa melakukan cara aktifkan Google Adsense YouTube. Akun YouTube yang Anda kelola harus sudah memiliki minimal 1000 subscriber. Meski kelihatannya sulit, namun bukannya tidak mungkin untuk mencapai angka tersebut dalam waktu yang singkat.

Hal utama yang Anda perhatikan agar dapat memperoleh banyak subscriber adalah tampilan konten. Buatlah konten yang berkualitas agar pengunjung tidak bosan saat membuka video yang Anda bagikan. Jika mereka bosan, jangankan menonton sampai habis, Anda bahkan akan gagal mendapatkan subscriber.

Buatlah konten orisinil yang berasal dari karya sendiri, bukan hasil jiplakan. Suguhkan konten yang menarik, memancing rasa ingin tahu, dan mengundang pengunjung untuk membuka video yang lain. Pengunjung yang tertarik akan langsung menjadi subscriber sehingga syarat cara aktifkan Google Adsense YouTube bisa Anda penuhi dengan cepat.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy A7 : Fitur, Keunggulan dan Harganya

4. Syarat Cara Daftar Google Adsense, Jangan Ada Komentar Spam

Jika ketahuan melakukan spamming comment, maka pengajuan YouTube Adsense login bisa jadi ditolak. Hal ini tentu sangat merugikan karena butuh waktu yang tidak sebentar untuk mendaftar YouTube Adsense kembali. Setelah Anda memenuhi syarat di atas, selanjutnya silahkan ikuti langkahnya berikut ini.

Cara Aktifkan Google Adsense YouTube dengan Mudah

Jika telah mendaftar di Google Adsense dan disetujui, maka akun YouTube Anda berhak untuk menayangkan iklan. Adanya iklan ini memungkinkan channel YouTube yang Anda kelola mendapat penghasilan dari iklan yang diklik dan dilihat para pengunjung. Anda bisa daftar Google Adsense YouTube lewat HP dengan mudah seperti berikut ini.

1. Memiliki Akun YouTube

Sebelum mendaftar ke YouTube Adsense, Anda harus memiliki akun YouTube terlebih dahulu. Anda bisa melakukan cara daftar YouTube dengan menggunakan akun Gmail. Silahkan akses www.youtube.com dan klik sign-up untuk melakukan pendaftaran. Apabila sudah memiliki akun YouTube silahkan login menggunakan email yang aktif.

2. Login ke YouTube Studio

Setelah login, silahkan pilih menu “YouTube Studio”. Anda dapat menemukan menu ini saat mengklik ikon “Profil”. Pada menu “YouTube Studio”, Anda bisa memperoleh data statistik tentang akun, seperti jangkauan, demografi penonton, list komen, hingga monetisasi.

Pada Menu “YouTube Studio” ini, Anda dapat melakukan aktivitas unggah video dan mengelolanya saat sudah tayang. Melalui dasbor ini, Anda dapat mendaftar YouTube Adsense. Setelah masuk ke dalam menu, Anda bisa langsung memilih “Monetization’.

3. Mengaktifkan Monetisasi YouTube

Pada Menu “YouTube Studio” silahkan masuk ke “Channel- Other Features”, pilih menu “Monetization”, kemudian klik “Enable My Account”. Anda akan digiring menuju halaman “YouTube Partner Program”. Disini Anda harus menyetujui isi perjanjian dan beberapa ketentuan yang dikeluarkan oleh YouTube. Silahkan centang semua lalu klik “I Accept”.

Baca Juga:  4 Cara Memindahkan Video ke iPhone Tanpa iTunes, Sudah Tahu?

4. Mengaitkan Akun YouTube Adsense

Cara aktifkan Google Adsense YouTube selanjutnya adalah mengaitkan akun youtube. Setelah mencentang, lanjutkan dengan mengklik “Monetization’. Hal ini berarti video Anda sudah berada dalam status termonetisasi. Namun demikian, Anda masih harus mengaitkan Akun YouTube ke Akun YouTube Adsense agar video Anda dapat menghasilkan uang.

Lanjutkan dengan klik menu “Link My Account”, maka Anda akan diantarkan ke halaman yang menghubungkan YouTube dengan Adsense. Bagi yang belum memiliki akun Adsense, maka Anda akan diminta mengisi nama dan data yang berhubungan dengan akun. Lakukan pengisian dengan benar, termasuk pilihan negara dan target.

5. Membuat Akun YouTube Adsense

Jika selesai mengisi form dan menyetujui segala ketentuan, silahkan klik “Create Account” untuk membuat akun YouTube Adsense. Anda akan masuk ke halaman dasbor “Google Adsense” dan diminta mengisi beberapa informasi seperti nama, alamat, dan nomor telepon yang aktif.

Isilah data diri dengan jelas dan lengkap beserta nomor telepon yang benar. Hal ini disebabkan karena Google akan mengirimkan kode verifikasi di saat saldo Adense Anda udah bisa dicairkan. Setelah semua terisi, silahkan klik “Submit”. Anda tinggal menunggu google melakukan verifikasi hingga akun dapat digunakan.

6. Mengatur Pilihan Iklan Monetisasi

Sambil menunggu persetujuan dari Google, Anda bisa mengatur tampilan iklan monetisasi. Bukalah halaman “Monetization”, pada menu “Set Monetization Preference” silahkan klik “Start”. Pada menu ini, Anda bisa mengatur posisi iklan yang ditampilkan di akun YouTube yang dikelola.

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara aktifkan Google Adsense YouTube yang bisa Anda lakukan. Mendapatkan penghasilan melalui YouTube bukan hal yang tidak mungkin. Anda harus kreatif dan konsisten agar bisa mewujudkannya. Semoga berhasil!

About Admin

Check Also

layanan Google Play telah berhenti

Alasan Mengapa Layanan Google Play Telah Berhenti Dan Cara Mengatasinya

jejakblog – Anda mungkin bingung jika tiba-tiba mendapat notifikasi “layanan Google Play telah berhenti”. Karena …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *