10 Kebiasaan Buruk yang Bisa Gagalkan Diet Sehat Tanpa Obat

10 Kebiasaan Buruk yang Bisa Gagalkan Diet Sehat Tanpa Obat. Ada banyak hal yang bisa menjadi pemicu kegemukan. Selain keturunan, masalah dengan kelebihan berat badan ini dapat terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat. Salah satunya dikarenakan tubuh menerima terlalu banyak kalori dan tanpa diimbangi dengan aktivitas maupun olahraga yang dilakukan untuk membakar kalori tersebut. Sehingga pada akhirnya, zat yang tidak digunakan sebagai energi tersebut menumpuk dan digunakan tubuh sebagai cadangan energi dalam bentuk lemak.

Tidak dipungkiri, memiliki bentuk dan berat badan yang ideal adalah impian semua orang. Hal ini karena kondisi demikian dapat menghindarkan pemiliknya dari berbagai ancaman masalah kesehatan, dengan kondisi seperti itu pulalah tubuh tidak akan kesulitan dan merasa tidak nyaman dengan penampilannya.

diet sehat tanpa obat
diet sehat tanpa obat

Cara Cepat Turunkan Berat Badan dengan Diet Sehat Tanpa Obat

Untuk menghindari berbagai dampak negatif dari kegemukan, maka tidak sedikit orang yang memilih untuk mengusahakan penurunan berat badan. Tujuan ini pun didukung dengan populernya berbagai jenis diet sehat tanpa obat yang memungkinkan tubuh mengalami penyusutan tanpa penggunaan obat-obat kimia. Di antaranya ialah diet keto, DEBM, diet mayo, dan lain sebagainya. Akan tetapi, pada dasarnya, diet tersebut dilakukan dengan pokok sebagai berikut ini.

Atur pola makan

Keberhasilan diet sehat yang sedang dijalankan tentu tidak terlepas dari mengatur pola makan. Pola makan ini meliputi pengaturan jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi serta membuat jadwal dan menu makanannya untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Beberapa jenis bahkan memiliki pantangan pengonsumsian makanan yang mengandung nutrisi tertentu, salah satunya ialah DEBM yang sangat membatasi pengonsumsian karbohidrat baik karbohidrat sederhana maupun karbohidrat kompleks.

Atur pola tidur

Selain pola makan, keberhasilan diet sehat tanpa obat juga dipengaruhi dengan pola tidur yang sehat. Hal ini karena tubuh sejatinya memerlukan waktu untuk mengistirahatkan total seluruh aktivitas fisiknya. Di waktu tidur ini pula, metabolisme tubuh akan lancar, sehingga nutrisi dari makanan dapat diserap sementara yang tidak berguna akan dibuang oleh alat pencernaan. Tidur yang cukup juga dapat membuat pelakunya terhindar dari stress dan akan merasa segar kembali keesokan harinya.

Rutin Olahraga

Kunci keberhasilan diet berikutnya adalah dengan rutin berolahraga. Hal ini karena dengan sengaja mengintensifkan aktivitas ini dapat secara efektif mempercepat proses penurunan berat badan. Ada berbagai jenis olahraga ringan yang dapat dilakukan, di antaranya ialah bersepeda, jogging, renang, dan lain sebagainya. Jika tidak bisa meluangkan waktu yang cukup untuk olahraga tersebut, dapat diganti dengan berbagai olahraga yang bisa dilakukan di rumah, di antaranya ialah sit up dan push up.

Kelola stress

Kuncui keberhasilan diet sehat tanpa obat yang terakhir adalah dengan mengelola stres. Meski tampaknya sepele, stres dapat menjadi pemicu gagalnya diet sehat yang sedang dijalankan. Proses diet yang dilakukan pun tidak mustahil dapat menyebabkan stres, salah satunya adalah stress karena diet yang dijalankan tidak kunjung membuahkan hasil yang signifikan. Oleh karena itu, cara diet sehat tentunya akan berhasil dengan kemampuan kita mengelola stres.

Kebiasaan Buruk yang Bisa Gagalkan Diet Sehat Tanpa Obat

Selain beberapa cara cepat turunkan berat badan tersebut, ada beberapa kebiasaan buruk yang dapat menggagalkan program diet sehat tanpa obat yang dijalankan. Nah, berikut adalah beberapa kebiasaan buruk yang bisa gagalkan diet sehat sebagai upaya penurunan berat badan.

Meninggalkan sarapan

Salah satu kebiasaan buruk yang dapat gagalkan diet sehat tanpa obat ialah meninggalkan sarapan pagi. Ya, aktivitas satu ini seringkali dianggap sebagai aktivitas sepele yang tidak berdampak banyak bagi tubuh jika dilewatkan. Akan tetapi, anggapan demikian adalah anggapan yang keliru. Hal ini karena sejatinya sarapan ialah sumber utama tubuh memperoleh energi untuk tubuh melakukan berbagai aktivitas sejak pagi.

Selain itu, meninggalkan sarapan biasanya digunakan sebagai upaya mengurangi porsi makanan bagi tubuh. Namun anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Jika tujuan meninggalkan sarapan ialah mengurangi konsumsi kalori yang berlebihan, maka cara tersebut dapat dilakukan dengan alternatif lain, yakni dengan mengonsumsi berbagai makanan rendah kalori. Salah satunya adalah pisang. Mengonsumsi 2 buah pisang ketika pagi hari akan membuat Anda kenyang hingga jam makan siang tiba.

Tidak suka konsumsi air putih

Kebiasaan buruk yang dapat menggagalkan diet sehat tanpa obat berikutnya adalah keengganan mengonsumsi air putih. Padahal, air adalah kebutuhan utama tubuh yang harus terpenuhi. Hal ini karena air dalam tubuh berfungsi sebagai metabolisme, maka dari itu, bagi yang sedang menjalankan diet, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi banyak air putih.

Alasan tersebut pun didukung dengan adanya pantangan orang diet untuk mengonsumsi minuman manis maupun aneka minuman dalam kemasan. Sebaliknya, hampir semua jenis diet menyarankan supaya selain kebutuhan harian tubuh 2 liter setiap harinya, mengonsumsi air dalam jumlah banyak juga dapat mempercepat metabolisme tubuh. Dengan demikian, proses penurunan berat badan juma jadi semakin cepat.

Gemar konsumsi makanan olahan

Kebiasaan buruk yang harus dihindari bagi yang sedang menjalankan diet sehat tanpa obat berikutnya adalah kegemaran mengonsumsi berbagai jenis makanan olahan. Ya, makanan-makanan baik camilan, makanan yang diolah secara instan, maupun aneka makanan dalam kaleng yang siap dimakan sebaiknya adalah makanan yang jumlah pengonsumsiannya dikurangi. Hal ini karena makanan-makanan tersebut umum adalah makanan yang tinggi kandungan garamnya. Sementara garam, meski pun baik sebagai pengaktif kelenjar tiroid, kadar berlebihan justru dapat berbahaya bagi tubuh.

Mager dan enggan olahraga

Mages atau malas gerak adalah kebiasaan buruk berikutnya yang sebaiknya dihindari. Hal ini karena sebagaimana yang kita ketahui, olahraga adalah salah satu penunjang terbesar keberhasilan diet yang dilakukan. Hal ini karena olahraga memungkinkan kita dapat membakar kalori dari makanan yang kita konsumsi. Inilah yang membuat tubuh tidak banyak-banyak menyimpan kalori yang tidak habis diolah sebagai energi sebagai bentuk energi cadangan yakni lemak.

Sebaliknya, kegemaran bermalas-malasan atau mager dapat membuat penumpukan-penumpukan lemak dalam tubuh jadi semakin banyak sebaiknya dihindari bagi yang sedang menjalankan diet sehat tanpa obat. Oleh karena itu, kebiasaan buruk tersebut dapat diganti dengan melakukan berbagai aktifitas positif lainnya. Salah satunya adalah dengan berolahraga seperti yang sudah disebutkan manfaatnya tersebut. Olahraga pun ada berbagai macam jenisnya, bahkan ada yang bisa dilakuka meski kita sedang di rumah saja. di antaranya ialah plank, push up, dan sit up.

Perhatikan juga artikel lainnya disini.

Tidur berlebihan

Kebiasaan buruk lainnya adalah tidur yang berlebihan. Ini dikarenakan tubuh sebetulnya hanya memerlukan 7 hingga 8 jam setiap harinya untuk tidur. Kecukupan waktu tidur tersebut akan membuat pemiliknya merasa fresh kembali keesokan harinya. Namun, tidur yang melebihi waktu yang dibutuhkan tersebut nyatanya justru berdampak tidak baik bagi tubuh. Selain berpotensi membuat malas-malasan, tidur yang berlebihan akan membuat bangun lebih siang dan membuat kita mengulur-ulur waktu untuk sarapan dan menjalankan berbagai aktivitas produktif.

Demikian adalah paparan mengenai cara cepat turunkan berat badan dan kebiasaan-kebiaasaan buruk yang dapat menggagalkan diet sehat tanpa obat. Hal tersebut karena keberhasilan diet tidak akan didapatkan jika berbagai pantangan diet tidak dipatuhi. Sebaliknya, pantangan diet tersebutlah yang berpotensi menggagalkan segala macam usaha yang dilakukan untuk menurunkan berat badan.

About admin

Check Also

Mengetahui Apa Saja 5 Tips Gaya Hidup Sehat Yang Perlu Kamu Ketahui

Mengetahui Apa Saja 5 Tips Gaya Hidup Sehat Yang Perlu Kamu Ketahui. Pada dasarnya setiap …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *