Buat Akun WordPress Gratis dengan 5 Langkah Sederhana

jejakblog – Di masa sekarang, dunia sudah dipenuhi dengan teknologi canggih dan menggunakan sistem online. Salah satu pasaran dalam dunia maya yang berpotensi sukses adalah website atau yang dikenal dengan E-commerce. Untuk itu, seseorang membutuhkan panduan dalam buat akun wordpress gratis agar bisa menghasilkan konten yang bermanfaat.

Dalam membuat sebuah website meskipun gratis dibutuhkan usaha yang ekstra dan waktu yang lumayan lama. Hal ini dikarenakan agar website bisa menghasilkan kinerja yang optimal. Terdapat beberapa cara yang bisa Anda coba dengan mudah jika ingin cara membuat website dengan wordpress. Berikut ulasannya.

Buat Akun WordPress Gratis Hanya 5 Langkah Mudah!

Inilah Cara Buat Akun WordPress Gratis

Berikut adalah cara membuat website dan akun wordpress yang mudah dan cepat:

  1. Mendaftar Akun

Langkah sederhana pertama yang bisa Anda lakukan ketika ingin buat akun wordpress gratis adalah dengan mengunjungi WordPress.com. Anda harus mendaftarkan akun dengan mengisi nama blog yang Anda inginkan. Nama blog tersebut bisa dijadikan alamat ketika seseorang ingin membuka atau mengunjungi website milik Anda.

  • Carilah nama pengguna yang masih jarang digunakan agar bisa lolos dan diterima untuk membuat akun WordPress. Nama yang unik serta mudah diingat sebaiknya Anda prioritaskan. Jika Anda sudah memilih nama yang cocok dan sudah diterima oleh pihak website, maka Anda bisa klik menu buat situs web.
  • Setelah itu akan muncul tampilan berupa form yang harus Anda isi dan daftarkan. Informasi tersebut berupa alamat surel, nama pengguna, kata sandi, dan alamat blog. Usahakan untuk mengisi data tersebut dengan benar. Untuk alamat surel atau alamat email, gunakan email milik Anda yang masih benar-benar aktif agar mudah dalam melakukan verifikasi.
  • Jika Anda belum mempunyai alamat email, maka bisa membuat akun email di Gmail atau Yahoo. Membuat alamat email sendiri tidak begitu sulit. Setelah Anda mengisi bagian alamat email, Anda harus mengisi nama pengguna. Nama pengguna bisa Anda gunakan dengan nama samaran atau nama yang unik. Namun, ada baiknya nama tersebut mudah diingat.
  • Setelah itu, data yang harus Anda isi adalah kata sandi. Anda bisa menggunakan kata sandi yang hanya diketahui oleh Anda sendiri. Biasanya kata sandi terdiri dari huruf besar, huruf kecil, dan angka. Hindari untuk menggunakan tanggal lahir Anda sebagai kata sandi karena hal tersebut mudah ditebak.
  • Informasi terakhir adalah alamat blog. Anda harus mengecek apakah alamat blog tersedia atau tidaknya. Jika alamat blog tersedia, maka akan muncul tanda centang dengan warna hijau.
  • Namun, jika alamat blog yang Anda gunakan ternyata sudah digunakan oleh orang lain, maka tanda centang tersebut berwarna merah. Anda harus menggantinya sampai berwarna hijau.
  • Jika semua informasi sudah Anda isi dengan benar dan sesuai keinginan, maka Anda hanya tinggal menekan tombol buat blog yang berada di bagian paling bawah. Nantinya, pihak website wordpress akan mengirimkan email yang berisi konfirmasi pembuatan akun Anda di wordpress. Cara buat akun wordpress gratis mudah, bukan?
  1. Memilih Tema

Langkah kedua sederhana yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan memilih tema. Dengan memilih wordpress sebagai akun website, maka tema yang Anda gunakan juga berasal dari wordpress. Pada tampilan awal, website Anda menggunakan tema dasar. Anda bisa mengubahnya dengan tema gratis agar terlihat cantik dan ciamik.

Baca Juga:  3 Rekomendasi Aplikasi Backup Data PC Terbaik

Banyak sekali pilihan tema gratis yang tidak kalah jauh cantiknya dengan pilihan tema yang berbayar. Untuk mengubah tema menjadi sesuai keinginan, caranya adalah sebagai berikut.

  1. Pilih menu Appearance, pilih Themes, lalu klik menu Add New. Nantinya akan timbul halaman yang berisi ribuan tema gratis dan bisa Anda urutkan sesuai filter.
  2. Jika kamu bingung dalam memilih tema, maka Anda bisa meminta rekomendasi kepada teman atau orang lain. Anda bisa mencari nama tema yang diinginkan dengan memasukkan ke kolom pencarian.
  3. Setelah memilih tema yang Anda inginkan, Anda bisa menekan tombol install. Saat memasang tema, Anda harus menyesuaikan dengan menekan tautan Customize
  4. Buat akun wordpress gratis dengan melihat tampilan tema yang sudah dipilih yaitu dengan menekan tombol preview.
  5. Jika tema yang Anda pilih kurang puas, Anda bisa mengaturnya kembali saat itu juga. Namun, Anda juga bisa mengatur ulang tema saat website Anda sudah terisi dengan beberapa konten.
  1. Mengisi Konten

Setelah mengurus tema, langkah selanjutnya dalam buat akun wordpress gratis adalah dengan mengisi konten. Sebelumnya, Anda harus tahu jenis konten apa yang ingin Anda isi. Apakah berisi dengan artikel, berisi cerita perjalanan, berisi review, dan lainnya. Dalam wordpress blog, terdapat dua jenis konten default: post dan page.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy Note20 Ultra : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Post adalah menu yang bertujuan untuk mempublikasikan konten yang ingin Anda buat. Jika ingin menambahkan konten, silakan tekan Add New. Terdapat judul, kolom isi konten, format post, kategori, dan tag yang bisa Anda isi sesuai dengan konten. Untuk tag, Anda bisa memasukkan sebanyak-banyaknya agar konten Anda bisa berada di page one.

Jika Anda belum ingin mempublikasikan konten tersebut saat itu juga, Anda bisa memilih Save agar tidak hilang. Nanti konten tersebut berupa draft yang bisa Anda buka kembali jika ingin menambahkan isi pada konten. Lalu jika Anda ingin mempublikasikannya, maka tinggal menekan tombol Publish.

Sedangkan page adalah menu yang berisi halaman seperti Privacy Policy, About Us, dan lainnya. Untuk membuat halaman baru, Anda bisa memilih Pages lalu Add New. Setelah itu, Anda bisa menambahkan judul dan isi di bagian editor teks tergantung dengan halaman yang ingin dibuat. Setelah itu Anda bisa menekan menu Publish.

  1. Melakukan Customisasi

Langkah selanjutnya dalam buat akun wordpress gratis adalah melakukan kustomisasi yaitu merapikan tampilan website. Untuk merapikannya, bisa dimulai dari bagian halaman depan statis. Caranya sebagai berikut:

  1. Pilih Settings lalu pilih Reading
  2. Pilih menu A Static Page yang ada di bawah Front Page Displays. Lalu pilih halaman bagian home dan pilih Save.
  3. Setelah itu, Anda bisa mengubah bagian judul dan tagline dengan cara memilih menu Settings dan pilih General. Nantinya, judul yang Anda gunakan akan menjadi nama website dan tag yang terdiri dari satu baris.
  4. Jika Anda tidak ingin menggunakan tagline, maka Anda bisa mengosongkannya. Lalu jangan lupa untuk menekan tombol Save atau Save Changes.
  5. Selain itu, Anda juga bisa melakukan kustomisasi dengan membuat navigasi menu. Caranya adalah dengan menekan tombol Appearance lalu pilih Menu.
  6. Setelah itu, Anda bisa memasukkan nama dan pilih Create Menu. Kemudian, pilih halaman yang ingin ditampilkan menu dengan menekan tombol Add to Menu dan tekan Save.
  1. Memasang Plugin

Langkah terakhir yang tergolong sederhana adalah dengan memasang plugin. Pada menu ini Anda bisa menambahkan berbagai fitur seperti kontak, galeri foto, dan lainnya. Anda tidak perlu khawatir, karena ada banyak sekali plugin gratis yang bisa Anda gunakan.

Baca Juga:  6 Cara Mengisi Situs Di Google AdSense Gampang dan Simpel. Yuk, Coba!

Langkah di atas bisa membantu Anda dalam buat akun wordpress gratis dengan mudah. Anda bisa menghasilkan berbagai konten menarik hanya dengan bermodalkan website gratis. Yuk, kelola website Anda menjadi konten yang bermanfaat dengan tampilan yang ciamik.

About Admin

Check Also

Spesifikasi Samsung Galaxy Note9 : Fitur, Keunggulan dan Harganya

jejakblog – Spesifikasi Samsung Galaxy Note9 sangat mengejutkan ialah usaha lain dari Samsung untuk merubah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *