Sosial

BNI Kartu Debit Bansos 2020, Bantu Salurkan Dana Bantuan Covid 19

jejakblog – Ditengah mewabahnya pandemi Covid 19, masyarakat Indonesia bersama ketetapan pemerintah, harus menaati protokol kesehatan. Pemerintah menghimbau agar masyarakat selalu memakai masker ketika berinteraksi dengan orang lain, rajin menjaga kebersihan diri, serta aktivitas sosial yang dapat menimbulkan kerumunan.

Akibatnya, laju pertumbuhan ekonomi yang disebabkan oleh peraturan pemerintah tersebut menjadi menurun dan tidak stabil. Oleh karena itu, saat ini pemerintah tengah aktif menyalurkan bantuan kepada masyarakat Indonesia. Bersama dengan beberapa bank penyalur yang mau bekerjasama dalam mendukung banpres, salah satunya yaitu bersama bank BNI Kartu Debit Bansos 2020 tersalurkan dengan mudah.

BNI Kartu Debit Bansos 2020

Bagaimana BNI Kartu Debit Bansos 2020 Dapat Tersalurkan?

Pemerintah menunjuk bank BNI untuk menyalurkan bansos non tunai PKH (Program Keluarga Harapan) pada tahun 2020. Bank BNI juga dipercaya dalam proses penyaluran bansos guna mengangkat kondisi perekonomian Keluarga Penerima Manfaat atau KPM melalui KUR (Kredit Usaha Rakyat).

Melalui BNI kartu debit bansos 2020 dapat tersalurkan ke tangan Anda secara tepat sasaran. Bank BNI bekerjasama bersama dengan Kementerian Sosial Republik Indonesia dalam penyaluran bantuan non tunai dilaksanakan dengan maksimal. Hal ini bertujuan agar semakin banyak Keluarga Penerima Manfaat yang terbantu perekonomian dan menjadi naik kelas serta dapat menerima fasilitas berupa pinjaman lunak.

Baca Juga:  Simak 5 Cara Dapat Beasiswa di Universitas Negeri Semarang (UNNES)! Ragam Beasiswa yang Ditawarkan

Berapa Banyak Dana Bansos yang Telah Disalurkan BNI?

Adanya BNI kartu debit bansos 2020 tersalurkan dengan mudah dan efisien. Bank BNI telah menyalurkan dana bantuan sosial non tunai Program Keluarga Harapan (PKH) tahap pertama kepada 3,7 juta Keluarga Penerima Manfaat sejumlah Rp 2,7 Triliun.. Informasi tersebut tercatat pada proses penyaluran sejak bulan Januari 2020.

Sebelumnya, pada tahun 2019 juga tercatat bahwa BNI sudah berhasil menyalurkan dana bansos sebesar Rp 4,2 juta lebih kepada KMP di 411 Kota maupun Kabuten dari berbagai wilayah di Indonesia. Dana bansos ini tentunya bisa Anda manfaatkan untuk kepentingan pengembangan usaha atau beberapa hal lain terkait kebermanfaatan dalam jangka panjang.

Jenis-Jenis Bantuan dan Cara Cek bansos BNI

Ada beberapa jenis bantuan yang bekerjasama dengan BNI kartu debit bansos 2020 dari pemerintah. Penyaluran dana bansos akan menjadi tepat sasaran dengan perhitungan skema yang akurat. Apa saja macam-macam bantuan sosial yang bisa Anda dapatkan dan bagaimana cara penyalurannya? Simak pemaparan berikut ini.

Bansos Program Keluarga Harapan atau PKH

BNI kartu debit bansos 2020 dapat Anda terima secara cepat dan tepat. Bansos non tunai PKH (Program Keluarga Harapan) disalurkan setiap tiga bulan sekali dalam 4 kali tahapan. Lebih dari 10 juta KPM (Keluarga Penerima Manfaat) akan mendapatkan dana bantuan ini dengan rincian nilai yang berbeda untuk setiap anggota keluarga.

Baca Juga:  Simak 5 Cara Dapat Beasiswa di Universitas Airlangga (UNAIR)! Ragam Beasiswa yang Ditawarkan

Penyaluran bantuan sosial Program Keluarga Harapan melalui rekening penerima. Bank-bank yang bekerjasama untuk membantu kemudahan proses penyaluran dana bansos ini, yaitu bank-bank HIMBARA, diantaranya bank BNI, Bank Mandiri, Bank BRI, dan juga Bank BTN.

Bantuan Sosial Kartu Sembako

Kartu sembako termasuk salah satu bantuan sosial dari pemerintah kepada masyarakat Indonesia yang terdampak Covid 19. Anda akan mendapatkan dana untuk kebutuhan sembako bahan pangan dari pemerintah pusat melalui Pemda setempat. Bantuan ini disalurkan setiap bulan dan akan ditransfer ke rekening penerima dari masing-masing agen yang dipercaya oleh pemerintah.

Selain melalui agen yang ditunjuk, pemerintah juga menyalurkan bantuan sembako dari bank-bank BUMN, diantaranya Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BTN, termasuk juga Bank BNI kartu debit bansos 2020 dapat dicairkan. Selain itu, Anda juga bisa membelanjakan dana bantuan sembako ini di e-Warong sekitar.

Bantuan Sosial Tunai (BST) Rp 300 Ribu

Selain bantuan PKH dan juga kartu sembako, pemerintah juga telah memberikan Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp 300 ribu. Dana bantuan tersebut akan disalurkan setiap bulan per keluarga selama 4 bulan. Uang tunai tersebut akan ditransfer langsung oleh pihak PT Pos Indonesia ke tempat tinggal penerima bansos.

Proses pencairan BST bisa dilakukan secara tunai ataupun bisa ditranfer menggunakan Bank Mandiri, Bank BTN, Bank BRI, serta Bank BNI sehingga dana bansos tersalurkan secara aman sampai ke tangan penerima. Penerima BST ini adalah bisa dari mereka yang terdata di DTKS ataupun tidak.

Baca Juga:  Bingung Cara Daftar Bansos UMKM? Penuhi Syarat-Syaratnya Mudah Tanpa Ribet

Bantuan Sosial Program Kartu Prakerja

Bank BNI juga memberikan fasilitas kepada masyarakat berupa link website eform.bni.co.id.bpum. Link tersebut dapat digunakan supaya Anda bisa mengecek nama Anda sebagai calon penerima bantuan sosial dari pemerintah ini. Perlu Anda ingat, bahwa link ini hanya khusus bagi masyarakat yang hendak membuka rekening untuk program Kartu Prakerja.

Selain melalui eform.bni.co.id.bpum, Anda juga akan mendapatkan pemberitahuan melalui SMS yang menyatakan bahwa Anda berhasil menjadi daftar penerima bantuan ini. Jika terjadi error, silahkan datangi bank BNI terdekat atau bank penyalur yang berwenang untuk melakukan konfirmasi dan masalah segera teratasi.

Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Mendapat Bantuan Sosial?

Jadilah penerima bantuan yang bijaksana. Setelah Anda terdaftar dan menerima bantuan sosial dari pemerintah, baik itu Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Bantuan Sosial Tunai (BST), dan juga Kartu Prakerja, maka manfaatkan bantuan-bantuan tersebut dengan baik dan tidak dipakai untuk membelanjakannya secara konsumtif.

Belanja konsumtif merupakan transaksi belanja yang tidak mengandung manfaat untuk jangka panjang atau menghasilkan laba di masa depan. Salah satu contoh, yaitu membeli baju baru karena trend sesaat, membeli minuman keras, rokok. Anda bisa memanfaatkan bansos Covid 19 ini untuk membeli kebutuhan pangan ataupun modal membuka usaha.

Itulah informasi mengenai efisiensi BNI kartu debit bansos 2020 dari pemerintah yang diharapkan tepat sasaran. Manfaatkanlah dana bantuan yang Anda terima sebaik mungkin untuk kepentingan jangka panjang. Semoga bermanfaat bagi Anda, calon penerima bantuan sosial Covid 19.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button