Bila Ditransfer Dana Pinjol Ilegal Tanpa Persetujuan, Apakah Modus?

Bila ditransfer dana pinjol secara tiba-tiba, lantas harus bagaimana? Topik ini mendadak viral di media sosial. Berawal dari seorang warganet yang membeberkan pengalamannya tentang transferan pinjaman online mendadak masuk ke rekeningnya.

PT Odeo Teknologi Indonesia diperkirakan adalah pinjol yang telah mentransfer uang sejumlah Rp 1.040.000, demikian pengakuannya. Pengunggah melakukan pencarian di google terkait PT yang dimaksud dan ulasan yang muncul sesuai pernyataannya.

Pendapat Dari Warganet

Kasus transferan tersebut telah diunggah pada akun Twitter sehingga mengundang banyak komentar. Merasa tidak pernah menyetujui apapun dengan PT yang dimaksud, membuat yang bersangkutan geram.

Warganet yang pernah mengalami kejadian serupa meramaikan kolom komentar. Komentar dari sebuah akun, “Kakakku juga pernah dapet, tapi balikin uangnya kemana.”

Segera Kembalikan Dana Pinjol Ilegal

Bagaiman cara mengembalikan dana tersebut? Pertanyaan ini muncul dari beberapa warganet lain. Ada warganet yang membagikan utas tentang tindakan terbaik apabila terlanjur jadi korban transferan nyasar dari pinjol.

30.500 orang lainnya telah menyukai utas yang dibagikan pada 8.000 pengguna Twitter itu sampai dengan Sabtu (23/7/2022).

Tanggapan Pihak OJK

Masyarakat diimbau oleh Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI) Tongam Lumban Tobing untuk melacak legalitas sebuah perusahaan yang memfasilitasi pinjaman online di situs ojk.go.id. Sesuai informasi bahwa pembaruan data terakhir telah dilakukan pada tanggal 22 April 2022.

Sejumlah 102 perusahaan telah mengantongi izin dari OJK itu sendiri. Sementara itu, PT Odeo Teknologi Indonesia tidak tercatat di antara 102 perusahaan tersebut. Ini mengartikan bahwa perusahaan itu tidak berizin OJK atau ilegal.

OJK Memberikan Saran

Dilansir dari pernyataan Tongam, OJK telah memberikan edukasi kepada masyarakat untuk memakai jasa pinjol yang legal. Pelaporan kepada pihak berwajib diperbolehkan jika ada masyarakat mendadak menerima transferan pinjol ilegal namun tidak ada persetujuan sebelumnya.

Jika penerima mengetahui nomor rekening pengirim, sebaiknya dana yang masuk ditransfer balik ke rekening asal tersebut, imbuh Tongam. Pendapatnya bahwa ada kemungkinan penerima telah melakukan penginputan data diri dipinjol namun tidak sampai pada tahap menyetujui peminjaman.

OJK Mengimbau

Berdasarkan keterangan OJK bahwa pihaknya telah berkali-kali memberikan imbauan terhadap masyarakat untuk tidak melakukan akses pada pinjol yang ilegal.

Bila ditransfer dana pinjol secara mendadak walaupun tidak pernah menyetujui apapun, segera lakukan pengecekan legalitas perusahaan pada website resmi ojk.go.id.

About admin

Check Also

Prestasi Indonesia di Islamic Solidarity Games 2022, Yuk Simak!

Islamic Solidarity Games 2022 merupakan acara pesta olahraga solidaritas islam yang telah diselenggarakan pada tanggal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *