Wujudkan Impian Kuliah, Inilah 5 Beasiswa S1 Di Bandung

jejakblog – Beasiswa S1 di Bandung menjadi idaman banyak siswa SMA. Impian melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan memang menjadi harapan, selain memperdalam ilmu, juga membuka kesempatan memasuki dunia kerja lebih luas. Meskipun demikian, tak jarang harapan ini terkendala biaya yang cukup tinggi, sehingga tak jarang menyebabkan beberapa orang terpaksa mengubur impiannya.

Namun, masih ada cara untuk mengatasi kendala biaya dalam menjalani studi S1, yaitu dengan mendapatkan beasiswa. Ada beberapa pihak yang menyediakan beasiswa kuliah S1 di Bandung. Di antaranya adalah beasiswa penuh dan ada juga berupa beasiswa parsial. Melalui adanya program beasiswa ini, calon mahasiswa dapat melanjutkan studinya tanpa harus terkendala biaya.

Beasiswa S1 di Bandung

Lima Beasiswa S1 Di Bandung Yang Bisa Dipertimbangkan Dalam Melanjutkan Studi

Ada berbagai universitas di Bandung yang menyediakan program beasiswa bagi para calon mahasiswa. Umumnya, program beasiswa ini menyasar siswa SMA maupun SMK yang berencana melanjutkan studinya di Bandung. Berikut ini adalah daftar lima Beasiswa S1 di Bandung yang bisa dipertimbangkan dalam melanjutkan studi ke jenjang kuliah.

1. Beasiswa Institut Teknologi Harapan Bangsa

Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB) adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang terletak di Kota Bandung. Perguruan tinggi ini didirikan oleh Yayasan Petra Harapan Bangsa. Ada beberapa jenis beasiswa berdasarkan prestasi akademik maupun olah raga. Menariknya, ITHB memiliki program-program bertaraf internasional melalui afiliasi dengan beberapa universitas terkemuka yang ada di UK, Australia, hingga Singapura.

Baca Juga:  Simak 5 Cara Dapat Beasiswa di Politeknik Negeri Sriwijaya (POLSRI)! Ragam Beasiswa yang Ditawarkan

Ada beberapa jenis Beasiswa S1 di Bandung yang ada di ITHB. Di antaranya adalah beasiswa Jalur Prestasi Akademik (JPA), Jalur Prestasi Olahraga (JPO), Beasiswa Subsidi silang (BSS), dan beberapa lainnya. Beberapa beasiswa yang ditawarkan berupa beasiswa penuh, maupun potongan biaya pendidikan mulai dari 25% hingga 50% per semesternya.

Adapun syarat untuk mendaftar beasiswa ini tergantung dari program yang akan diajukan. Namun, secara garis besar, beberapa persyaratan yang harus dipenuhi adalah mengisi formulir pendaftaran, menjalani assesment secara online, dan melengkapi dokumen. Selain itu, pada program tertentu, pendaftar beasiswa diminta mengirimkan sebuah essai sebagai persyaratannya.

2. Beasiswa UNPAR

Kemudian, ada juga beasiswa S1 di UNPAR Bandung. Universitas Katolik Parahyangan ini tergolong dalam perguruan tinggi swasta yang cukup dikenal bergengsi di Bandung. Perguruan tinggi ini menyediakan program beasiswa yang ditujukan bagi calon mahasiswa baru, yaitu bagi para lulusan SMA yang akan mendaftar.

Adapun persyaratan yang harus disiapkan calon penerima beasiswa adalah membuat surat permohonan beasiswa. Surat ini ditujukan kepada Wakil Rektor Bidang Modal Insani dan Kemahasiswaan di universitas tersebut. Dalam surat permohonan tersebut, calon penerima beasiswa diharuskan melampirkan fotokopi nilai rapor SMA. Selain itu, perlu juga dilampirkan fotokopi identitas pendaftar dan orangtuanya.

Baca Juga:  4 Cara Mendapatkan Beasiswa Stanford S1 Ampuh! Wujudkan Impian Sekolah Tinggi

Persyaratan lainnya adalah melampirkan surat keterangan dari RT/RW sebagai bukti bahwa pemohon beasiswa benar-benar memerlukan bantuan untuk biaya kuliahnya. Calon penerima beasiswa dari UNPAR juga harus membuat sebuah essai yang menggambarkan diri, keluarganya, dan motivasi studinya. Essai ini dibuat dalam satu hingga tiga halaman kuarto.

3. Beasiswa ITB

Banyak siswa SMA yang berminat untuk mendaftar sebagai mahasiswa di ITB. Selain karena merupakan perguruan tinggi bergengsi, ada banyak program beasiswa S1 ITB Bandung yang memudahkan mahasiswa, memenuhi biaya selama kuliah. Tidak hanya biaya kuliah saja, tetapi juga ada beasiswa terkait biaya hidup, buku, hingga tugas akhir.

Beasiswa S1 di Bandung ini tidak hanya ditujukan kepada mahasiswa yang sudah terdaftar di ITB saja, tetapi juga bagi siswa SMA yang akan mendaftar. Bagi siswa SMA, cara mendaftarnya adalah dengan mengikuti program Bidikmisi. Adapun bagi mahasiswa yang sudah terdaftar, dapat mengajukan beasiswa dengan mengisi formulir pendaftaran dan melengkapi persyaratan dokumennya.

4. Beasiswa UIN Bandung

Beasiswa S1 di Bandung yang berikutnya ditawarkan oleh kampus UIN Sunan Gunung Djati. Tidak hanya menyediakan beasiswa untuk mahasiswanya saja, melainkan juga untuk calon mahasiswa, yaitu siswa SMA melalui program Bidikmisi. Beasiswa ini membuka peluang melanjutkan S1 di perguruan tinggi di kota Bandung.

Baca Juga:  4 Cara Mendapatkan Beasiswa S2 Keperawatan Ampuh! Wujudkan Impian Sekolah Tinggi

Berikut ini adalah syarat untuk mendaftar beasiswa S1 UIN Bandung bagi calon mahasiswa baru.

  • Siswa SMA/SMK yang akan lulus dan bukan penerima Bidikmisi
  • Batas usia saat mendaftar adalah 21 tahun
  • Tidak Mampu Secara Ekonomi
  • Pendidikan orang tua maksimal S1/D4
  • Memiliki surat rekomendasi Kepala Sekolah dalam bidang akademik

5. Jabar Future Leader Scholarship

Beasiswa yang ini merupakan beasiswa dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat bagi mahasiswa dan calon mahasiswa mulai dari D3, D4, S1, S2, dan S3. Adapun persyaratan untuk beasiswa ini adalah melalui program ini adalah memiliki prestasi di bidang akademik atau non akademik. Pendaftara beasiswa adalah siswa yang telah menyelesaikan SMA/SMK.

Syarat lainnya adalah melampirkan nilai USBN, UN, dengan nilainya adalah minimal 6,0 pada skala 10. Pemohon juga diminta untuk membuat essai yang menceritakan tentang dirinya dan tujuan pengajuan beasiswa. Beasiswa ini khusus ditujukan untuk warga yang memiliki KK dan KTP Jawa Barat yang tidak sedang menerima beasiswa lain.

Demikianlah lima beasiswa S1 di Bandung yang bisa dipertimbangkan saat akan melanjutkan studi setelah SMA. Beberapa beasiswa berupa pembiayaan penuh, dan sebagian lagi merupakan pendanaan parsial. Dengan adanya beasiswa ini, kendala keuangan dalam melanjutkan studi S1 yang dialami mahasiswa dan calon mahasiswa dapat teratasi.

 

About Admin

Check Also

Cara mendapatkan beasiswa kuliah di ITB

9 Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di ITB, Gratis!

jejakblog – Cara mendapatkan beasiswa kuliah di ITB bukanlah hal yang tidak mungkin untuk dilakukan. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *