Ingin Lanjut Kuliah? Inilah 5 Beasiswa Kuliah S2 Di Indonesia 

jejakblog – Beasiswa kuliah S2 di Indonesia, memang menjadi incaran banyak penuntut ilmu yang akan melanjutkan jenjang pendidikannya. Hal ini disebabkan biaya dan pengeluaran selama kuliah yang cukup besar, mulai dari biaya kuliah, praktik, riset, akomodasi, dan lain-lain. Tak jarang, biaya tersebut menjadi kendala yang membuat pendidikan seseorang, putus di tengah jalan.

Beruntungnya, banyak pihak yang mengadakan program beasiswa kuliah S2 di Indonesia, Sehingga mahasiswa yang memperolehnya dapat terbantu. Beasiswa tersebut ada beberapa jenis. Ada yang memberikan pembiayaan penuh, atau beasiswa biaya kuliah saja.Tentunya banyak mahasiswa yang berlomba-lomba untuk mendapatkannya. Oleh sebab itu, perlu mengetahui syarat pengajuannya.

Beasiswa kuliah S2 di Indonesia

Lima Beasiswa Kuliah S2 Di Indonesia, beserta Syaratnya

Ada dua jenis beasiswa kuliah S2 di Indonesia, yaitu beasiswa penuh dan parsial. Beasiswa penuh menanggung keseluruhan pengeluaran selama masa studi, yaitu biaya kuliah dan akomodasi, hingga uang saku. Adapun beasiswa parsial adalah jenis bantuan biaya yang hanya memenuhi biaya kuliah saja. Berikut ini adalah lima beasiswa beserta syarat pengajuannya.

1. Beasiswa Dexa Award: Science Scholarship

Beasiswa Dexa Award ini merupakan salah satu jenis beasiswa penuh yang dapat diperoleh mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan S2 bidang science. Para mahasiswa S1 dapat mendaftar program beasiswa ini untuk melanjutkan studi untuk jenjang S2 di universitas terakreditasi A di Indonesia. Keunggulan lain dari beasiswa ini adalah adanya kesempatan bekerja di grup Dexa bagi para penerima beasiswa.

Baca Juga:  4 Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di New Zealand Ampuh! Wujudkan Impian Sekolah Tinggi

Tentu saja hal ini membuat banyak mahasiswa berusaha mendapatkan beasiswa S2 di Indonesia tersebut. Oleh sebab itu, persiapan perlu dilakukan sejak dini. Tidak hanya yang telah memiliki gelar S1 saja, Mahasiswa yang masih berkuliah pun bisa mendaftar beasiswa ini karena penerimaan beasiswanya bisa ditunda hingga satu tahun berikutnya.

Adapun persyaratan lain dari beasiswa kuliah S2 di Indonesia yang diberikan Dexa Grup ini adalah pendaftar harus warga negara Indonesia. Selain itu, pendaftar juga tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain. Mengenai prosedurnya adalah mengisi formulir pendaftaran, melakukan submit proposal. Langkah selanjutnya adalah melakukan presentasi final. Jika dinyatakan lolos, selanjutnya akan ada monitoring.

2. Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

Sebagai pengelola dana pendidikan, LPDP memiliki beasiswa dengan nama Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI). LPDP melalui program BPI merupakan beasiswa S2 kampus Indonesia maupun luar negeri yang memberikan pendanaan secara penuh. Tidak hanya biaya kuliah, tetapi juga biaya keberangkatan, visa, bahkan asuransi kesehatan dan lainnya.

Berikut ini adalah syarat mendaftar beasiswa kuliah S2 di Indonesia LPDP:

  • Warga negara Indonesia
  • Sudah Menyelesaikan pendidikan jenjang S1 atau D4
  • Melampirkan surat izin bagi pendaftar yang sedang bekerja
  • Menyertakan surat keterangan kesehatan dan bebas dari narkoba
  • Menyertakan surat rekomendasi yang formatnya dapat diunduh pada laman pendaftaran
Baca Juga:  Simak 5 Cara Dapat Beasiswa di Universitas Bengkulu (UNIB)! Ragam Beasiswa yang Ditawarkan

Poin tersebut di atas adalah beberapa persyaratan umum. Selain itu, ada juga persyaratan khusus terkait Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), penggunaan bahasa, dan batas usia. Beasiswa ini berlaku untuk pendidikan selama 24 bulan. Jika penerima beasiswa menyelesaikan studinya lebih dari jangka waktu itu, wajib melapor kepada pihak LPDP.

3. Beasiswa GSEP

Tidak seperti kedua beasiswa yang telah disebutkan sebelumnya, beasiswa GSEP dapat didaftar juga oleh mahasiswa yang tengah menempuh jenjang S2. GSEP (Global Sustainable Electricity Partnership) merupakan sebuah organisasi non profit yang memberikan beasiswa untuk mahasiswa dari negara berkembang. Setiap tahunnya, ada sekitar enam hingga sepuluh kursi beasiswa yang disediakan.

Adapun syarat pendaftarannya adalah sebagai berikut:

  • Mengambil studi di bidang yang relevan dengan yang ditentukan GSEP
  • Merupakan warga negara yang ada pada daftar penerima bantuan DAC – OECD
  • Bersedia memenuhi syarat mengikuti studi penuh waktu
  • Merupakan mahasiswa berprestasi dengan memenuhi beberapa syarat khusus
  • Bersedia untuk berkomitmen untuk berkontribusi pada pembangunan daerah asal
  • Menyertakan beberapa dokumen aplikasi secara lengkap

4. Beasiswa IsDB

IsDB Scholarship ini adalah beasiswa yang diberikan langsung oleh Islamic Development Bank untuk mahasiswa dari negara-negara anggotanya. IsDB ini juga memberikan beasiswa kuliah S2 di indonesia 2021. Namun, syarat yang ditetapkan adalah perguruan tinggi tersebut harus merupakan salah satu dari 10 universitas terbaik di Indonesia.

Baca Juga:  4 Cara Mendapatkan Beasiswa Glints 2021 Ampuh! Wujudkan Impian Sekolah Tinggi

IsDB Scholarship ini juga memberikan beasiswa penuh untuk program S2, dengan syarat sebagai berikut:

  • Warga dari negara anggota IsDB
  • IPK sarjana setidaknya 70%
  • Menyediakan dokumen persyaratan dalam bentuk terjemahan bahasa Prancis atau Inggris.
  • Memberikan bukti mahir berbahasa sesuai media pengajaran universitas yang dituju. Syarat ini dibuktikan dengan sertifikat ujian bahasa.
  • Bersedia mengikuti serangkaian tes kesehatan yang akan diadakan setelah seleksi
  • Tidak sedang menerima beasiswa lain

5. Beasiswa Unhan

Ini merupakan beasiswa untuk kuliah S2 di Unhan (Universitas Pertahanan). Syaratnya adalah memiliki ijazah S1 dengan IPK 3.00 dan berasal dari universitas terakreditasi B. Selain itu, pendaftar tidak sedang menerima beasiswa lain dan bersedia menandatangani beberapa surat perjanjian antara calon penerima beasiswa dan pihak Unhan. Nantinya, penerima beasiswa akan menjadi Kader Bela Negara.

Itulah tadi lima beasiswa kuliah S2 di Indonesia yang dapat dipertimbangkan oleh mehasiswa maupun fresh graduate yang akan melanjutkan studinya. Para calon pendaftar dapat memperoleh info lengkap sekaligus formulir pendaftaran pada situs resmi penyelenggara beasiswa. Hal yang perlu diperhatikan adalah memenuhi seluruh persyaratan secara lengkap agar proses pendaftaran tidak terkendala.

 

About Admin

Check Also

Cara mendapatkan beasiswa kuliah di ITB

9 Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di ITB, Gratis!

jejakblog – Cara mendapatkan beasiswa kuliah di ITB bukanlah hal yang tidak mungkin untuk dilakukan. …

One comment

  1. Dengan hormat saya mau lanjut kuliah S2 apakah ini benar informasi yang dapat di tertera di Facebook ini kalau memang benar bisa di kabarin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *