Cari Beasiswa Kuliah Hukum Di Indonesia? Telusuri Tips Tipsnya.

jejakblog – Beasiswa kuliah hukum di Indonesia banyak dicari siswa yang telah lulus SMA. Apalagi biaya kuliah main hari makin melonjak tajam. Tidak sedikit siswa lulusan SMA harus gigit jari karena terkendala biaya. Namun sesungguhnya perihal tidak sepenuhnya merupakan harga mati. Tidak ada biaya dapat diatasi. Asalkan paham cara mendapatkan beasiswa.

Nah untuk mendapatkan beasiswa setingkat perguruan tinggi, banyak langkah yang dapat ditempuh. Banyak beasiswa diberikan baik dari pemerintah maupun swasta. Berbagai jurusan pun tersedia. Artikel ini akan membahas tentang tips mendapatkan beasiswa kuliah hukum di Indonesia.

Beasiswa kuliah hukum di Indonesia

Tips Mendapatkan Beasiswa Kuliah Hukum Di Indonesia

Betul sekali bahwa biaya kuliah hukum terbilang mahal karenanya Anda dapat mencoba peruntungan dari jalur beasiswa. Siswa yang telah lulus SMA dapat mencoba cara-cara berikut agar menjadi salah satu penerima beasiswa kuliah hukum di Indonesia.

Cari Informasi Sebanyak-Banyaknya

Mencari informasi tentang beasiswa kuliah jurusan hukum  saat ini sangat mudah. Internet merupakan salah satu sarana yang paling banyak memuat informasi beasiswa. Hanya saja harus pandai-pandai menyaring informasi yang diterima agar tidak keliru. Temukan informasi dari website resmi informasi beasiswa.

Libatkan Sekolah

Agar lebih efektif serta efisien, diskusikan perihal keinginan mendapatkan beasiswa kuliah hukum di Indonesia dengan pihak sekolah. Biasanya yang berkompeten adalah guru BP. Pihak sekolah biasanya punya informasi beasiswa dari berbagai instansi. Selain itu  ada sebagian sekolah yg sudah bekerjasama sehingga memiliki jalur khusus atau bahkan jatah beasiswa.

Baca Juga:  4 Cara Mendapatkan Beasiswa Baznas Ampuh! Wujudkan Impian Sekolah Tinggi

Penuhi Syarat-Syarat Yang Telah Ditetapkan

Untuk detail persyaratan menerima beasiswa kuliah hukum di Indonesia, tentu saja tergantung kampus yang mengadakan program beasiswa. Memang akan ada persyaratan khusus yang mungkin berbeda dengan program beasiswa dari kampus lain. Namun secara umum, syarat-syarat yang biasanya diberikan oleh pihak penyelenggara adalah seperti tersebut di paragraf berikut.

Syarat pertama adalah mengisi formulir pendaftaran. Kalau dahulu untuk mengisi pendaftaran kita harus mengisi fisik formulir. Fisik formulir bisa didapatkan di kampus yang bersangkutan. Untungnya sekarang proses pengisian formulir sangat mudah, pengisian formulir dapat dilakukan dengan online saja. Tentunya dengan melampirkan syarat-syarat lain yang telah ditetapkan.

Selanjutnya adalah surat referensi atau rekomendasi. Yang dimaksud dengan surat referensi atau rekomendasi beasiswa adalah surat pernyataan tentang diri calon penerima beasiswa. Contohnya adalah prestasi, potensi, deskripsi tentang kepribadian, maupun keunikan lain serta hal-hal lain terkait syarat pemberian beasiswa.

Yang perlu diperhatikan, calon penerima beasiswa adalah memilih pemberi referensi yang tepat. Pastikan pemberi referensi adalah orang yang memiliki kredibilitas yang tidak diragukan. Selain itu, pemberi referensi haruslah orang yang benar-benar paham tentang kualitas diri calon penerima beasiswa. Surat referensi yang baik dapat meningkatkan peluang mendapatkan beasiswa.

Baca Juga:  4 Cara Mendapatkan Beasiswa Double Degree S2 Ampuh! Wujudkan Impian Sekolah Tinggi

Berkas-berkas beasiswa kuliah hukum yang perlu dilampirkan diantaranya adalah scan ijazah SMA atau sederajat dan telah dilegalisir. Scan kartu pelajar dan atau Kartu Tanda Penduduk. Sertakan juga pas foto berwarna terbaru. Usahakan pasfoto yang disertakan adalah pasfoto terakhir serta tampilan yang rapi, bersih, dan elegan sehingga terlihat menyenangkan.

Untuk sebagian beasiswa kuliah hukum di Indonesia yang mensyaratkan kondisi ekonomi yang dibawah rata-rata, ada persyaratan tertentu yang harus dipenuhi. Persyaratan tersebut harus menyertakan slip gaji terakhir orang tua murid atau surat pernyataan mengenai penghasilan orang tua siswa. Namun sebagian beasiswa, tidak mensyaratkan berasal dari keluarga yang secara finansial kurang beruntung.

Tes Tertulis dan Wawancara

Itulah tadi syarat-syarat yang umumnya diberikan oleh pihak pemberi beasiswa di Indonesia. Untuk beasiswa kuliah hukum di luar negeri akan lebih banyak lagi syarat yang wajib disertakan. Setelah syarat-syarat di atas terpenuhi, maka akan dilakukan seleksi berkas oleh penyelenggara beasiswa. Jika lolos calon penerima beasiswa melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu tes tertulis dan wawancara.

Sebagian kampus mensyaratkan calon penerima beasiswa membuat essay tentang topik yang telah ditentukan. Namun ada juga yang tidak mensyaratkan demikian. Nah untuk tahap selanjutnya, calon penerima beasiswa tentunya harus mempersiapkan diri untuk menghadapi tes. Jaga kondisi sebelum tes. Tenang dan kerjakan soal tes dengan percaya diri. Jangan coba-coba melakukan kecurangan seperti mencontek.

Baca Juga:  9 Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di ITB, Gratis!

Bila ketahuan, ya kesempatan untuk mendapatkan beasiswa akan sirna. Setelah tes tertulis, akan ada wawancara yang akan benar-benar membuktikan seberapa berkualitas seorang calon penerima beasiswa. Di sini kuncinya adalah tenang dan tidak terlalu berlebihan menerangkan tentang kualitas diri. Jawab pertanyaan dengan percaya diri dan tunjukan bahwa Anda adalah kandidat yang tepat penerima beasiswa.

Perlu juga membaca tentang teknik-teknik lolos wawancara karena pada tahap inilah tahap yang paling menentukan. Tidak sedikit calon yang qualified gugur pada tahap terakhir ini. Dalam teknik wawancara, akan dijelaskan cara menjawab pertanyaan wawancara dengan percaya diri sehingga sang pewawancara akan merasa yakin bahwa Anda adalah orang yang tepat menerima beasiswa.

Beasiswa kuliah hukum di Indonesia sangat diperlukan terutama bagi mereka yang kurang mampu. Jika adik-adik yang saat ini masih menjalani pendidikan setingkat SMA dan ada minat di jurusan hukum, ada baiknya siapkan diri dari sekarang ya. Tidak perlu takut bila saat ini merasa tidak akan sanggup memenuhi biaya kuliah. Ingatlah semangat dan usaha harus terus dilakukan. Kejarlah beasiswa semaksimal mungkin.

About Admin

Check Also

Cara mendapatkan beasiswa kuliah di ITB

9 Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di ITB, Gratis!

jejakblog – Cara mendapatkan beasiswa kuliah di ITB bukanlah hal yang tidak mungkin untuk dilakukan. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *