Simak 4 Beasiswa Kuliah di Yogyakarta Kampus UII yang Bisa Anda Pilih

jejakblog – Beasiswa kuliah di Yogyakarta sangat membantu para muda yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di kota tersebut. Yogyakarta terkenal dengan banyaknya perguruan tinggi yang ternama, sehingga banyak lulusan SMA yang ingin melanjutkan pendidikan di kota ini. Perguruan tinggi ini juga menyediakan beasiswa untuk para mahasiswanya.

Beasiswa kuliah 2021 yang ditawarkan oleh perguruan tinggi di Yogyakarta bertujuan untuk membantu kelancaran studi mahasiswa. Bekerjasama dengan instansi dan perusahaan, beasiswa disalurkan dalam rangka pemerataan pendidikan dan membentuk masyarakat Indonesia yang berpendidikan tinggi dan berkompeten. Berikut adalah beberapa beasiswa yang bisa diraih oleh para mahasiswa.

Simak 4 Beasiswa Kuliah di Yogyakarta

Inilah 4 Jenis Beasiswa Kuliah Di Yogyakarta yang Diselenggarakan UII

Beasiswa kuliah 2021 di Indonesia yang bisa Anda coba adalah tawaran dari Universitas Islam Indonesia (UII). UII adalah Perguruan Tinggi Swasta yang berakreditasi A dan termasuk dalam 10 Perguruan Tinggi Swasta terbaik se-Indonesia. Mengingat kualitas dari perguruan tinggi ini tak heran jika beasiswa UII termasuk yang paling diburu.

Mendapat fasilitas beasiswa saat sedang menuntut ilmu tentu telah menjadi impian para mahasiswa. Selain bisa kuliah gratis, para mahasiswa penerima beasiswa akan memperoleh uang saku tiap bulan yang bisa digunakan untuk biaya hidup. Berikut adalah 4 beasiswa kuliah di Yogyakarta yang tersedia apabila Anda memutuskan untuk menuntut ilmu di UII.

  • Beasiswa Mahasiswa Unggulan Pondok Pesantren UII

Program beasiswa kuliah gratis di Indonesia, tepatnya di Yogyakarta ini bertujuan untuk membekali kader pemimpin umat Islam di masa depan. Calon pemimpin ini digembleng agar yang siap secara konsep dan praktik agama yang dipadukan dengan sains dan teknologi. Banyak fasilitas yang ditawarkan bagi peserta beasiswa ini.

Baca Juga:  Simak 5 Cara Dapat Beasiswa di Politeknik Maritim Negeri Indonesia (POLIMARIN)! Ragam Beasiswa yang Ditawarkan

Program Beasiswa Mahasiswa Unggulan Pondok Pesantren meliputi pembebasan uang kuliah, dana Catur Darma, dan biaya pendidikan di pondok pesantren. Peserta beasiswa kuliah di Yogyakarta juga dibebaskan dari biaya-biaya lain sesuai ketentuan universitas. Penerima beasiswa dapat tinggal di dalam pondok pesantren dan menggunakan fasilitas yang ada di sana sesuai dengan ketentuan.

Program Beasiswa Mahasiswa Unggulan Pondok Pesantren diperuntukkan bagi lulusan SMA, SMK, atau yang sederajat. Apabila Anda berminat untuk mengajukan diri sebagai penerima, maka lampirkan fotokopi rapor semester 4 dan 5 yang telah dilegalisir sekolah. Nilai rata-rata rapor pada dua semester tersebut minimal 8,5 atau 85 atau 3,40.

Syarat lain adalah melampirkan surat keterangan dari sekolah yang menyatakan bahwa Anda termasuk peringkat lima besar di sekolah. Apabila Anda adalah lulusan pondok pesantren tahun sebelumnya, maka lampirkan surat keterangan telah atau sedang melakukan pengabdian. Calon penerima beasiswa kuliah di Yogyakarta wajib melampirkan SKCK dari kepolisian dan Surat Keterangan Sehat dari dokter.

Baca Juga:  4 Cara Mendapatkan Beasiswa UT Ampuh! Wujudkan Impian Sekolah Tinggi

Calon penerima beasiswa wajib membuat dua buah essai dengan judul “Peranku untuk Umat” dan “Sukses Terbesar dalam Hidupku”. Essai harus dibuat dengan menarik dan mencerminkan potensi diri. Hal ini penting karena karya ilmiah ini akan dijadikan sebagai salah satu poin penting dalam pertimbangan tim penilai untuk meloloskan permohonan pengajuan beasiswa Anda.

Para penerima Beasiswa Mahasiswa Unggulan Pondok Pesantren sebagai beasiswa kuliah di Yogyakarta akan dievaluasi setiap semester. Apabila penerima tersebut tidak dapat mempertahankan prestasi atau tidak memenuhi ketentuan sebagai syarat penerima beasiswa, maka pemberian beasiswa akan dicabut.

  • Beasiswa Hafiz Alquran

Program beasiswa ini menyasar lulusan SMA. SMK, atau yang sederajat yang berpotensi akademis dan hafal Alquran minimal 15 Juz. Peserta yang berhak atas beasiswa ini adalah yang telah lolos seleksi Penelusuran Hafiz Alquran. Beasiswa ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu Beasiswa Hafiz Alquran 30 Juz dan Beasiswa Hafiz Alquran 15 Juz.

Beasiswa Hafiz Alquran membebaskan biaya pendidikan hingga maksimal semester 8 bagi program Strata 1 dan semester 6 bagi Program Diploma. Peserta juga akan dibebaskan dari dana Catur Darma dan biaya-biaya lain terkait ketentuan universitas. Bagi penerima Beasiswa Hafiz Alquran 30 Juz, UII akan memberikan bantuan biaya hidup sebesar Rp450.000,00 per bulan.

  • Beasiswa Unggulan UII

Beasiswa Unggulan UII diberikan untuk mahasiswa UII yang berpotensi akademis paling lama hingga semester 8. Mahasiswa akan dibebaskan dari biaya SPP tetap, biaya SPP variable sesuai dengan jumlah SKS yang diambil, serta bebas biaya KKN. Mahasiswa penerima beasiswa unggulan akan mendapat bantuan dana Catur Darma maksimal Rp5.000.000,00.

  • Bidik Misi

Bantuan biaya pendidikan Bidikmisi diberikan untuk siswa yang telah lulus SMA, SMK atau sederajat pada tahun berjalan atau maksimal setahun sebelumnya. Bantuan diberikan untuk siswa yang kurang mampu secara ekonomi namun memiliki prestasi akademis yang baik. UII akan mengelola bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan sebesar Rp2.400.000,00 yang akan diberikan setiap semester.

Baca Juga:  Beasiswa Kuliah di Makassar Memberikan Harapan Untuk Mengukir Prestasi

Penerima bantuan Bidik Misi juga akan menerima biaya hidup dari Kemenristekdikti senilai Rp3.900.000,00 yang akan diberikan setiap semester. Sementara kekurangan biaya pendidikan yang tidak disubsidi oleh pemerintah akan ditanggung sepenuhnya oleh UII. Bagi Anda yang ingin mendaftar Bidik Misi di UII, silahkan lakukan pendaftaran di portal admisi.uii.ac.id.

Demikianlah 4 jenis beasiswa kuliah di Yogyakarta di kampus UII yang bisa Anda pilih sesuai kemampuan. Semua beasiswa ini memberikan syarat nilai akademis yang baik agar bisa mendapatkannya. Apabila Anda mempunyai rencana untuk mendapatkan beasiswa ini, sebaiknya lakukan perencanaan dengan baik minimal satu tahun sebelumnya.

 

About Admin

Check Also

Cara mendapatkan beasiswa kuliah di ITB

9 Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di ITB, Gratis!

jejakblog – Cara mendapatkan beasiswa kuliah di ITB bukanlah hal yang tidak mungkin untuk dilakukan. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *